√ Cara Membersihkan Keyboard Laptop : Membuka, Mengganti & Memasang

Cara membersihkan keyboard laptop sebenarnya tidak susah, asalkan kita mau belajar dan mempraktikkannya dengan benar. Mungkin sebagian besar orang membayangkan untuk dibagian sela-sela ataupun didalamnya. Apalagi buat sobat yang baru memiliki laptop.

Keyboard sendiri terbagi 2 yakni internal dan eksternal, keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama. Akan tetapi dengan bantuan eksternal akan membuat yang internal lebih awet dan terlihat seperti baru. Karena pada umumnya yang bawaan kurang enak untuk mengetik, sehingga adanya tambahan akan lebih memuaskan ketika mengetik.

Pada intinya sih selera masing-masing. Bila sobat adalah siswa sekolah, mahasiswa & pekerja kantoran pasti akan langsung dengan keyboard bawaannya. Mana mungkin membawa yang eksternal kesana kemari kan. Sebagian besar pengguna eksternal ini dirumah atau kantor saja. Dalam kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan informasi membersihkan keyboard laptop dengan mudah, antara lain sebagai berikut :

Cara Membuka & Mengganti Keyboard Laptop

cara membuka keyboard laptop

Sesungguhnya cara membersihkan itu juga tanpa dilepas pun bisa, akan tetapi kami akan menjelaskan tutorialnya buat sobat semuanya. Barangkali mau membongkarnya dan menganalisa kotoran yang ada didalamnya.

Dalam urusan mesin atau dalaman laptop ini untuk melepasnya bisa dibedakan menajdi 2 bagian, yang mana ada yang langsung dapat dicopot dan harus membongkar semua body atau sparepartnya. Maka oleh hal itu membutuhkan kejelian dan kehati-hatian untuk membongkarnya. Berikut beberapa tipenya :

  • Tipe Keyboard Laptop Dilepas Dari Atas

tipe keyboard laptop dari atas

Jenis yang pertama ini sobat untuk melepas keyboardnya cuma dari atas ataupun keyboardnya saja yang perlu dilepas. Umumnya yang sering terjadi pada tipe keyboard ini sekedar dihalangi dengan pembatas. Sebab salah satu kegunaannta agar menutupi material pembentuk keyboard agar tetap terkesan rapi.

Sobat tidak perlu membongkar semua casing dan sparepartnya. Karena guna membukanya juga ada tipe yang terpasang pengunci/slot yang terletak dibalik penutup keyboard laptop. Bahkan juga ada yang disertai sekrup dibawah laptopnya pula dengan tujuan mengunci keyboard supaya lebih kokoh dan tidak bergeser-geser.

Apabila sobat telah bisa melepas sekrup keyboarnya maka bisa membukanya untuk membersihkan ataupun mengganti dengan baru lagi. Jadi dengan cara ini sangat memudahkan bagi sobat sebagai pemilik laptop.

  • Tipe Keyboard Harus Membongkar Seluruh Bagian Laptop

membuka keyboard laptop

Memang dengan bertumbuh dan kembangnya kemajuan teknologi khususnya bagi produsen laptop dengan desain lebih simple dan terkesan mewah. Akan tetapi yang perlu perhatikan yaitu meminimalisir komponen laptop dengan maksimal, baik dari segi performa dengan jenis sebelumnya.

Salah satu yang sudah terjadi saat ini yaitu tipisnya laptop sehingga membuat pemikiran desain pada keyboard laptop semakin tipis pula. Oleh hal tersebut para produsen membuatnya lebih kecil dan wajib ditanamkan dari dalam. Bukan menerapkan pola pemasangan & pembukanya dari atas yang sudah terjadi pada seri yang lama.

Baca Juga  √ Cara Cek RAM Laptop Secara Mudah, Cepat & Tepat

Agar sobat semuanya semakin tau dan tidak kebingungan mencari sumber informasinya, mari kita sama-sama simak tutorialnya dibawah ini :

  • Membiasakan melepas baterai sebelum membuka semua komponen laptop baik PC atau keyboardnya.
  • Membuka penutup RAM/casing yang menutupi ram dibawah bagian laptop. Caranya melepaskan sekrup dengan obeng kemudian mengangkat casing penutup RAM.
  • Setelah itu langkah berikutnya adalah membuka pengunci keyboard dengan obeng plus.
  • Tahap selanjutnya yakni memutar laptop ke atasnya lagi.
  • Lepaskan klip pengunci keyboard yang terletak pada sekitar angka 1-0, agar lebih mudah prosesnya bisa menggunakan alat yang ujungnya pipih.
  • Jika sudah maka sobat angkat dengan hati-hati sebab masih terhubung dengan kabel.
  • Berikutnya yakni melepaskan kabelnya, bukalah pengunci soket kabel dengan cara membuka penguncinya ke atas.
  • Bila semuanya sudah terlepas maka kabel keyboarnya bisa dibuka dengan mudah.
  • Langkah terakhirnya sobat sudah bisa membuka keyboardnya yang tidak terhubung lagi oleh kabel dengan sangat mudah.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

cara mudah membersihkan keyboard laptop

Walaupun keyboard dari pengamatan kita nampak bersih, namun pada dasarnya juga terdapat berbagai debu yang bentuknya kecil dan jumlahnya sangat banyak dibagian bawah keyboard laptop kita. Bahkan permasalahan seperti ini banyak yang tidak memperhatikannya.

