10 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Smartphone Android

Bagi Anda yang bisa memainkan alat musik, khususnya gitar, Anda tentu tidak asing dengan istilah ‘stem gitar.’ Ya, stem gitar biasa dilakukan untuk memastikan nada yang dihasilkan oleh gitar akan terdengar nyaring dan pas.

Di jaman yang semakin modern ini, stem gitar tidak harus dilakukan secara manual. Anda bisa melakukannya melalui PC, BlackBerry, maupun iPhone Anda. Ada berbagai aplikasi penyetel gitar akustik yang dapat diunduh melalui sejumlah perangkat. Itulah sebabnya mengapa banyak gitaris membawa laptop kemana pun ia akan tampil. Mereka bisa menyetem gitar melalui laptopnya. Bagaimana caranya? Tentu pakai 10 aplikasi ini, dong!

10 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Android

Kali ini Resumecheap.com akan memberikan daftar aplikasi stem gitar terbaik yang bisa didownload melalui perangkat Android. Yuk, simak aplikasi apa sajakah yang bisa membantu Anda menyetem gitar tersebut!

1. Chromatic Guitar Tuner Free

Chromatic Guitar Tuner Free

Ini merupakan aplikasi guitar tuner dengan interface sederhana yang mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula yang baru belajar memainkan gitar. Fungsionalitas dari aplikasi ini cukup baik. Bahkan, aplikasi yang dikembangkan oleh Gismart ini juga bisa digunakan pada instrumen musik lainnya, seperti bass, banjo, biola, dan ukulele.

Chromatic Guitar Tuner juga menyediakan garpu tala untuk tuning tambahan. Aplikasi ini mendapat rating cukup tinggi dari pengguna Android dan sudah didownload sebanyak 10 juta kali. Anda bisa mendownload Chromatic Guitar Tuner Free secara gratis melalui Google Play Store.

2. Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner mungkin salah satu aplikasi stem gitar yang paling sederhana yang pernah ada. Fitur dari aplikasi gratis ini sangat bisa diandalkan. Jika Anda ingin menyetem gitar dengan cepat, aplikasi ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Seperti aplikasi stem lainnya, Cifra Club Tuner juga bisa digunakan pada beberapa alat musik, seperti bass, banjo, dan ukulele. Sama seperti Chromatic Guitar Tuner, aplikasi ini juga sudah didownload sebanyak 10 juta kali. Cifra Club Tuner merupakan aplikasi besutan Studio Sol yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store.

3. CleartuneCleartune Chromatic Tuner

Ingin menghasilkan petikan gitar layaknya gitaris band ternama seperti The Killers dan Gorillaz? Cleartune merupakan aplikasi guitar tuner sederhana yang bisa memenuhi keinginan Anda tersebut. Interface dari aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam menyetel hampir semua alat musik gesek dan petik.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa bekerja dengan baik pada perangkat yang memiliki layar di atas 4 inch. Aplikasi besutan Bitcount ltd. ini sudah didownload sebanyak 2 ribu kali oleh pengguna Android. Namun, aplikasi ini tidak gratis. Anda bisa membeli Cleartune di Google Play Store dengan harga Rp54 ribu.

4. DaTuner

DaTuner

Ini merupakan aplikasi campuran yang kompleks tapi tetap sederhana. DaTuner memiliki beberapa fitur yang mempermudah Anda saat menyetem gitar, seperti auto-sensitivitas dan perubahan warna hijau pada layar untuk menunjukkan bahwa tuning sudah tepat.

Baca Juga  10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik dan Terlengkap di Android

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pemula ataupun master. Anda bisa melihat beberapa review dari pengguna Android di Google Play Store yang cukup puas dengan DaTuner. Perlu Anda ketahui, DaTuner bisa diunduh secara gratis. Akan tetapi, versi Pro dari DaTuner harus dibeli dengan harga $2.93. Versi berbayar dari aplikasi ini bebas iklan dan lebih kaya fitur.

