23+ Contoh CV Untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik (LENGKAP)

contoh cv lamaran kerja

Contoh CV lamaran kerja berikut dapat membantu mu untuk membuat curriculum vitae menarik. Disertai dengan contoh dalam berbagai bidang keahlian lengkap dengan tips dan trik membuatnya.

Kumpulan CV ini dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk melamar kerja, melamar organisasi ataupun keperluan lainnnya.


Bagi kalian yang telah menempuh pendidikan dan lulus, maka hal yang dinantikan selanjutnya adalah bekerja.

Tentu saja ketika merekrut pekerja, perusahaan membutuhkan sebuah hal yang mendeskripsikan informasi mengenai pelamar kerja mulai darijenjang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki.

Sehingga, salah satu berkas yang sangat penting ada untuk melamar pekerjaan adalah curriculum vitae atau biasa disebut dengan CV atau berkas riwatat hidup. Di sini sebuah CV menjadi tiket awal untuk melamar pekerjaan.

Hal tersebut dikarenakan CV merupakan kesan pertama yang dilihat oleh pihak HRD sebelum melakukan wawancara terhadap pelamar kerja. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dalam mengisi CV sebelum melamar pekerjaan.

Hal Yang Harus Dicantumkan Pada CV

Sebuah perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam merekrut pekerjanya. Pelamar kerja harus menyesuaikan apa yang dibutuhkan perusahaan yang hendak dilamar.

Meskipun tiap perusahaan memiliki kriteria masing-masing, sebuah CV harus mencamtumkan tujuh hal utama dalam penulisannya.

1. Informasi Pribadi

Seorang pelamar kerja wajib menyertakan informasi pribadi di dalam CV yang hendak dibuat.

Data diri merupakan hal yang sangat penting karena apabila perusahaan hendak merekrut pegawai, maka perusahaan tersebut perlu menghubungi dengan jelas calon pegawai tersebut.

Informasi pribadi yang dicantumkan dapat berupa nama lengkap, tempat/ tanggal lahir, nomor handphone, alamat email dan akun sosial media lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa dalam memilih alamat email atau akun sosial media harus memiliki unsur nama yang mewakili nama lengkap serta tidak berbelit-belit.

Hal tersebut dikarenakan pihak HRD dapat memiliki penilaian tersendiri melalui alamat email atau nama akun sosial media calon pekerja.

Baca Juga  Pengertian Kesehatan – Aspek, Fisik, jiwa, Sosial, Masyarakat, Para Ahli

Selain itu, nomor handphone juga haruslah menggunakan nomor handphone yang aktif digunakan agar ketika perusahaan dapat menghubungi calon pekerja yang hendak direkrut.

2. Deskripsi Singkat

Pada umumnya, pihak HRD tidak membaca secara detail CV yang ditulis oleh pelamar.

Oleh karena itu, dibutuhkan deskripsi singkat mengenai latar belakang dan kemampuan pelamar untuk membuat pihak HRD dapat mengetahui apakah calon pelamar tersebut sesuai kriteria dari perusahaan.

Pada bagian ini, para pelamar harus pandai mempromosikan diri mereka. Sesuaikan apa yang tertulis pada deskripsi singkat denganperusahaan dan kriteria pekerja yang dibutuhkan pekerjaan tersebut.

Biasanya pihak HRD akan langsung mengecek CV secara keseluruhan apabila CV tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

3. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

Sebuah perusahaan biasanya mencari calon pekerja dengan kualifikasi pendidikan tingkat tertentu.

Bahkan, perusahaan hanya membutuhkan lulusan dari jurusan-jurusan tertentu yang akan direkrut sebagai pekerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencantumkan riwayat pendidikan pada CV lengkap dengan tanggal masuk dan tanggal lulus.

Selain pendidikan pada sekolah maupun perguruan tinggi, terdapat pendidikan dari luar atau non-formal yang berupa pelatihan yang sekiranya berhubungan dengan pekerjaan yang hendak dilamar.

