√ Cara Mengatasi HP Bootloop Mentok di Logo

Cara mengatasi hp bootloop yang mentok dilogo atau tidak bisa masuk recovery? Pasti hal seperti akan membuat sobat bingung dan rasanya ingin cepat normal sediakala bukan.

Untung saja sobat menemukan artikel kami ini jadi bisa tahu nih untuk mengatasi masalah hp bootloop. Selain itu kami menyertakan informasi agar sobat bisa mencegahnya ya paling tidak mengurangi hal yang tak diinginkanlah.

Mungkin sobat semua pernah atau sering mendengar istilah dari bootloop, namun secara pengetahuan tidak tahu makna dan yang dimaksud. Sebentar deh daripada sobat cuma kebingungan ketika ditanyai sama saudara ataupun temannya. Alangkah baiknya juga bila memahami lebih dalam terkait bootlop itu sendiri seperti dibawah berikut :

Apa Itu Bootloop?

Apa itu bootlop?

Bootloop adalah sebuah masalah dari perangkat lunak android yang mengalami kegagalan masuk atau memulai ke sistem operasi. Tanda-tanda yang bisa sobat ketahui dengan layar yang menampilkan logo merk smartphone atau android secara terus menerus.

Lebih parahnya lagi hal ini bisa menjadikan HP sobat menjadi mati total dan tak dapat dihidupkan. Biasanya sebagian orang mengatasi masalah ini dengan mereka. Namun ada beberapa tips yang bisa sobat coba untuk memperbaiki sendiri di rumah.

Berdasarkan informasi kami ketahui kalau bootloop juga dibedakan menjadi dua jenis. Pertama adalah Light Bootloop atau yang berarti bootloop ringan. Umumnya sifat masalah ini sekedar sementara dan tidak pasti kumatnya.

Kedua yaitu Hard Bootloop atau sudah parah yang bisa diketahui dengan ciri-ciri kegagalan masuk pada sistem secara permanen meskipun sudah sobat coba berkali-kali.

Teruntuk sobat resumecheap.com jika hp androidnya mengalami bootloop jangan khawatir terlebih menangis. Janganlah tergesa-gesa membawanya ke service handphone dan membayarnya ratusan ribu. Mending perbaiki sendiri dengan cara kami.

Penyebab HP Bootloop

Penyebab dari hp bootlloop?

Smartphone yang bootloop pastinya tidak mungkin tiba-tiba saja, tentu hal seperti ini perlu dibahas mencari penyebab awal dari hp sobat menjadi bootloop tersebut. Secara umum bootlop merupakan kejadian yang dimana proses booting atau memulai sistem operasi yang gagal.

Walaupun kesalahan semacam ini bisa jadi berasal dari pihak vendor pengembangnya, tapi study case yang paling banyak terjadi lantara disebab para penggunanya yang tidak memperhatikan berbagai aspek.

Perlu diketahui bahwasannya penyebab umum paling terjadi akibat para pengguna melakukan hal-hal yang tidak sesuai prosedur penggunaan smartphone. Sebagai contohnya seperti dibawah berikut :

  • Memasang Custom ROM Gagal
  • Overlock Android
  • Upgrade OS melalui OTA/Software PC
  • Flashing Firmware
  • Pemasangan MOD
  • Gagal Mengganti Font
  • Mengatur Permission Salah
  • Merubah Script Folder Sistem
  • Restore System Backup
Baca Juga  Apa Itu SEO? Inilah Pengertian, Jenis-Jenis & Tujuannya

Seperti beberapa deretan diatas semoga sobat menjadi tambah pengetahuan. Khususnya bagi kalian yang suka otak-atik smartphone agar lebih hati-hati dan jangan main-main terhadap dunia teknologi jika tidak dibekali ilmu pengetahuan yang cukup.

Andaikan ingin mengembangkan/mengasah ilmu service smartphone kami sarankan supaya belajar dengan ahlinya yang sangat berkompeten. Insyaallah dengan belajar sesuai prosedur sobat akan mendapatkan manfaat yang lebih dari informasi ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Cara Mengatasi HP Bootloop

Bootloop memang tak bisa diketahui oleh pemiliknya apabila baru membeli dengan tanda kutip second/bekas. Mungkin beberapa tahun lalu maraknya flashing, root dan upgrade ROM sangat marak bagi pengguna android. Salah satunya mengubah jaringannya supaya GSM.

