15 Aplikasi Pendingin Android Terbaik agar Tidak Panas

Memiliki HP Android membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial. Namun, pernahkah Anda sadari bahwa smartphone Android yang digunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas?

Suhu panas yang muncul ketika kita sering menggunakan smartphone terletak pada CPU-nya. Beberapa aktivitas yang disinyalir dapat membuat ponsel menjadi panas adalah bermain game, browsing, hingga menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada baterai yang mudah habis karena sering terpapar suhu panas, layar kurang responsif, hingga mesin yang mati karena overheat.

Lantas, apa solusi untuk mengatasi smartphone agar tidak panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Solusinya cukup mudah karena Anda dapat menginstall aplikasi pendingin Android di smartphone Anda. Nah, berikut Resumecheap.com telah membuat daftar aplikasi terbaik untuk mendinginkan smartphone Android Anda tersebut.

1. Nox Cleaner

Dengan lebih dari 50 juta pengguna, Nox Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih sekaligus pendingin ponsel Android yang paling efektif. Dilengkapi dengan mekanisme canggih seperti pembersih cache, pembersih sampah, pembersih penyimpanan, pembersih memori, pembersih iklan, Nox Cleaner tidak hanya dapat meningkatkan ruang penyimpanan ponsel tetapi juga kinerja ponsel.

Tidak hanya itu, Nox Cleaner juga dapat berfungsi sebagai sistem antivirus dengan pemindai virus, penghapusan virus, dan perlindungan virus yang membantu pengguna Android melindungi perangkat dari potensi ancaman keamanan atau kerentanan privasi.

Untuk membantu mendinginkan ponsel, Nox Cleaner dengan cerdas mendeteksi dan menutup aplikasi yang menguras baterai untuk mengurangi penggunaan CPU sehingga menurunkan suhu ponsel yang sangat membantu pengguna saat menonton video atau bermain game

2. One Booster

One Booster juga telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android. Aplikasi ini diklaim memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif, membuatnya ramah pengguna dan mudah untuk membersihkan cache dan file sampah untuk membebaskan RAM ponsel.

One Booster dapat mengoptimalkan dan mempercepat ponsel Android hanya dengan satu ketukan. One Booster juga dapat memindai ponsel untuk cache dan file sampah, dan membersihkannya untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan ponsel.

Selain itu, One Booster juga dapat berfungsi sebagai pendingin CPU yang dapat mendinginkan suhu CPU ponsel Android dengan satu ketukan. Aplikasi ini juga dapat membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang sedang berjalan.

3. KeepClean

KeepClean adalah aplikasi pengoptimalan perangkat Android all-in-one yang mengintegrasikan fungsi pembersih telepon, pengoptimal RAM, antivirus, penghemat baterai, dan lainnya untuk kinerja dan keamanan optimal. Sejauh ini KeepClean telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Salah satu fiturnya, CPU Cooling, akan melakukan analisis mendetail terhadap ribuan aplikasi untuk mengurangi konsumsi CPU dan mencegah perangkat terlalu panas. Lalu ada Game Booster yang akan menutup aplikasi latar belakang yang tidak digunakan untuk mengosongkan RAM dan meningkatkan kinerja ponsel.

4. CPU Cooler

CPU Cooler

HP terasa panas? Anda perlu mendinginkannya dengan aplikasi yang disebut CPU Cooler. Aplikasi yang satu ini siap mendinginkan HP secara profesional. Bahkan, aplikasi ini juga mengklaim mampu memantau suhu HP Anda dan menjaganya agar tetap stabil, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Yang menariknya lagi, CPU Cooler juga akan memberikan informasi secara berkala mengenai suhu HP Anda saat ini. Jadi, ketika HP sudah sangat panas, maka aplikasi ini akan secara otomatis mengingatkan Anda untuk mendinginkannya segera. Sangat membantu, ya?

Baca Juga  Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC

5. Finally Clean

Finally Clean

Sebenarnya ini adalah aplikasi untuk membersihkan sampah-sampah di HP. Namun, Finally Clean melengkapi fiturnya dengan kehadiran cooler. Dengan fitur tersebut akan membuat suhu HP Anda tetap stabil dan tidak akan memberatkan kinerja HP. Cara Finally Clean mendinginkan HP Anda adalah dengan menghapus sampah-sampah serta menutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

6. Cooler Master – Clean Booster

Cooler Master - Clean Booster

Sesuai dengan nama aplikasinya, Cooler Master – Clean Booster ini bisa untuk mendinginkan ponsel Anda yang terlalu panas. Aplikasi ini siap memantau keadaan suhu HP Anda. Jika terlalu panas, Anda bisa langsung menormalkan kembali suhunya dengan menggunakan Cooler Master – Clean Booster.

