√ Pisang Tanduk Adalah | Jenis, Olahan, Bibit & Manfaat

Pisang Tanduk ialah salah satu jenis pisang yang paling populer di nusantara, selain itu juga dimanfaatkan untuk bahan utama pisang goreng. Cita rasa yang enak dan tidak terlalu lembek menjadi bahan yang bisa dijadikan ragam olahan.

Karakteristik pohonnya juga tak terlalu tinggi kisaran 2,5-3 meter saja dan berwarna hijau kemerahan. Serta daun bercorak hijau tua. Setiap tandan bisa mencapai 60-100 cm dengan total berat 15-30 kg.

Meskipun rasa daging buahnya manis agak asam dan lunak bila sudah matang. Ketika masak kulit buah berwarna hijau kekuningan hingga kuning muda. Dari klasifikasi ilmiahnya merupakan dari kerajaan plantae, kelas liliopsida dan famili musaceae.

Jenis Pisang Tanduk

Informasi kami ketahui bahwa pisang ini hanya satu mungkin saja hanya penyebutan yang beda-beda berdasarkan bahasa daerah. Sesuai dengan namanya jenis ini dinamakan tanduk karena ujungnya melengkung layaknya tanduk hewan.

Tak hanya panjang saja salah satu dari sekian banyaknya buah, pisang ini juga termasuk kategori banyak dijadikan olahan. Karena tekstur tak lembek, alhasil lebih cocok untuk dijadikan ragam olahan.

Aneka Olahan Pisang Tanduk

Aneka Olahan Pisang Tanduk

Bisa dijadikan berapa macam olahan Tentunya banyak ya baik menu sederhana, camilan pendamping teh, ataupun yang kekinian seperti di cafe-cafe. Disini kami akan menjabarkan secara lengkap mengenai olahan antara lain sebagai berikut :

Jika bingung buat dijadikan apa, kami kira camilan crispy sangat cocok banget buat anak-anak dan suami. Apalagi pagi-pagi masih dingin membuat olahan seperti ini cucok nemenin teh hangat maupun kopi suami.

Selain lebih hemat juga bisa untuk pembelajaran buah hati sobat untuk belajar memasak. Yang penting di dampingi seperti bahan-bahannya. Apa masih bingung sampai sini bunda-bunda di rumah?

Sudah panen atau di kasih saudara buah pisang, buat olahan apalagi ya kali ini? Waktu sudah menjelang sore juga ini. Jadikan kolak saja lah ya biar sambil menunggu waktu magrib lebih bermanfaat di dapur.

Bahan-bahan yang harus disiapkan apa saja ya? Cukup dengan gula merah, daun pandan, kayu manis dan cengkeh buat kuahnya jadi mantap kok. Jika ingin lebih lengkap bisa kok ditambahkan seperti singkong dan kolang-kaling. Insyaallah lezat banget deh dan irit pengeluaran.

Baca Juga  Cara Merawat Kelinci Anggora Yang Tepat

Sudah tahu dengan makanan atau camilan satu ini? Masak belum sama sekali sih sobat semua. Daripada bingung dan tak tahu cara membuatnya. Siapkan bahan bahan berikut ini saja deh.

Bahan :

  1. Pisang Tanduk 500 gram
  2. 50 grm gula pasir
  3. Tepung terigu 50 gram
  4. Telur 1 butir
  5. Susu bubuk 1 sdm
  6. Sejumput garam
  7. Margarin 1 sendok makan
  8. Tepung panir 150 gram

Cukup dengan bahan diatas sudah cukup kok, kalau ingin menambahkan topping seperti coklat, keju dan meses juga tambah lezat. Sudah enggak bingung lagi kan sekarang untuk olahan pisang ini.

Selain mudah dijumpai camilan yang renyah ini banyak juga loh yang suka. Selain bisa membeli sobat bisa nih membuatnya sendiri di rumah. Untuk varian rasa biasanya gurih dan manis.

Cara pembuatannya terbilang mudah menjadi solusi kegiatan di rumah agar bisa memanfaatkan pisang tanduk tak di makan langsung saja. Tips bisa jadi renyah menggorengnya jangan sampai sudah masak sebab nantinya tidak jadi renyah malah melempem ya. Sedangkan agar manis balut dengan air gula ya, nanti pasti akan lebih manis dan renyah deh sob.