Namun untuk yang terbaru ini kami belum begitu memahi apa penyebabnya. Kemungkinan besar ya seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Maka dari itu, supaya sobat bisa mengatasi hp android yang boot dapat melakukannya dengan metode paling ringan dan sederhana. Berikut cara-caranya lebih detailnya :

Restart HP

Cara Restart HP Android

Langkah pertama yang harus dicoba terhadap smartphone yang mengalami bootloop yakni dengan me-restartnya. Tips seperti cukup worth it untuk memperbaikinya namun pada disebut light bootloop saja. Untuk tata caranya :

  • Tekan tombol power beberapa saat untuk mematikan HP
  • Jika sudah mati, selanjutnya lepaskan kartu SIM, memori dan baterai. Kecuali baterai tanam.
  • Jika sudah maka sobat pasangkan lagi beberapa komponen yang tadi dilepas.
  • Silahkan coba sobat nyalakan HP-nya.

Apabila dari pengapliasian ini smartphone berhasil booting dan masuk ke operasi sistem android. Maka kemungkinan besarnya adalah hp kalian bermasalah bootloop yang ringan.

Factory Reset

Cara Factory Reset HP

Cara yang kedua mengatasi hp bootloop yang ampuh lainnya yaitu dengan melakukan factory reset atau wipe data hp sobat dengan recovery mode. Pada teknis ini sebetulnya mengacu pada mengatur ulang software sistem sehingga menjadikan seperti baru dipasangkan sistem. Agar lebih faham simak tutorialnya :

  • Masuk ke Recovery HP, tekan Power + Volume Up / Power + Volume  Down / Home + Power + Power Up [Cobalah dari satu-satu]
  • Sesudah itu maka sobat akan diantar ke bagian Recovery Mode Androidnya
  • Jika telah masuk pilih saja wipe data atau factory reset. Apabila sudah yakin dan sungguh mau dilakukan factory reset pilih saja Yes.
  • Tunggulah hingga semua proses selesai, umumnya cukup memakan waktu yang agak lama.
  • Berikutnya pilih reboot system now dan tunggu saja sampai proses booting benar-benar selesai.
Baca Juga  √ Inilah Spesifikasi Kelebihan & Kekurangan Smart TV Xiaomi

Hal diatas juga tidak jauh berbeda dengan wipe chace, maka oleh tersebut sobat haruslah bersabar guna menunggu dari proses booting smartphone-nya habis dilakukan factory reset.

Wipe Chace Partition

Wipe Chace Partition Samsung

Cara ketiga mengasti hp bootlopp ini sangat tidak diragukan lagi, pasalnya sobat dapat memperbaiki masalah bootloop tanpa takut jika data seluruh smartphone-nya hilang. Sehingga sangat terjaga bila mengatasi dengan metode ini.

Mungkin para pembaca disini bukan pengguna dari 1-2 merk smartphone maka dari akan kami rangkumkan berdasarkan hp milik sobat. Sebab cara masuk ke recovery mode setiap ponsel berbeda-beda. Inilah cara masuk ke recovery mode-nya :

  • Asus | Power + Volume Up sampai muncul logo, lalu lepaskan menekan tombol powernya sambil menekan volume up-nya
  • LG | Home + Volume Up + Power
  • Samsung | Home + Tombol Power atau dengan Home + Volume Up + Power
  • HTC | Power + Volume Down + Power
  • Huawei | Tombol Power + Power Up

Andai kata sudah menerapkan cara-cara diatas berhasil tandanya bisa diperbaikai. Apabila masih bermasalah bahkan tidak ada perubahan sedikitpun maka sobat harus melakukan factory reset seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Flashing ROM

Cara Flashing ROM HP Bootloop

Flashing merupakan cara termutakhir untuk mengatasi hp bootloop. Biasanya cara seperti ini dilakukan para oprekers android apabila dari cara lainnya tidak membuahkan hasil.

Bila sobat sudah memang di android secara permanen, maka untuk proses flashingnya ROM bisa dengan HP. Namun, jika smartphone sobat belum dipasangi fitur itu sobat harus menggunakan PC/Desktop.

Hal tak boleh dilupakan tatkala flashing ROM yaitu memilih firmware yang tepat, jadi bukan hanya bagus dan benar saja ya sob. Sebab bila firmware ini tak sesuai dengan HP atau istilahnya tidak cocok proses flashing tak akan berhasil, HP sobat pun tetap bootloop.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara mengatasi hp bootloop. Semoga dengan adanya wawasan diatas bisa menjadi solusi serta referensi para pengguna smartphone di tanah air untuk mengatasi hp bootloopnya. Sekian dan terimakasih.

√ Cara Mengatasi HP Bootloop Mentok di Logo