5. gStrings Tuner

gStrings Tuner

gStrings adalah aplikasi stem gitar yang sudah ada sejak lama. Aplikasi ini menyediakan dial-style tuner dan beberapa pilihan, seperti sensitivitas mikrofon dan tema. Seperti aplikasi sejenis lainnya, gStrings juga mampu menyetel beberapa alat musik gesek dan petik.

Satu hal yang menarik dari aplikasi buatan cohortor.org ini adalah kemampuannya untuk menyetel alat musik piano. Aplikasi tuner yang satu ini dapat digunakan untuk latihan dengan nada panjang. Keunggulan lain dari gStrings Tuner adalah aplikasi ini gratis dan sudah pernah dipasang sebanyak 50 juta kali pada perangkat Android. Wah, hebat sekali, bukan?

6. GuitarTuna

GuitarTuna

GuitarTuna adalah aplikasi yang menarik perhatian karena memiliki begitu banyak fitur di dalamnya. Aplikasi ini cukup ‘professional’ karena dilengkapi dengan tala dengan built-in metronom, interface sederhana yang sangat easy-to-use, dan sejumlah fitur yang bisa membimbing para pemula untuk dapat memainkan gitar dengan baik.

Bagi para master sekalipun, GuitarTuna dapat digunakan untuk mengasah ketrampilan mereka. Bagi Anda yang belum pandai memainkan gitar, Guitar Tuna merupakan aplikasi penyetem gitar yang sangat tepat.

Sama seperti gStrings, aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 50 juta kali. Untuk mendownload GuitarTuna, Anda hanya perlu masuk ke Google Play Store dan aplikasi ini bisa diunduh secara cuma-cuma.

7. Pano Tuner

Pano Tuner

Interface sederhana dan desain yang sangat menarik menjadi keunggulan dari Pano Tuner. Interface aplikasi ini cukup baik bagi pemula maupun professional. Terdapat beberapa fitur yang membantu Anda untuk mendapatkan tuning yang tepat.

Di samping itu, Pano Tuner juga memiliki pengaturan sensitivitas mikrofon, penyesuaian frekuensi konser, dan dukungan untuk tuning non-standard. Aplikasi yang ditawarkan oleh Soundlim ini tidak berbayar. Segera unduh Pano Tuner melalui perangkat Android Anda.

8. Guitar Tunio

Guitar Tunio

Berikutnya kami merekomendasikan Guitar Tunio. Aplikasi yang cukup banyak disukai oleh penggunanya ini ternyata bisa digunakan secara gratis tanpa bayar. Meskipun gratis, namun Guitar Tunio tetap mempertahankan fitur-fitur terbaiknya di mana ada banyak instrumen musik yang bisa digunakan dalam Guitar Tunio, seperti bass, mandolin, ukulele, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, bahkan Guitar Tunio punya lebih dari 100 tunning yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari gitar (Standard, Drop D, Drop C#, Drop C, Drop B, Drop A, Halt step down, Half step up, Open C ,Open D ,Open E ,Open F ,Open G , Open A ,DADGAD ,Guitarlele), hingga violin. Bagaimana, sangat lengkap, kan?

9. Pro Guitar Tuner

Pro Guitar Tuner

Sama seperti nama yang diusungnya, Pro Guitar Tuner merupakan aplikasi tuner gitar yang ditujukan untuk para professional. Aplikasi ini mendukung berbagai macam opsi tuning serta menyuguhkan contoh bagaimana seharusnya nada yang dihasilkan oleh sebuah instrumen. Tidak hanya gitar, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam alat musik petik lainnya.

10. Smart Chords and Tools

Smart Chords and Tools

Smart Chords and Tools merupakan aplikasi yang sangat kaya fitur. Selain mendukung berbagai macam instrumen petik, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 200 chords, 200 predefined tunings, serta aneka macam pengaturan yang dibuat oleh para ahli. Dapat dipastikan Anda akan betah berlama-lama dengan aplikasi ini.

