10 Aplikasi yang Bagus untuk Android Baru

Apabila Anda baru saja memiliki smartphone Android baru, maka Anda tentu sudah tidak sabar untuk mengisi smartphone tersebut dengan berbagai aplikasi yang menarik. Aplikasi yang tersedia di Android juga cukup beragam ,mulai dari aplikasi chatting hingga aplikasi untuk menyetem gitar pun ada.

Saking banyaknya aplikasi tersebut, terkadang kita bingung memilih aplikasi manakah yang harus dipasang terlebih dahulu. Maka dari itu, berikut ini Resumecheap.com akan memberi panduan mengenai aplikasi yang bagus untuk Android yang baru Anda beli tersebut.

10 Aplikasi yang Bagus untuk Android Baru

1. Instagram

Instagram

Dewasa ini, banyak orang yang gemar menjadi fotografer ‘dadakan’. Mereka bisa memotret segala hal, mulai dari diri sendiri, makanan, pemandangan, dan barang-barang yang unik, kemudian membagikannya ke orang lain. Instagram adalah aplikasi populer untuk mengunggah foto dan video untuk dilihat oleh teman-teman Anda.

Tak dapat dipungkiri bahwa Instagram juga dapat menjadi sarana untuk menjalankan sebuah bisnis, seperti online shop. Untuk mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern ini, Instagram masuk ke dalam jajaran aplikasi yang bagus untuk Android baru Anda.

2. Spotify

Spotify

Ada kutipan yang mengatakan: Music is life, Life without music would be a mistake. Kutipan tersebut benar adanya karena hampir sebagian besar orang tertarik terhadap musik. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang ‘tidak bisa hidup’ tanpa musik, Spotify merupakan aplikasi yang wajib diinstal pada smartphone Android Anda.

Spotify adalah aplikasi streaming musik. Ada banyak jenis musik dari berbagai penyanyi atau pemusik ternama yang bisa Anda dengarkan melalui aplikasi ini. Spotify memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik secara gratis via smartphone. Untuk mendownload Spotify, Anda tidak dikenakan biaya apapun, kecuali Anda memilih Spotify versi Premium.

3. Google Photos

Google Photos

Aplikasi besutan Google ini menawarkan kapasitas penyimpanan unlimited untuk foto dan video. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur, seperti auto backup, editing, dan berbagi ke media sosial secara langsung. Dengan kata lain, aplikasi ini dapat menggantikan posisi ‘Galeri’ pada sebuah smartphone.

Dengan Photos, Anda bisa menghemat kapasitas penyimpanan pada smartphone Anda. Aplikasi resmi dari Google ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 16 juta kali. Jika Anda ingin mendownload Google Photos, Anda bisa masuk ke Google Play Store untuk memasang aplikasi ini secara gratis pada smartphone Anda.

4. Skype

Skype

Siapa yang tidak mengenal software untuk video call yang satu ini? Skype memungkinkan Anda untuk chatting, telepon, dan melakukan panggilan video ke semua orang di seluruh dunia, asalkan lawan bicara Anda juga memiliki akun Skype. Untuk dapat menggunakan Skype secara gratis, Anda harus memiliki koneksi internet pada smartphone Anda.

Baca Juga  15 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Video dari Foto

Skype memiliki kualitas video call HQ. Meskipun beberapa aplikasi pengirim pesan, seperti Line, sudah memiliki fitur video call, tetapi Skype tetap menjadi yang paling populer. Interface yang ditawarkan oleh Skype sangat sederhana dan mudah digunakan.

Nah, Skype bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi yang sudah dipasang sebanyak 1 milyar kali di perangkat Android ini kompatibel dengan hampir semua smartphone Android. Namun pastikan smartphone Anda memiliki kamera depan yang mumpuni agar video calling-nya semakin mengasyikan.

5. Evernote

Evernote

Aplikasi ini hampir serupa dengan Google Keep. Akan tetapi, tentu saja Evernote tetap berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Melalui Evernote, Anda bisa menyimpan catatan, voice note, dan berbagai file dalam smartphone Anda.

Evernote juga menawarkan fitur reminder, snapshot, dan menulis catatan pribadi dengan tangan Anda sendiri. Aplikasi yang ditawarkan oleh Evernote Corporation ini sangat menunjang produktivitas Anda. Yuk, download Evernote sekarang juga di Google Play Store.

6. Greenify

greenify

Greenify adalah aplikasi yang membantu untuk menghemat daya baterai Anda. Aplikasi ini bisa menutup aplikasi ‘nakal’ yang dapat menghabiskan daya baterai smartphone atau tablet. Tak sampai disitu saja, Greenify juga membantu untuk meminimalisir penggunaan CPU dan RAM agar perangkat Anda tetap lancar.

