10 Aplikasi Kamera Tembus Pandang di Kegelapan Terbaik 2021

Pernahkah Anda menonton acara televisi yang membahas tentang misteri dan mahluk halus? Jika ya, tentu Anda sangat akrab dengan program yang mengharuskan seseorang untuk menguji nyali di tempat yang dianggap angker atau kramat.

Nah, pernahkah Anda memperhatikan bahwa program acara televisi tersebut menggunakan kamera infrared untuk mengambil gambar peserta uji nyali yang sedang berada di tempat yang gelap? Apakah sebenarnya kamera infrared tersebut?

Kamera infrared dibutuhkan untuk mengambil gambar atau video di suatu tempat yang sangat gelap atau minim penerangan. Kamera infrared memiliki visibilitas untuk memotret dan merekam dalam keadaan gelap gulita. Artinya, kamera tersebut dapat tembus pandang di kegelapan malam hari.

Visibilitas tersebut tentu tidak dimiliki oleh kamera biasa, termasuk kamera ponsel Android yang paling canggih. Namun, tak perlu khawatir, karena kini Anda bisa mengunduh aplikasi kamera infrared di Google Play Store secara gratis!

10 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Di Kegelapan

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba aplikasi-aplikasi kamera yang tembus pandang di kegelapan, bisa cek ulasannya berikut ini.

1. Thermal Camera Fx

aplikasi kamera tembus pandang di kegelapan thermal camera fx

Ada banyak pilihan aplikasi kamera tembus pandang di kegelapan yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store, Thermal Camera Fx merupakan salah satu yang terbaik. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan efek infrared pada saat Anda hendak mengambil atau merekam gambar, tetapi Anda  juga bisa menerapkan efek pada foto-foto yang sudah tersimpan di galeri smartphone.

Thermal Camera Fx menyediakan 7 preset warna yang berbeda dan dapat diubah dengan cepat untuk menghasilkan foto atau video yang sempurna. Di samping itu, aplikasi yang digagas oleh ILab ini juga mendukung autofocus, flash dan kamera depan. Aplikasi yang kompatibel dengan hampir semua perangkat berbasis Android ini bisa diunduh di sini.

2. Thermal Camera HD Effect

Thermal Camera HD Effect

Jika Anda ingin mencoba berfoto dengan menggunakan kamera tembus pandang di kegelapan, cobalah gunakan aplikasi Thermal Camera HD Effect. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak benar-benar bisa dijadikan kamera tembus pandang di kegelapan, tapi hanya berupa efek saja.

Jadi, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke objek yang ingin difoto. Kemudian, aplikasi ini akan menampilkan efek ala kamera tembus pandang di kegelapan. Lalu, Anda hanya tinggal ambil gambarnya dan hasilnya akan langsung disimpan ke memori HP Anda. Simpel, ya? Mau coba?

3. Thermal Camera Simulated

Thermal Camera Simulated

Ini juga bukan aplikasi sungguhan yang bisa memotret layakmya kamera infra merah, ya. Meskipun begitu, hasil tangkapan kamera aplikasi ini terlihat sangat realistis, kok. Menurut aplikasinya, hasil kameranya ini akan terlihat lebih nyata jika Anda jago mengatur ISO, lensa, dan detail lainnya. Anda penasaran ingin mencobanya? Bisa langsung unduh di sini.

4. Thermal Camera & Flashlight

Thermal Camera & Flashlight

Berikutnya, kami merekomendasikan aplikasi Thermal Camera & Flashlight. Untuk aplikasi ini, Anda perlu menyalakan flashlight yang sudah disediakan oleh pihak aplikasi. Flashlight tersebut akan membantu Anda memberikan efek gambar ala infrared yang terlihat cukup realistis.

Baca Juga  10 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Terbaik di Android 2021

Selain tersedia fitur flashlight, Anda juga bisa mengedit hasil tangkapan kameranya agar terlihat lebih nyata. Pasalnya, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam tools, seperti mengubah color-nya. Kalau Anda ingin tahu lebih lengkapnya, yuk coba pasang ambilnya di sini.