Hal tersebut menjadi bonus penilaian dari pihak HRD sehingga besar kemungkinan akan dipanggil untuk interview.

4. Prestasi

Tentunya ketika dalam masa pendidikan, kalian telah membuat sebuah pencapaian atau prestasi. Hal ini menjadi nilai tambah pada CV ketika dilihat oleh pihak HRD.

Prestasi tidak harus berasal dari bidang akademik. Prestasi non-akademik juga dapat dicantumkan di dalam CV. Penulisan prestasi tersebut dilengkapi dengan keterangan tahun, jenis prestasi, pihak penyelenggara dan seberapa tinggi prestasi tersebut.

5. Pengalaman Organisasi

Bagi kalian yang lulusan baru atau ‘fresh graduate‘, sudah pasti belum memiliki pengalaman bekerja. Hal ini dapat digantikan dengan pengalaman berorganisasi yang telah dilalui.

Pengalaman berorganisasi ini dapat berupa organisasi di lingkup pendidikan maupun dari luar pendidikan atau masyarakat.

Tuliskan pengalaman organisasi dengan lengkap mulai dari nama organisasi, jabatan, tahun dan tanggung jawab yang diemban selama berorganisasi.

Pengalaman yang didapat dari berorganisasi umumnya dapat diterapkan ketika kerjasama tim dalam bekerja. Oleh karena itu, pihak HRD akan mencari calon pekerja yang sekiranya dapat bekerja bersama sebagai tim dengan melihat pengalaman organisasi.

6. Keahlian

Ketika sebuah perusahaan melakukan perekrutan dalam sebuah lowongan, biasanya terdapat kualifikasi dengan keahlian tertentu.

Baca Juga  5 Contoh Hipotesis Penelitian : Pengertian, Struktur dan Penjelasannya

Misalnya saja, perusahaan tersebut bergerak di bidang makanan dan akan merekrut pekerja yang mengetahui standar dalam pengemasan makanan.

Oleh karena itu, dibutuhkan pekerja dengan kemampuan tersebut yang dibuktikan sertifikasi atau dengan pengalaman yang berkaitan dengan kemampuan tersebut. Untuk itulah sangat dianjurkan untuk mencantumkan apa saja keahlian yang dapat digunakan ketika bekerja nantinya.

7. Pengalaman Bekerja dan Referensi

Bagi pelamar yang sudah pernah bekerja di perusahaan lain, sangat dianjurkan untuk mencantumkan pengalaman bekerja secara lengkap mulai dari nama perusahaan, posisi, tanggung jawab dan tahun bekerja.

Hal ini menjadi nilai tambah yang dilihat dari pihak HRD karena biasanya pelamar yang memiliki pengalaman bekerja dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Selain itu, ketika memiliki pengalaman bekerja tentunya memiliki tanggung jawab kepada seorang atasan. Kalian dapat mencantumkan identitas atasan tersebut sebagai referensi kebekerjaan kalian atau bisa juga diganti dengan surat referensi atau surat pengalaman kerja yang ditandatangani oleh perusahaan dimana kalian bekerja.

Contoh CV lamaran kerja

Contoh CV Lulusan Informatika

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Lulusan Engineering

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Lulusan Ekonomi Syariah

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Bidang management dan marketing

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Lulusan Pendidikan

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Bidang Pendidikan

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV Manajemen Akutansi

Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Pendidikan Tata Busana

Contoh CV Pramugari

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV 13

Contoh CV 14

Contoh CV 15

Contoh CV 16

Contoh CV 17

Contoh CV 18

Contoh CV 19

Contoh CV 20

Contoh CV 21

Contoh CV 22

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV 23

Contoh CV 11

Contoh CV 24

Contoh cv lamaran kerja

Contoh CV 25


Demikianlah artikel mengenai contoh cv lamaran kerja . Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian.

Referensi:

23+ Contoh CV Untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik (LENGKAP)