Jangan sampai sobat anggap sebagai persoalan yang sepele. Apabila dibiarkan dengan rentang waktu yang lama pastinya akan terus menumpuk. Dengan berbagai kotoran debu ini bisa saja membuat bahkan juga ngehang. Maka dari itu yuk bersihkan dengan cara kami bagikan dibawah berikut :

  • Memastikan Laptop Dalam Kondisi Mati

Cara Mematikan Laptop

Sebelum ke poin utamanya cara yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan yakni mematikan laptop. Sebab bila dalam kondisi menyala akan lebih mempersulit diri kita sendiri dalam proses pembersihannya.

Dengan demikian maka alat yang digunakan untuk membersihkan akan menyentuh keyboard laptop dan secara tidak langsung akan menekan berbagai tombol. Oleh hal itu akan membuat prosesi lebih lama.

  • Memposisikan Laptop Keadaan Terbalik

Posisi Laptop Dalam Keadaan Terbalik

Karena pada sela-sela akan menyulitkan kita untuk membersihkannya dari berbagai kotoran yang tersembunyi dibaliknya. Langkah-langkah supaya lebih efisien dan mudah yakni membalikkan laptop dengan posisi membentuk kerucut. Dengan hal inilah akan memudahkan kita guna menjatuhkan debu-debu yang didalam keyboard laptop.

  • Membersihkan Keyboard Dari Luarnya

cara membersihkan laptop dengan kain

Tidak hanya debu-debu yang ada didalamnya saja yang wajib kita bersihkan. Ada kalanya juga membersihkan dari segi luarnya pula. Sebab tak hanya debu yang bisa menempel pada laptop sobat semua.

Contohnya minyak makanan, bumbu, keringat, tetesan air minum dan sebagainya semuanya dapat menempel pada laptop dan keyboard kita. Maka dari itu tentunya sangat bisa mempengaruhi mesin laptop.

Cara mudah untuk membersihkan dari posisi luar yakni cukup menggunakan bahan sederhana seperti kain, tisu kering dan cottonbud pada bagian sela-selanya. Pastikan baik dari bercak dan kototan lainnya sudah bersih baru sobat melanjutkan tutorila berikutnya.

  • Memanfaatkan Brush Make Up

tips membersihkan laptop brush  make up

Sesudah memposisikan laptop sobat dengan keadaan terbalik seperti langkah ke 2 diatas. Cara yang bisa dipraktikkan yakni membersihkan tinggalan dari debu-debu yang telah dilakukan pada tahapan kedua. Kami merekomendasikan kepada kalian agar menggunakan brush make up yang lembut yang sudah tak digunakan. Jadi dengan alat bantu ini bisa mengambil debu yang terselip diantara keyboard.

  • Vacuum Cleaner Sebagai Penyedot Debu

Vacuum Cleaner laptop

Manfaat yang bisa dimaksimalkan kembali untuk metode membersihkan yakni dengan peralatan vacum cleaner sebagai alat utama menyedot debu pada keyboard laptop sobat. Untuk saran kami sebaiknya sobat membeli yang memiliki tekanan listrik rendah supaya tidak mengganggu fungsi dari keyboardnya.

Baca Juga  √ CMS WordPress Adalah : Sejarah, Tujuan & Fungsinya

cara mencabut keyboard laptop

Nah selain beberapa tips yang kami bagikan kepada sobat semuanya diatas. Adapula metode sangat sederhana yang bisa diaplikasikan juga yakni dengan mencabut keyboard. Akan tetapi kami tidak menyarankan ya bagi yang belum berpengalaman. Sebab bisa mengakibatkan resiko yang tinggi.

Bila ingin mencobanya bisa mencari informasi di Youtube ataupun meminta bantuan teman sobat yang sudah berpengalaman lebih. Agar bila terjadi kesalahan yang tidak diinginkan bisa cepat ditangani.

  • Menambahkan Silikon/Keyboard Protector

Pelindung keyboard keren

Cara yang paling mutakhir bisa dicoba juga yaitu dengan melapisi. Dengan adanya penambahan alat ini tentunya meminimalisir debu & kotoran masuk ke keyboard laptop kita. Apalagi sobat kurang teliti sebaiknya menggunakan ini.

Harganya pun sangat terjangkau untuk pemilik laptop, ada yang 10.000-100.000 jadi menyesuaikan tipe dan kualitasnya saja bila sobat ingin membelinya. Insyaallah dengan cara terkahir ini sangat bermanfaat pada laptop kita semua. Itulah cara membersihkan keyboard laptop yang cepat & tepat.

Cara Memasang Keyboard Laptop Lepas

cara memasang keyboard laptop

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka dalam penjelasan kali ini kita akan memaparkan bagaimana memasang keyboard yang terlepas. Jadi ada kalanya memasang yang lepas dan menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya bila sobat dengan penuh kasih sayang, agar tetap bekerja dengan maksimal bahkan awet.

Lalu bagaimana cara-cara pemasangan yang benar dan tepat sebagai orang awam dengan komponen laptop? Jadi sebenarnya metode pemaasangan ini adalah kebalikan dari melepasnya. Sobat harus menyambungkan terebih dahulu konektor keyboard ke motherboard laptop.

Apabila sudah terpasang selanjutnya pasangkan ke casing laptop sobat sesuai dengan posisinya. Dalam beberapa kasus yang terjadi sobat tidak memerlukan obeng atau skrup guna menyambungkan keyboard laptop sobat yang dimiliki. Umumnya kesalahan yang terjadi adalah dalam pemasangan yang mungkin saja menjadikan keyboard tidak terdeteksi bahkan ada kemungkinan kecil sampai terjadi keyboard laptop mengetik dengan sendiri.

Nah itulah rangkaian informasi seputar cara membersihkan keyboard laptop yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pengetahuan ini menjadi manfaat untuk kita semuanya. Sekian dari kami dan terimakasih.

√ Cara Membersihkan Keyboard Laptop : Membuka, Mengganti & Memasang