4 Cara Jitu Dapat Duit dari TikTok, Raup Jutaan Rupiah

Dapat Duit dari TikTok
(Sumber gambar: Pixabay)

Mau dapat duit dari TikTok? Kami telah merangkum beberapa cara bagi Anda pengguna yang memang ingin serius mendapatkan penghasilan dari media sosial berbagi video pendek itu.

Seperti diketahui, saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia, bahkan di dunia. Melalui media sosial yang dimiliki oleh ByteDance ini, pengguna bisa berbagi berbagai macam video pendek yang kreatif.

Biasanya, pengguna membagikan video joget mengikuti irama musik yang tersedia di TikTok. Lalu, ada juga yang membagikan video special effect, video hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, video sulap, video atraksi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Beberapa Tips Bermain TikTok Biar Videomu Viral

Tak heran, kini TikTok menjadi platform berbagi video yang digandrungi. Pasalnya, video yang dibuat pengguna pun bermacam-macam jenisnya dan sering membuat kita berdecak kagum saat melihatnya.

Bagi Anda yang berniat atau bahkan kini tengah serius berkreasi di TikTok, ada beberapa langkah dan cara agar Anda pada akhirnya bisa dapat duit dari TikTok. Tentu saja, cara-cara ini tak bisa membuat Anda berhasil secara instan. Anda harus konsisten dan tekun dalam menjalaninya.

Dihimpun resumecheap.com dari artikel Forbes.com berjudul 5 Ways People Can Make Serious Money On TikTok, berikut adalah langkah-langkah dan cara dapat duit dari TikTok:

dapat duit dari TikTok
(Sumber gambar: Pixabay)

Langkah-langkah awal

Langkah pertama: bangun brand

Inilah yang mesti Anda tentukan dari awal, bahkan sebelum benar-benar membuat akun di TikTok. Anda harus menentukan siapa diri Anda, dan siapa yang akan menyukai produk Anda atau siapa target market-nya.

Jika diterjemahkan ke dalam TikTok, artinya Anda harus menentukan menentukan tipe video apa yang harus Anda buat secara konsisten. Apakah Anda akan membuat video yang menghibur dan lucu? atau membuat video romantis? video cover lagu?

Anda harus menentukan kesan bagaimana pengguna lain dan perusahaan yang membutuhkan jasa seorang influencer begitu melihat akun Anda. Jika masih bingung, Anda bisa mempelajari bagaimana cara membangun brand, khususnya personal brand. Anda dapat belajar melalui buku, video, atau podcast yang saat ini sudah banyak tersedia dan mudah diakses.

Baca Juga  5 Cara Internet Gratis Tanpa Kuota Terbukti 100% Berhasil

Baca juga: Cara Berkirim Pesan (DM) Instagram ke Teman Facebook Anda

Langkah kedua: buat video yang akan ditonton pengguna lain

Anda harus membuat video yang banyak disukai orang-orang. Namun ingat, tetap ikuti batasan norma dan hukum yang berlaku. Jangan sampai justru video Anda viral lantaran isinya negatif dan kontroversi.

Ingat, jangan juga jadi pengguna yang mengunggah ulang video milik orang lain, atau video yang entah siapa perekamnya yang sedang viral di media sosial. Anda harus membuat karya video sendiri.

Agar banyak ditonton pengguna lain, video Anda harus fresh, menarik, unik, dan update. Jadi, tetap pantau juga apa yang sedang tren setiap harinya.

Langkah ketiga: dapatkan banyak followers

Inilah langkah yang paling penting dari semuanya. Rasanya percuma jika Anda sudah punya banyak video, namun jumlah pengikut atau followers-nya masih sedikit.

Untuk menarik banyak followers, Anda harus memahami siapa target market Anda. Selain itu, upload atau unggahlah video yang berkualitas. Bila perlu, Anda bisa upload beberapa video dalam satu hari.