  • Pisang Bakar Cokelat & Keju

Jika biasanya di olah untuk digoreng dan kukus, sepertinya solusi yang berbeda adalah di bakar. Cukup dengan mengupas kulitnya dan di belah menjadi bagian. Tahap berikutnya ialah menyiapkan teflon biar mudah proses pembakaran ya.

Jika sudah cukup, maka angkat dan taruh di piring saji Tambahkan seperti susu kental, gula halus, keju dan cokelat. Biar tidak bingung sesuaikan saja sama selera sobat, enggak ribet kan pembuatan olahan salah satu ini.

Selamat mencoba membuat aneka olahan dari pisang ya sobat resumecheap.com semuanya.

Manfaat Pisang Tanduk

Manfaat Pisang Tanduk

Pisang Byar atau tanduk ini banyak dijadikan sebagai bahan utama dalam pembauatan pisang goreng. Bahkan tekstur yang agak keras menjadikan tidak disarankan untuk langsung di konsumsi.

Agar rasa asamnya tidak terlalu dirasakan sebaiknya di goreng atau di bakar dahulu, agar lebih enak untuk di nikmati. Adapun beberapa manfaat mengkonsumsi jenis pisang ini antara lain sebagai berikut :

  • Melancarkan Pencernaan
  • Meminimalisir resiko kanker darah
  • Menyehatkan jantung
  • Cocok untuk menurunkan berat badan
  • Membuat suasana hati jadi senang
  • Menjaga fungsi ginjal
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengatasi penyakit asma
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menyehatkan tulang-tulang

Harga Bibit Pohon Pisang Tanduk

Harga Bibit Pohon Pisang Tanduk

Apabila ada sobat yang hendak memulai budidaya pohon pisang tanduk, maka dari itu daftar dibawah ini setidaknya bisa dijadikan sumber referensi estimasi yang nantinya dikeluarkan.

Baca Juga  26 Gambar Pemandangan Alam(Gunung,Pantai,Pedesaan,dan Hutan)

Tentunya perbedaan wilayah menjadi faktor utama untuk memiliki bibitnya. Mungkin solusi ini bermanfaat untuk sobat semua, simak tabel dibawah ini :

Nomor Jenis Harga Sumber
1. Bibit Pisang Tanduk Biasa & Super Rp. 8.500-50.000 Bukalapak
2. Bibit Pohon Pisang Tanduk Rp. 9.000-58.000 Shopee
3. Bibit Pisang Tanduk Biasa & Super Rp. 15.000-50.000 Tokpedia
4. Bibit Pisang Tanduk Rp. 17.000 Sentra tani

Harga Buah Pisang Tanduk

Harga Buah Pisang Tanduk

Jika bibit pohon sudah kita bahas, mari langkah terakhir ini adalah informasi mengenai rincian harga buah pisang tanduk di pasaran lokal maupun supermarket. Perbedaan utamanya ialah satu pemilik toko dengan berbagai toko dan penjual. Hanya saja tingkat kebersihan dan pelayanan juga berbeda.

Selain itu juga tawar menawar pun sangat dibolehkan bila di pasar lokal/tradisional. Tapi jangan di supermarket ya negosiasi harganya hehe. Agar lebih mantap cermati daftar tabel berikut ini :

Nomor Jenis Pisang Jumlah Harga
1. Pisang Tanduk 1 Buah Rp. 6.000-8.000
2. Pisang Tanduk 1 Sisir Rp. 20.000-25.000
3. Pisang Tanduk 1 Tandan Rp. 200.000-250.000
4. Pisang Tanduk 1 KG Rp. 17.000-22.000

Jadi daftar diatas ini merupakan hasil informasi yang kami ketahui berdasarkan rata-rata penjualan via online. Sehingga tidak ada patokan pas untuk setiap buah atau per sisirnya. Semoga dengan pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

√ Pisang Tanduk Adalah | Jenis, Olahan, Bibit & Manfaat