Baca Juga  Cara Menggunakan Google Docs: Tutorial dasar, plus tips dan trik

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Jika Anda belum cocok dengan kesepuluh aplikasi di atas, Kami masih memiliki beberapa aplikasi rekomendasi lainnya yang cocok untuk melakukan stem gitar di Android dengan mudah.

1. Guitar Tuner

Guitar Tuner

Ingin stem gitar dengan mudah dan simpel dengan hanya bermodal ponsel Android? Nah, Guitar Tuner ini hadir untuk Anda sebagai salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur nada gitar dengan mudah dan simpel.

Anda hanya perlu memetik senar dan perhatikan layar dari Guitar Tuner. Jika ada simbol berwarna hijau, artinya Anda berhasil mengatur nada dengan sempurna. Namun, jika muncul warna oranye, artinya Anda berhasil tapi tidak terlalu sempurna. Cukup membantu kan? 

2. Simple Guitar Tuner

Simple Guitar Tuner

Sesuai dengan nama aplikasinya, Simple Guitar Tuner ini menawarkan kemudahan dalam melakukan stem pada gitar. Selain mudah, interface yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun tergolong simpel dan mudah untuk dipahami oleh para penggunanya.

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 4.000 kali pengunduh di PlayStore ini mengklaim bahwa aplikasinya mampu untuk melakukan stem gitar dengan baik. Tak hanya itu saja, bahkan aplikasi ini pun avail bagi para pemula lho. Mau coba? Install dan unduh aplikasinya di sini.

3. Guitar Tuner – UX Apps

 Guitar Tuner - UX Apps

Masih dengan aplikasi stem gitar, kali ini Guitar Tuner usungan UX Apps menjadi salah satu rekomendasi terbaik pilihan Resumecheap.com untuk Anda. Dalam aplikasinya, Guitar Tuner memiliki sebuah antarmuka yang simpel dengan desain yang menarik.

Tak hanya itu, ada beragam fitur andalan yang ditawarkan oleh Guitar Tuner, di antaranya adalah menyediakan mode automatic dan manual, memiliki kualitas suara yang baik, dan juga dapat digunakan dengan mudah oleh siapapun. Tertarik untuk menggunakannya? Bisa klik di sini untuk dapatkan aplikasinya.

4. Guitar Tuner Free- Fender Tune

Ingin stem gitar dengan suara yang nyaring sempurna? Kalau begitu Anda bisa memilih aplikasi Guitar Tuner Free- Fender Tune sebagai solusi terbaik. Pasalnya, aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 3.000 kali pengunduh ini, diklaim mampu untuk melakukan stem gitar dengan sempurna.

Di samping itu, Guitar Tuner Free- Fender Tune memiliki 3 mode berbeda untuk melakukan stem yakni, manual, chromatic, dan auto tune mode. Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mau mencoba aplikasi ini, silahkan klik link ini untuk download aplikasinya.

5. Ultimate Guitar Tuner T4A

Ultimate Guitar Tuner T4A

Ultimate Guitar Tuner T4A juga bisa dijadikan aplikasi yang bagus untuk stem gitar. Pasalnya, Ultimate Guitar Tuner T4A juga memiliki kelengkapan fitur yang bagus, seperti tersedianya tipe tunning lebih dari 100 tipe. Bahkan, Anda juga bisa mengatur frekuensinya sesuai dengan kebutuhan, antara frekuensi 420Hz dan 460Hz. Yang paling pentingnya lagi, aplikasi ini menjamin keakuratan saat Anda melakukan stem gitar!

Kini, menyetel gitar tidak lagi susah, bukan? Dengan aplikasi stem gitar tersebut, baik pemula maupun professional bisa menyetem gitar dengan mudah. Dari daftar di atas, aplikasi manakah yang biasa Anda gunakan? Atau, Anda memiliki aplikasi lain yang belum kami sebutkan di sini?

10 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Smartphone Android