13 Aplikasi Cetak Foto Terbaik yang Mudah Digunakan

Bermodalkan kamera digital dan printer, Anda sudah bisa mencetak hasil foto yang bagus dengan berbagai ukuran. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke jasa percetakan foto, karena Anda bisa mengandalkan software pencetak foto yang memang dirancang khusus untuk dapat mengedit foto sebelum dicetak dengan printer.

Berikut ini adalah 10 aplikasi cetak foto yang dapat dipakai untuk mengedit foto, mengorganisir file foto yang akan dicetak, dan menghemat waktu dalam proses pencetakan. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Apple iPhoto

apple iphoto

Aplikasi cetak foto ini bisa langsung Anda peroleh ketika Anda membeli komputer keluaran Apple. Akan tetapi, Anda juga bisa membeli Apple iPhoto ini secara terpisah. iPhoto adalah sebuah program yang sangat bermanfaat, mudah dipakai, dan dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan iPhoto, Anda bisa langsung menyesuaikan pengaturan foto Anda secara otomatis, mengatur foto-foto di dalam flipbooks, dan bahkan menampilkan resolusi terbaik foto agar hasil cetakannya nanti bagus. Hampir semua fitur dan keunggulan yang ditawarkan iPhoto ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencetak foto melalui printer.

2. Picasa

Picasa aplikasi cetak foto

Berbicara soal aplikasi berbayar untuk mencetak foto, Picasa hadir sebagai salah satu software pencetak foto yang bisa diunduh secara gratis. Namun, Picasa hanya dapat bekerja dengan baik pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini menawarkan keunggulan berupa kemudahan dalam mengedit dan mengelola foto. Setelah Anda selesai melakukan editing foto, segera buat album foto pribadi Anda melalui aplikasi ini. Nantinya, hasil foto di album Picassa ini dapat dilihat secara online oleh teman-teman dan keluarga Anda.

3. IrfanView

IrfanView

IrfanView juga merupakan aplikasi gratis yang dirancang khusus untuk perangkat yang berjalan dengan sistem operasi Windows. Anda dapat menggunakan IrfanView untuk keperluan pribadi yang tidak diketahui oleh orang lain, seperti ketika Anda hendak memanipulasi foto keluarga.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan editing sederhana dengan beberapa fitur pilihan yang disediakan oleh aplikasi ini. Nah, untuk dapat mencetak hasil foto yang sudah diedit oleh IrfanView, pastikan printer Anda memiliki cukup tinta untuk mencetak foto tersebut.

4. PIXLR

PIXLR

Jika Anda menginginkan sebuah aplikasi cetak foto yang bisa digunakan di berbagai perangkat maka pilihan yang tepat untuk mendownload PIXLR. Pasalnya, aplikasi satu ini bisa Anda gunakan secara online, offline dengan mendownload softwarenya di PC berbasis Mac ataupun Windows, bahkan bisa digunakan di smartphone Android.

Yang bagusnya lagi, Anda tidak perlu memiliki skill khusus mengedit foto karena PIXLR punya fitur edit foto yang simpel dan praktis. Jika sudah mengeditnya, maka Anda bisa langsung mencetaknya menggunakan PIXLR.

5. Ulead PhotoImpact

Ulead PhotoImpact

Salah satu aplikasi sejenis yang dijual dengan harga yang murah adalah Ulead PhotoImpact, di mana aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih baik untuk pengguna yang profesional dalam hal mengedit foto sebelum dicetak.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Membuat Video

Mengapa Anda membutuhkan Ulead PhotoImpact untuk mencetak gambar atau foto di printer? Karena aplikasi cerdas yang satu ini dapat membuat kartu ucapan yang disertai dengan foto Anda. Dengan aplikasi ini, hasil foto yang akan dicetak di printer akan menjadi lebih bagus.

6. PhotoScape

photoscape

Pada awalnya, PhotoScape hanya sebatas aplikasi edit foto. Namun, seiring berkembangnya zaman dan segala kelengkapan fitur PhotoScape, aplikasi ini pun bisa masuk ke dalam salah satu aplikasi untuk cetak foto terbaik di PC.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Korea ini bisa mencetak foto sesuai dengan resolusi dan pilihan kertas yang diinginkan. Selain mencetak, tentunya Anda bisa mengedit foto terlebih dahulu karena memang dari awal PhotoScape punya fitur untuk mengedit foto. Setelah itu, barulah Anda bisa mencetak fotonya. Mudah, kan?

7. ArcSoft

arcsoft

Bagi Anda yang menggunakan PC/laptop dengan OS Windows dan ingin mencetak foto berbagai macam ukuran, bisa download aplikasi ArcSoft. Tercatat, aplikasi ini mampu untuk mencetak foto dengan ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R hingga 8R+. Bukan hanya itu saja, ArcSoft juga didesain dengan antarmuka yang mudah dimengerti.

Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu memilih foto yang ingin dicetak, kemudian pilih layout untuk hasil cetaknya dan langsung print. Menariknya dari ArcSoft ini, Anda bisa mengedit foto sebelum dicetak, entah mencerahkan warna foto, ataupun menambahkan teks. Dan yang paling pentingnya, Anda bisa mengunduh software ini secara gratis di sini.