5. Seek Thermal

Seek Thermal

Ini merupakan aplikasi kamera inframerah yang berkualitas tinggi. Pasalnya, aplikasi ini juga bisa mendeteksi suhu panas dari objek yang ditangkap mulai dari 40o-330oC. Aplikasi ini dilengkapi dengan sensor inframerah yang cukup optimal.

Anda bisa mengambil gambar atau video dan langsung mengirim ke kerabat atau membaginya di sosial media yang Anda miliki. Seek Thermal diproduksi dan dikembangkan di Santa Barbara, California, USA. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini bermanfaat untuk:

  • Mendeteksi kebocoran pada arus listrik, pipa atau dinding;
  • Memudahkan Anda saat sedang berburu;
  • Meningkatkan keamanan tempat tinggal hingga mencari benda atau hewan di tempat yang gelap.

Meskipun aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, Seek Thermal juga menyediakan beberapa produk berbayar di dalamnya untuk membuat aplikasi kamera infrared ini semakin optimal. Silahkan download aplikasi ini di sini.

6. Thermal Night Vision Camera Effect Simulated

 Thermal Night Vision Camera Effect Simulated

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bukanlah kamera infra merah sungguhan. Meskipun begitu, aplikasi ini mampu menghasilkan gambar layaknya gambar menggunakan thermal njght vision. Pasalnya, aplikasi ini didukung dengan berbagai tools, seperti perubahan warna, detail gambar, dan lainnya.

Yang menariknya, fitur di Thermal Night Vision Camera Effect Simulated ini cukup lengkap di mana Anda bisa mengatur bright section menjadi cold atau warm. Bahkan, fitur tersebut akan ditampilkan berdasarkan resolusi gambarnya, sehingga hasil fotonya pun terlihat lebih nyata.

7. Thermal vision camera effects

Thermal vision camera effects

Meskipun bukan aplikasi kamera infra merah sungguhan, tapi Thermal vision camera effects juga patut untuk dicoba. Pasalnya, dengan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan hasil gambar yang cukup realistis. Di aplikasi ini terdapat efek kamera layaknya  enggunakan thermal vision. Efeknya ini juga bisa diatur sesuai dengan selera Anda. Jika Anda jago mengaturnya, maka hasilnya pun akan terlihat jauh lebih realistis. Ingin coba?

8. Thermal scanner camera VR

Thermal scanner camera VR

Cukup banyak fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini. Beberapa fitur yang dimaksud adalah, VR alias virtual realitycamera controls, color gradients, potrait/landscape, thermo scan, edited photo, hingga kemudahan untuk meng-upload-nya ke IG ataupun cloud.

Setiap fitur yang ada di aplikasi Thermal scanner camera VR ini semuannya bisa Anda gunakan secara gratis. Hanya saa, mungkin Anda harus terbiasa dengan iklan-iklan yang sering muncul, ya. Nah, kalau Anda tidak masalah akan hal tersebut, maka Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya di sini.

9. Thermal Vision Camera Effect

Thermal Vision Camera Effect

Meskipun ini bukan aplikasi thermal vision sungguhan, namun Thermal Vision Camera Effect mampu menghasilkan gambar ala thermal vision yang terlihat cukup realistis. Tercatat, aplikasi ini memebebaskan penggunanya untuk mengedit agar terlihat lebih nyata lagi. Adapun tools yang bisa digunakan untuk mengeditnya adalah, shutter speed, scene mode, hingga colors. Tertarik mencobanya? Langsung unduh di sini.

10. Night Vision Flashlight & Thermal Camera Effect

Night Vision Flashlight & Thermal Camera Effect

Satu lagi aplikasi yang bagus untuknmenangkap gambar ala infra merah, Night Vision Flashlight & Thermal Camera Effect. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya sebuah efek saja, jadi ini bukan aplikasi sungguhan yang mampy memotret saat di kegelapan.