Cara kerja dari aplikasi berkapasitas 3.9MB ini akan menutup semua aplikasi yang menyebabkan CPU HP Anda menjadi panas. Nah, selain sebagai aplikasi untuk mendinginkan HP, Anda juga bisa manfaatkan Cooler Master – Clean Booster sebagai Junk Cleaner. Cukup bagus, kan?

7. Cooling Master-Phone Cooler

aplikasi pendingin android Cooling Master-Phone Cooler

Aplikasi pemantau suhu profesional ini cukup populer dan menjadi idola sebagian besar pengguna ponsel Android. Cooling Master-Phone Cooler adalah sebuah aplikasi yang dapat mengendalikan dan mendeteksi sumber daya berat yang menggunakan RAM dan CPU cukup banyak.

Cooling Master-Phone Cooler akan mengendalikan aplikasi tersebut untuk mengurangi penggunaan CPU agar ponsel memiliki suhu yang lebih dingin. Cooling Master-Phone Cooler juga sudah didukung dengan beberapa bahasa, antara lain Inggris, Cina, Spanyol, Rusia, dan Indonesia. Seluruh fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis.

Beberapa fitur yang tersemat pada aplikasi ini adalah Real-time Temperature Monitoring untuk monitor dan log suhu ponsel secara real time, Dynamic Overheating App Detection yang berfungsi untuk menganilisi penggunaan CPU secara dinamis dan menentukan penyebab ponsel menjadi overheating.

Terdapat pula fitur One Tap Cool Down yakni fitur yang memungkinkan Anda untuk menutup aplikasi overheating dalam satu kali menekan saja, dan Overheating Prevention yang dapat menutup aplikasi penyebab kenaikan suhu agar ponsel tidak panas.

8. phone cooler, battery saver

phone cooler, battery saver

Aplikasi ini siap memonitorisasi keadaan suhu HP Anda secara real-time. Juga, phone cooler, battery saver akan selalu menganalisis penyebab terjadinya overheating pada HP Anda. Jika HP Anda sudah terlalu panas, maka Anda bisa langsung menormalkan kembali suhunya dengan satu kali klik di aplikasi ini.

Bagusnya lagi, aplikasi besutan DAO THUY TRANG ini akan langsung menutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Bahkan, setiap kali layar HP Anda dalam keadaan mati maka secara otomatis phone cooler, battery saver akan menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan. Cukup bagus, kan?

9. Phone Cool Down

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini siap untuk mendinginkan perangkat HP Anda yang panas. Di sini, Phone Cool Down ? akan menurunkan suhu prosesor HP dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengurangi dan menutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

Ada kelebihan lain dari aplikasi ini, Anda bukan hanya bisa mendinginkan HP saja, karena Phone Cool Down ? juga mneyediakan fitur boost RAM, clean junk, dan fitur hemat baterai. Satu aplikasi dengan segudang fitur, ya?

10. Phone Cooler Master And CPU Cooling 2021

Phone Cooler Master And CPU Cooling 2021

Selanjutnya ada Phone Cooler Master And CPU Cooling 2021. Ya, nama aplikasi yang cukup panjang. Meskipun punya nama yang panjang, tapi aplikasi ini sangat lengkap di mana aplikasi ini mampu mendinginkan HP secara efektif. Di sini cara kerjanya adalah mendinginkan CPU dan menghemat baterai.

Selain itu, aplikasi ini juga siap memberikan peringatan jika HP Anda terlalu panas. Ya, aplikasi ini akan selalu mengecek suhu HP secara real-time. Bahkan, Phone Cooler Master And CPU Cooling 2021 juga akan mencari penyebab HP mengalami overheating. Cukup lengkap, kan?

11. Phone Cooler – ProTools

Phone Cooler - ProTools

Baca Juga  10 Aplikasi Game Booster Terbaik untuk PC dan Laptop

Pada aplikasi besutan ProTools kali ini juga hampir sama dengan aplikasi pendingin HP lainnya di mana Phone Cooler akan menganalisis penyebab HP yang overheating. Juga, Phone Cooler akan langsung segera menutup aplikasi yang sekiranya membuat CPU HP Anda terlalu panas.