8. Adobe Photoshop Elements

dobe Photoshop Elements

Beberapa dari pengguna awam mungkin akan mengalami sedikit kesulitan saat hendak mengedit foto yang akan dicetak dengan mengandalkan seri Photoshop CS. Namun, kini Adobe Photoshop Elements hadir dengan fitur yang terbilang lengkap dan interface sederhana yang membuat pemula dapat mengedit foto dengan menggunakan aplikasi ini dengan lebih mudah.

Adobe Photoshop Elements tersedia untuk Mac dan Windows. Proses editing dan komposisi foto menjadi lebih gampang dengan bantuan dari aplikasi ini. Pengguna juga memiliki kontrol untuk pemilihan resolusi foto dan Anda dapat menghasilkan foto dengan kualitas terbaik hanya dengan menggunakan Adobe Photoshop Elements. Dengan aplikasi ini, Anda pun mampu mencetak foto pada kertas berjenis glossy dan matte.

9. Paint.NET

Paint.NET

Paint.NET adalah software gratis yang dananya menggunakan donasi sukarela dari setiap pengguna yang merasa puas dan menghargai keberadaan aplikasi ini. Paint.NET memang hanya dapat berjalan pada sistem operasi Windows saja, tapi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi editing sebelum mencetak foto ini cukup memuaskan.

Ada fitur undo tak terbatas untuk mengoreksi hasil editing yang dirasa kurang tepat. Paint.NET sengaja dibuat untuk para pemula, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini juga bisa dipakai oleh para profesional. Paint.NET adalah aplikasi cetak foto yang sangat baik ketika Anda ingin mencetak dengan menggunakan kertas matte atau glossy.

10. GIMP

GIMP

Di posisi terakhir ada GIMP atau yang juga dikenal dengan nama GNU Image Manipulation Program. Aplikasi gratis yang satu ini dapat bekerja di hampir seluruh sistem operasi yang tersedia pada saat ini.

Baca Juga  SehatQ.com, Aplikasi Kesehatan Masa Kini

Dalam segi fungsi, GIMP menawarkan kinerja dan fitur yang hampir sama dengan Adobe Photoshop. Dengan kata lain, GIMP adalah aplikasi yang banyak menyediakan fitur dan pilihan yang menarik untuk editing. Dengan GIMP, Anda bisa lebih mengembangkan kreativitas Anda dengan menghasilkan album foto dengan desain yang lebih menarik dibanding desain standar yang disediakan oleh GIMP.

Mengapa foto perlu diedit dengan aplikasi cetak foto terlebih dahulu sebelum dicetak dengan menggunakan printer? Karena editing ini akan meningkatkan resolusi foto atau sekedar memanipulasi kekurangan pada foto sehingga hasil foto yang nantinya keluar dari printer akan nampak lebih baik dan mengesankan.

Selain kesepuluh aplikasi di atas, kami juga masih memiliki beberapa rekomendasi aplikasi yang bagus untuk mencetak foto. Berikut informasi selengkapnya mengenai aplikasi rekomendasi untuk mencetak foto.

11. Foto Finish

Foto Finish

Walaupun Anda hanya bisa menjajal Foto Finish secara gratis hanya dalam waktu 30 hari saja, tapi Anda pasti akan menyadari bahwa Foto Finish adalah sebuah aplikasi yang sangat worth untuk dibeli. Meskipun harganya sedikit mahal untuk ukuran aplikasi editing sebelum mencetak foto, tetapi Foto Finish menawarkan kualitas editing yang sangat profesional.

Tempatkan foto dalam komposisi untuk dicetak. Hasil editing yang diperoleh dari Foto Finish ini akan terlihat sangat profesional. Apakah Anda juga berminat untuk mencoba trial dan membeli aplikasi Foto Finish?

12. Roxio PhotoSuite

Roxio PhotoSuite

Sama seperti beberapa aplikasi cetak foto yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Roxio PhotoSuite saat ini hanya tersedia untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows saja. Artinya, Anda tidak bisa menggunakannya di perangkat Mac atau Linux.

Namun, Roxio PhotoSuite bersifat multi-fitur, yakni memberikan Anda banyak pilihan saat mengedit foto yang hendak dicetak. Anda dapat memanipulasi foto sebelum dicetak untuk menghasilkan foto yang terbaik saat keluar dari printer. Anda pun bisa membuat foto ini menjadi cover untuk kalender dan juga burning album foto Anda ke dalam DVD.

13. Serif PhotoPlus

Serif PhotoPlus

Satu lagi aplikasi cetak foto yang terbaik di dalam daftar ini dan bisa diunduh secara gratis. Serif PhotoPlus menawarkan kemampuan untuk mengedit foto dan membuatnya nampak lebih hebat dari foto yang sebelum diedit.

Anda pun dapat berbagi foto dengan teman-teman menggunakan Serif Photo Plus. Untuk sementara waktu aplikasi hanya tersedia dalam channel Window. Ini adalah aplikasi yang mengusung user friendly yang memberikan pada setiap penggunanya, baik yang pemula atau profesional.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk editing sebelum mencetak foto melalui printer. Alhasil, foto yang keluar dari printer gambarnya terlihat pecah dan juga buram. Jadi, pertimbangkan lagi untuk memakai aplikasi khusus seperti di atas untuk memperoleh hasil foto yang lebih baik.

13 Aplikasi Cetak Foto Terbaik yang Mudah Digunakan