Baca Juga  Cara Membuat Kamera Tembus Pandang Sederhana

Meskipun begitu, aplikasi ini mampu menghasilkan gambar yang cukup realistis. Pasalnya, efek yang dihasilkan aplikasi Night Vision Flashlight & Thermal Camera Effect cukup detail. Bahkan, detailnya pun bisa Anda edit sendiri lho. Mau coba?

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi yang sudah kami sebutkan tadi, kami juga masih memiliki beberapa aplikasi lainnya yang bisa Anda coba. Namun sayangnya, aplikasi yang kami sebutkan sudah tidak tersedia di PlayStore.

1. Thermal Imaging Heat Camera FX

Meskipun namanya adalah Thermal Imaging Heat Camera FX, tetapi aplikasi ini tidak benar-benar bisa mendeteksi suhu panas objek. Aplikasi gagasan dari Circle Star Software ini memiliki efek infrared real-time yang dapat mensimulasikan forward looking infrared (FLIR) dengan tampilan kamera HD.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar dari kerabat atau teman Anda dan menunjukkan suhu panas mereka. Wah, aplikasi kamera inframerah yang cukup jenaka untuk membuat prank ke orang-orang terdekat!

Dengan adanya beberapa aplikasi kamera tembus pandang di kegelapan yang tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis ini, maka Anda tidak perlu memberi kamera dengan lensa infrared.

2. Infrared Camera

Ingin mencari sebuah aplikasi kamera infra red yang sangat mudah digunakan? Infrared Camera adalah solusi yang tepat. Pasalnya, aplikasi ini sangat easy-to-use. Serupa dengan Thermal Camera Fx, Infrared Camera juga memungkinkan Anda untuk menggunakan infrared saat mengambil gambar atau mengaplikasikan pada foto yang sudah tersimpan di Galeri.

Untuk memeriksa apakah Infrared Camera kompatibel dengan gadget Anda, ambil remote control televisi. Kemudian, tekan tombol yang ada di remote sembari arahkan inframerah remote control kearah lensa kamera. Apabila aplikasi ini bekerja, maka cahaya inframerah dari remote akan tertangkap di layar gadget Anda.

3. Infrared Camera Effect Sim

Infrared Camera Effect Sim

Aplikasi ini menawarkan sebuah sistem filter yang cukup canggih dan unik. Infrared Camera Effect Sim dapat mengubah gambar yang diambil dari lensa kamera biasa menjadi gambar dengan efek infrared. Aplikasi garapan Green Leaf Productions ini bisa digunakan pada perangkat berbasis Android 4.0.3 dan yang lebih tinggi.

4. Night Vision Camera

Fingersoft mengeluarkan sebuah aplikasi yang dapat memaksimalkan kamera gadget Anda untuk mengambil gambar dalam gelap. Seperti yang kita ketahui, kamera ponsel biasa tidak memiliki fitur infrared yang mumpuni.

Oleh karena itu, Night Vision Camera cukup membantu Anda untuk mengambil gambar di tempat yang gelap dan tidak memiliki penerangan sama sekali. Aplikasi ini memiliki sensitivitas cahaya yang cukup baik. Bahkan, Night Vision Camera juga mendukung flash dan kamera depan.

Berbeda dari beberapa aplikasi kamera tembus pandang di kegelapan lainnya yang hanya bisa digunakan di perangkat Android 4.0.0 ke atas, Night Vision Camera bisa diinstal mulai dari perangkat Android 2.3 ke atas. Jadi, pengguna Android Gingerbread pun bisa menikmati aplikasi kamera inframerah ini.

Kini, Anda juga dapat memiliki kamera dengan efek infrared sendiri di perangkat Android Anda. Manakah aplikasi kamera infrared yang hendak Anda pilih? Yuk, segera download aplikasi pilihan Anda tersebut dan ambil gambar atau video dengan efek infrared!

10 Aplikasi Kamera Tembus Pandang di Kegelapan Terbaik 2021