Kelebihan lainnya adalah, Phone Cooler akan melakukan reduce untuk daya baterai Anda dengan cara menghapus setiap cache junk yang ada di RAM HP. Jadi, RAM Anda akan terasa lebih longgar dan dapat menghindari kelemotan saat Anda sedang menjalankan beberapa aplikasi.

12. Cooling Master : Phone Cooler (Fast CPU Cooler)

Cooling Master Phone Cooler (Fast CPU Cooler)

Aplikasi yang bagus untuk mendinginkan HP Anda adalah Cooling Master : Phone Cooler (Fast CPU Cooler). Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menjamin HP Anda bisa dingin dan kembali ke suhu normal meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Di sini ada berbagai macam fitur unggulan, pertama ada real-time device temperature monitoring. Jadi, fitur tersebut akan membantu Anda untuk memantau suhu HP secara real-time.

Selain itu, ada fitur Dynamic Overheating App Detection/Controller. Kalau fitur tersebut berguna untuk mencari tahu aplikasi mana yang membuat HP Anda menjadi panas. Lalu, fitur yang ketiga adalah One Tap to Cool Down. Fitur ketiga ini bisa mengatasi suhu overheat dengan hanya satu kali klik saja.

Namun, selain tiga fitur khusus untuk mendinginkan HP, ternyata aplikasi Cooling Master : Phone Cooler (Fast CPU Cooler) juga punya satu fitur unggulan lainnya, yakni WiFi Booster. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mempercepat laju WiFi tanpa nge-lag. Menarik, kan?

13. Cooler Master CPU Cooling, Free Phone Cooler

Cooler Master CPU Cooling, Free Phone Cooler

Selain aplikasi tadi, ada juga yang namanya Cooler Master CPU Cooling, Free Phone Cooler. Sesuai dengan penamaannya ini, aplikasinya mengklaim mampu menormalkan suhu HP yang panas, baik karena CPU, GPU, atau bahkan baterainya yang panas. Sebelum menormalkan suhu HP, aplikasi ini akan bekerja untuk mencari inti panas dan penyebab HP panas secara real-time.

Setelah mengetahui penyebabnya, aplikasi ini secara otomatis akan langsung mengurangi suhunya dengan menutup aplikasi-aplikasi yang memang bikin suhu HP Anda panas. Tidak berhenti sampai di sana, setelah menormalkan suhunya, langkah terakhir adalah reduce GPU. Hal ini dilakukan agar HP Anda bisa bekerja secara optimal. Cukup bagus, kan?

14. Phone Cooler CPU Cooler Master

Phone Cooler CPU Cooler Master

Masih dengan aplikasi untuk menormalkan suhu HP, kali ini Phone Cooler CPU Cooler Master menjadi salah satu pilihan terbaik versi Resumecheap.com. Dalam aplikasinya, Phone Cooler CPU Cooler Master punya beberapa fitur bagus di mana aplikasinya akan mendeteksi penyebab panas HP, memonitorisasi suhu secara real-time, bahkan ada pemberitahuan peringatan jika HP terlalu panas. Cukup lengkap, bukan?

15. Free Phone Cooler Master Pro ( CPU cooler 2021 )

Free Phone Cooler Master Pro ( CPU cooler 2021 )

Free Phone Cooler Master Pro ( CPU cooler 2021 ) adalah salah satu aplikasi untuk mendinginkan HP terbaik lainnya yang kami rekomendasikan. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, di Free Phone Cooler Master Pro ( CPU cooler 2021 ) juga Anda bisa mendeteksi penyebab HP panas terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah Anda bisa mengambil tindakan dengan menormalkan suhu HP-nya.

Untuk menormalkan suhu HP-nya, Anda bisa melakukannya dengan satu klik saja dan secara instan Free Phone Cooler Master Pro ( CPU cooler 2021 ) akan menormalkan suhu HP Anda. Selain bisa menormalkan suhu, aplikasi ini juga punya fitur untuk mendapatkan sinyal WiFi yang stabil dengan WiFi Booster! 

Semua aplikasi pendingin Android di atas bisa Anda download di Google Play Store. Selain itu, semua aplikasi tersebut tanpa root dan bisa didownload secara gratis. Silahkan coba aplikasinya agar Anda dapat beraktivitas dengan smartphone Android tanpa takut kepanasan lagi.

15 Aplikasi Pendingin Android Terbaik agar Tidak Panas