10 Pilihan Launcher Terbaik Untuk Android

Salah satu kelebihan sistem operasi Android dibandingkan dengan iOS adalah ketersediaan launcher. Ya, dengan launcher kita bisa merubah tampilan androi sesuai dengan keinginan kita. Saat ini terdapat 10 launcher terbaik untuk Android yang layak untuk Anda coba. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

10 Pilihan Launcher Terbaik Untuk Android

1. Google Now Launcher

Google Now Launcher merupakan launcher Android murni buatan Google. Launcher ini hadir dengan tampilan yang minimalis namun kaya akan fungsionalitas. Dengan memakai launcher ini, Anda akan tampak seakan-akan menggunakan perangkat Nexus buatan Google. Pasalnya, tampilan dari launcher ini akan selalu disesuaikan dengan versi Android terbaru.

Selain mengintegrasikan Google Now, launcher ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan voice control secara langsung tanpa perlu menekan tombol apapun. Launcher ini tersedia secara gratis di Google Play Store, namun tidak semua perangkat bisa menggunakannya.  Saat ini hanya jajaran Nexus, Google Play Edition, serta beberapa perangkat saja yang mendukungnya secara penuh.

2. Yahoo Aviate Launcher

Aviate Launcher berhasil menarik perhatian banyak pengguna Android ketika baru dirilis. Karena kesukesan tersebut, launcher ini kemudian diakuisisi oleh Yahoo. Salah satu yang paling menarik dari launcher ini adalah perubahan tampilan secara otomatis berdasarkan waktu dan tempat Anda berada.

Sebagai contoh ketika Anda di rumah, Aviate akan menampilkan berbagai macam aplikasi yang sering Anda gunakan di rumah. Ketika akan pergi ke kantor, aviate langsung menyuguhkan aplikasi untuk navigasi. Lalu ketika Anda tooba dikantor, maka aplikasi office dan bisnis lah yang akan tampil di halaman muka.

Contoh lainnya adalah ketika malam hari Aviate akan menampilkan shortcut untuk mengatur alarm. Lalu keesokan paginya, ramalan cuaca akan langsung muncul di Android Anda. Dengan berbagai fitur inovatifnya tersebut, Aviate dapat disebut sebagai launcher terbaik untuk Android saat ini.

3. Nokia Z Launcher

launcher terbaik untuk Android

Setelah meluncurkan Noxia X sebagai ponsel Android pertamanya, Nokia juga meluncurkan Noxia Z Launcher sebagai launcher andalannya. Agak mirip dengan Aviate, Nokia Z Launcher juga akan menampilkan berbagai macam item yang tepat bagi Anda berdasarkan waktu dan lokasi Anda berada.

Baca Juga  Download Instagram Plus

Selain itu, kita juga dapat mencari sebuah aplikasi secara cepat dengan hanya menuliskan huruf pertama dari aplikasi tersebut. Semakin sering Anda menggunakan Nokia Z Launcher, maka seluruh kebiasaan Anda juga akan direkam dengan baik. Tampilan yang disuguhkannya juga cukup sederhana dan rapi.

4. Buzz Launcher

Buzz Launcher sebenarnya hanya dibekali dengan berbagai macam opsi kustomisasi standar. Namun ada satu fitur yang membuatnya lebih unggul dibandingkan launcher lainnya yakni fitur custom library. Dengan library tersebut kita bisa mengunduh, membuat, dan juga menyimpan ribuan tema serta widget.

Launcher Android terbaik ini jelas tidak cocok bagi Anda yang menginginkan efisiensi dan fitur minimalis. Pasalnya dengan kelebihannya tersebut, Buzz Launcher lebih cocok untuk pengguna yang mengedepankan estetika serta tampilan yang cantik dan unik dari perangkatnya.

5. Nova Launcher

nova launcher

Nova Launcher merupakan launcher Android standar yang cocok bagi para pemula. Launcher ini menghadirkan pengaturan fitur dan kustomisasi yang cukup simpel. Maka dari itu, para pemula yang belum terbiasa dengan berbagai macam opsi dan fitur yang rumit akan sangat cocok menggunakan launcher ini.

Nova Launcher ini tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan juga versi berbayar. Namun versi gratisnya juga sudah menyuguhkan berbagai macam fitur unggulan. Degan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli versi berbayarnya.

6. Apex

Sama halnya seperti Nova Launcher, Apex juga menjadi launcher yang cocok bagi para pemula Android. Pasalnya launcher terbaik untuk Android tablet ini juga menyuguhkan berbagai macam fitur standar dengan pilih kustomisasi yang mudah untuk dipahami.

Salah satu fitur menarik dari Apex adalah tablet mode di mana Anda dapat menginstal launcher ini di berbagai tablet Android tanpa masalah. Selain itu, versi berbayarnya juga menyuguhkan fitur Apex Notifier yang akan menghadirkan push notification untuk widget yang Anda gunakan.

7. Action Launcher Pro

Action Launcher sangat cocok bagi Anda yang menginginkan akses cepat ke berbagai macam aplikasi berkat fitur quick-access yang disuguhkannya. Selain itu terdapat juga fitur untuk membuka aplikasi dari dalam folder serta fitur untuk membuat widget dari sebuah aplikasi. Sayangnya meskipun menyediakan versi gratis, fitur-fitur menarik tersebut hanya tersedia untuk versi premiumnya saja.

8. ADW Launcher

Bagi Anda yang sudah bertahun-tahun menggunakan Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ADW Launcher. Ya, ADW merupakan salah satu pelopor dari launcher yang memiliki berbagai macam kustomisasi. Hampir semua sisi tampilan dapat dikustomisasi oleh launcher ini.

Baca Juga  4 Android Emulator Ringan Yang Bisa Menjadi Pilihan

Sayangnya launcher ini cukup rumit sehingga cukup sulit dioperasikan jika dibandingkan dengan berbagai launcher Android modern yang ada saat ini. Selain itu, pengembangan dari launcher terbaik di Android ini sudah berhenti sejak beberapa tahun lalu dan sudah tidak lagi mendukung sistem operasi Android di atas Android 4.1 Jelly Bean.

9. Zeam

zeam

Zeam merupakan launcher terbaik untuk Android yang sangat ringan dan juga cepat. Namun karena performanya yang cepat tersebut, Anda tidak akan menemukan berbagai macam opsi kustomisasi yang unik seperti yang terdapat pada launcher lainnya.

Namun dengan ukurannya yang sangat ringan, launcher ini dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat Android, termasuk yang sudah tua sekalipun. Launcher Android gratis ini dapat berjalan pada sistem operasi Android 2.3 Gingerbread ke atas, seperti ICS, Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop.

10. Next Launcher

Launcher terbaik selanjutnya adalah Next Launcher. Launcher ini menghadirkan tampilan 3D yang sangat unik dan berbeda dibandingkan launcher lainnya. Sayangnya, dengan tampilannya yang ‘wah’ tersebut, launcher ini akan memakan daya baterai dengan sangat cepat. Namun walau bagaimanapun, launcher ini sangat layak untuk Anda coba.

Itulah berbagai macam launcher terbaik untuk Android yang dapat Anda coba untuk mempercantik perangkat Android Anda. Silahkan pilih launcher tersebut sesuai dengan kebutuhan, apakah ingin yang serba otomatis, yang tampilannya cantik, atau yang sangat ringan. Selamat mencoba!

10 Pilihan Launcher Terbaik Untuk Android