Jika Anda sudah melakukan root pada smartphone, Greenify bisa bekerja dengan baik lagi pada perangkat tersebut. Meskipun terdengar rumit, aplikasi yang dikembangkan oleh Oasis Feng ini cukup mudah digunakan. Apakah Anda berminat menginstal Greenify untuk menghibernasi aplikasi yang tidak terpakai? Segera dapatkan Greenify secara gratis di Google Play Store.

7. Messenger

Messenger

Selain Skype, ada juga Messenger yang bisa melakukan video call dimana pun dan kapan pun. Tapi, keunggulan dari Messenger bukan hanya video call saja karena fungsi utamanya adalah bertukar pesan alias chatting. 

Dengan aplikasi Messenger, penggunanya akan dimudahkan dalam berkomunikasi dengan cara apapun. Anda bisa melakukan video call chatting biasa, mengirim voice note, video, hingga mengirim emoticon yang lucu-lucu. Selain itu, Messenger juga menyediakan fitur mini game agar Anda tidak bosan saat chatting-an dengan teman.

8. WhatsApp

WhatsApp Messenger

Kepopuleran aplikasi pengirim pesan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Banyak pengguna Android lebih memilih untuk menggunakan WhatsApp dibanding BBM, Line, atau yang lainnya karena WhatsApp lebih simpel dan efisien.

Jika dahulu WhatsApp hanya bisa digunakan untuk chatting, kini aplikasi yang sudah diakuisisi oleh Facebook tersebut menyediakan fitur panggilan. Jadi, Anda bisa menelepon kerabat dengan gratis ketika menggunakan WhatsApp.

Ketenaran WhatsApp memang tidak terbendung. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pemasangan aplikasi ini sejumlah 5 milyar kali di perangkat Android. WhatsApp juga bisa didownload dan digunakan secara cuma-cuma alias tidak berbayar.

Baca Juga  Komiku App untuk Kamu yang Suka Baca Komik Menjadi Lebih Mud

9. YouTube Go

youtube go

Kalau Anda suka menonton video di Youtube dengan aplikasi yang lebih ringan, maka Anda wjaib download aplikasi YouTube Go. Pasalnya, aplikasi ini lebih ringan dibandingkan Youtube biasa dan Anda juga bisa lebih menghemat kuota karena hanya ada dua kategori untuk mengunduh videonya, yakni Basic Quality dan Standard Quality.

Selain itu, setiap video yang Anda unduh dari YouTube Go akan langsung disimpan ke dalam kartu memori berupa SD Card. Tapi, di YouTube Go Anda tidak bisa mengunggah video, ya. Anda juga tidak bisa me-like atau memberikan komentar di YouTube Go karena memang aplikasi ini ditujukan hanya untuk menonton saja.

10. Transportasi Online

Tentang GrabBike

* sumber: paultan.org

Dewasa ini segala jenis transportasi semakin dipermudah. Anda tidak perlu khawatir soal transportasi umum, karena Anda bisa mengandalkan transportasi online yang siap mengantarkan Anda kemana pun, makanya transportasi online ini masuk ke dalam daftar wajib ada ketika Anda membeli HP baru.

Ada banyak transportasi online, namun yang paling tenar di Indonesia ada dua, yakni Grab dan GOJEK. Kedua aplikasi ini menyediakan transportasi yang bisa dipesan melalui ponsel, mau memesan taxi ataupun ojek Anda hanya perlu satu aplikasi itu saja. Jadi, ketika Anda bepergian dan HP Anda masih “fresh” segera unduh aplikasi transportasi online agar Anda bisa mudah bepergian kemana pun.

11. Inbox by Gmail

Keberadaan smartphone sangat memudahkan kita untuk mengakses email dengan cepat. Jika dahulu kita harus membuka email melalui PC atau laptop, kini menulis atau membaca email dapat dilakukan melalui smartphone yang ada dalam genggaman Anda.

Inbox by Gmail merupakan aplikasi resmi dari Google yang menawarkan kemudahan dalam mengakses surat elektronik yang masuk ke alamat email Anda. Aplikasi ini juga digadang sebagai penerus dari aplikasi Gmail yang mulai tampak ketinggalan jaman.

Lebih dari sekedar inbox biasa, aplikasi ini memiliki pengingat sehingga kotak masuk Anda berisi semua hal penting yang dibutuhkan. Tak cukup sampai disitu, Inbox by Gmail juga menawarkan fitur pencarian pesan sehingga Anda tidak harus menyortir inbox satu persatu ketika hendak mencari pesan yang sudah dibaca.

Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore. Jika Anda membutuhkan aplikasi membuka email selain Gmail, coba cari referensinya di artikel 10 Aplikasi Email untuk Android ini.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi yang bagus untuk Android baru Anda. Silahkan download dan install berbagai aplikasi tersebut agar perangkat Android baru Anda langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Jika Anda memiliki aplikasi favorit lain yang ‘wajib’ diinstal di perangkat Android, silakan share dengan kami di kolom komentar.

10 Aplikasi yang Bagus untuk Android Baru