Sebaiknya, jangan menggunakan jasa penambah followers. Alangkah lebih baik jika followers didapatkan secara alami dan organik.

(Sumber gambar: Pixabay)

Cara dapat duit dari TikTok

Jika Anda sudah menjalankan langkah-langkah itu, dan pada akhirnya sukses membangun personal branding dan mendapatkan followers banyak, barulah memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan dari Tiktok. Ini cara-caranya:

Influencer marketing

Cara ini sudah lazim digunakan di media sosial lain selain TikTok. Secara sederhana, perusahaan atau brand akan menggunakan jasa influencer atau pengguna di media sosial yang sudah punya banyak followers untuk mempromosikan produk, jasa, atau campaign yang sedang dijalankan dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Biasanya, perusahaan atau brand akan bekerja sama dengan influencer yang target market-nya sama. Jika Anda sudah punya followers banyak dan sudah punya personal branding kuat, tak ada salahnya untuk menawarkan diri ke perusahaan atau brand yang sekiranya sesuai dengan target market Anda.

Contoh brand yang bekerja sama dengan influencer: Mucinex.

Sponsored content post

Apabila sudah berkomunikasi dengan brand atau perusahaan, Anda bisa negosiasi jasa yang ditawarkan. Satu di antaranya tentu saja sponsored content post. Anda dapat dibayar per satu postingan.

Jadi, jangan lupa siapkan rate card Anda. Pastikan harga yang Anda tawarkan untuk sekali posting juga sesuai, tak kemahalan dan tak kemurahan.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Cuma Rp 10

Namun, tak ada salahnya jika Anda mematok harga lebih murah untuk usaha-usaha kecil yang tengah dirintis. Hal itu dilakukan hitung-hitung beramal membantu usaha kecil itu berkembang.

Contoh influencer yang berhasil: Loren Gray. Ia mendapatkan 2.6 juta dollar tahun lalu dengan jumlah followers sampai 45 juta.

Baca juga: Cara Buat Foto 3×3 Instagram Feed Jadi Bagus dan Estetis

Jualan merchandise atau produk sendiri

Anda juga bisa berjualan merchandise melalui akun TikTok Anda. Merchandise bisa berupa berbagai macam barang yang bisa dikoleksi, seperti kaus, topi, sepatu, mug, totebag, dan masih banyak lagi. Jangan lupa buat desain yang menunjukkan diri Anda di merchandise tersebut

Selain membuat merchandise, Anda juga bisa membuat produk sendiri. Produknya bisa bermacam-macam, sesuaikan saja dengan personal branding yang dibangun. Yang paling umum tentu saja membuat brand fashion atau clothing line.

Jika tak memahami bagaimana memulai untuk membuat produk brand sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan rekan yang lebih paham dan jago soal bisnis. Jangan lupa untuk buat kesepakatan yang jelas di awal.

Contoh produk yang dimiliki oleh influencer: Item Beauty oleh Addison Rae.

Luncurkan lagu atau video klip sendiri

Cara ini cocok jika Anda adalah influncer yang terkenal lantaran cover lagu di TikTok. Tentu saja Anda tak ingin selamanya dikenal sebagai influencer yang hanya meng-cover lagu orang. Jadi, tak ada salahnya untuk meluncurkan lagu sendiri.

Anda bisa meluncurkan lagu ciptaan sendiri atau juga bekerja sama dengan pencipta lagu. Nantinya, lagu tersebut dapat diluncurkan di platform digital seperti Spotify, Joox, dsb. Sementara itu, video klipnya bisa diunggah ke YouTube.

Nah, itulah pemaparan singkat mengenai cara dapat duit dari TikTok. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, Anda harus tekun dan konsisten menjalaninya. Jangan lupa juga untuk terus belajar, baik itu dari buku, video, podcast, kelas online, dan lain sebagainya.

Semoga sukses!

4 Cara Jitu Dapat Duit dari TikTok, Raup Jutaan Rupiah