7 Cara Cek Nomor Indosat Terbaru 2021, Gampang!

Terahir Di Perbaharui Januari 9, 2021 by

Info dan tutorial untuk cek nomor Indosat 2021 ternyata masih sangat dibutuhkan saat ini. Mungkin karena Indosat merupakan salah satu provider penyedia jaringan telepon dan internet terlaris di Indonesia. Penggunanya tersebar dari daerah perkotaan modern hingga pelosok negeri. Provider ini juga mengklain bahwa jaringannya sudah meluas hampir di seluruh Indonesia.

Indosat digunakan oleh hampir semua lapisan masyarakat. Mulai dari konglomerat, pejabat, hingga orang melarat. Maaf, hampir semua orang saat ini membutuhkan kartu dengan nomor untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sebagian besar dari mereka memilih Indosat karena jaringan yang tersedia, atau tarif untuk berbagai kebutuhan yang terjangkau.

Alasan Kenapa Kita Mengecek Nomor Indosat

Lalu mengapa perlu untuk mengetahui cara cek nomor kartu Indosat sewaktu-waktu,termasuk jika nomor Indosat tersebut sudah diketahui sejak lama? Ada beragam alasan orang membutuhkan cara untuk mengecek nomornya sendiri. Pertama adalah lupa. Karena lupa adalah sifat dasar manusia yang sulit dihindari, lupa menjadi kebiasaan yang butuh solusi.

Orang yang lupa dengan nomornya sendiri akan kesulitan untuk mengisi pulsa dan akan kehabisan masa aktif. Ini akan beraibat pada hangusnya nomor tersebut dan akan ditarik dari peredaran.Orang yang menghubungi nomor tersebut akan kehilangan jejak. Beberapa bulan kemudian nomor itu dijual kembali di kartu baru oleh Indosat dan berganti pemilik.

Alasan kedua adalah karena butuh. Pemilik butuh untuk mengetahui nomor yang sedang diapakai. Sedangkan orang lain yang membutuhkan nomornya tidak bisa menghubungi tanpa mengetahui nomor tujuan.seperti orang menulis surat tanpa mengetahui alamat tujuan bagaimana mungkin surat itu akan sampai ke penerima dengan benar? Sementara pemilik tidak tahu nomornya.

Adakah kemungkinan ketiga mengapa orang perlu melakukan cek no Indosat? Ya, bisa jadi orang harus mengecek nomor sebelum dihanguskan atau dihapus dari database. Agar nanti ketika mendaftar lagi, NIK yang dipakai untuk nomor tersebut tidak penuh kuotanya.

Maka sebelum Anda menonaktifkan kartu SIM, sebaiknya periksa kembali apakah nomor tersebut terdaftar menggunakan NIK siapa. Karena satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan 3 nomor SIM untuk 1 provider. Memang cukup banyak jika dibandingkan dengan adanya beragam provider di tanah air. Namun kalau berganti nomor menjadi kebiasaan, bisa bahaya.

Saat lupa nomor kemudian tidak di-unreg dan langsung ganti nomor, maka NIK masih terdaftar sebagai pemilik nomor tersebut. Kemudian pemilik berganti kartu dan mendaftar kembali menggunakan NIK yang sama. Akhirnya kuota NIK berkurang padahal nomor SIM yang hangus tidak lagi dipakai.

Maka untuk para pengguna nomor Indosat, biasakan untuk cek nomor Indosat atau minimal menghafalnya. Hindari untuk terlalu sering berganti kartu, apalagi hanya untuk keperluan internet saja. Atau alternatif lainnya adalah dengan mencatat setiap nomor yang sedang digunakan. Sehingga ketika membutuhkannya sudah tidak bingung lagi.

Cara Cek Nomor Indosat Terbaru 2021

Masalahnya, tidak semua orang bisa serajin itu untuk mencatat nomor Indosat yang baru dibelinya. Maka untuk melakukan cek nomor kartu Indosat, tersedia beragam cara. Mulai dengan menggunakan cara manual hingga cara otomatis. Beberapa alternatif cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Dengan Dial Up

1. Dengan Dial Up

Untuk cara melakukan cek nomor Indosat melalui dial-up, Anda bisa masuk ke menu panggilan atau telepon. Provider Indosat menyediakan angka yang bisa dihubungi untuk Anda mengecek nomor sendiri yang sedang dipakai. Ini untuk memudahkan bagi Anda yang tidak menggunakan smartphone. Dengan kata lain, cara ini bisa digunakan di HP yang model lama.

Baca Juga  2 Cara Root Vivo Y53 Tanpa PC (UPDATE)

Handphone model lama yang belum dilengkapi fasilitas internet masih banyak digunakan saat ini. Terutama untuk orang-orang yang gaptek atau gagap teknologi. Para lansia atau orang-orang yang tidak ingin bersentuhan dengan internet. Bisa juga digunakan sebagai gawai alternatif ketika smartphone tidak ingin digunakan sementara masih butuh berkomunikasi.

Cek nomor Indosat ooredoo ada di menu panggilan telepon, Anda bisa mengetikkan *123*30# kemudian tekan OK/panggil. Setelah itu akan muncul menu untuk cek nomor sendiri.

Alternatif angka panggilan lainnya adalah dengan menghubungi *123*7*2*1# kemudian tekan OK/Yess/Call/Pangggil. Sebuah pop pesan akan muncul berisi nomor Anda.

Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk menghubungi *888*1*1#. Ketiga cara ini bisa digunakan untuk mengecek nomor kartu dari provider Indosat.

Silakan dicoba salah satu atau ketiganya. Tanda * dan # harus digunakan agar pesan terbaca sebagai perintah, bukan untuk menghubungi kontak lain.

Baca Juga:

2. Menggunakan USSD Modem

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk cek nomor kartu Indosat ooredoo. Yaitu dengan menggunakan USSD modem. Dengan cara ini, Anda tidak membutuhkan gawai untuk mengecek nomor. Tidak juga harus memindahkan kartu yang dipakai dalam modem ke gawai. Karena modem memiliki menu USSD untuk emngecek nomor, bahkan pulsa yang tersisa di dalamnya.

Cara untuk cek nomor Indosat, pertama adalah dengan mengaktifkan modem melalui PC atau laptop. Anda bisa memasang kabel data atau langsung menghubungkan modem melalui saluran USB. Pastikan modem aktif dan bisa dibuka aplikasinya melalui layar laptop atau PC.

Pada menu utama modem, ada menu USSD. Pastikan layar aplikasi modem terbuka sempurna untuk menemukannya. Pastikan juga jaringan modem tersebut aman dan cukup stabil. Jika tidak, Anda bisa berpindah ke tempat dengan sinyal yang stabil. Atau gunakan fasilitas tethering dari smartphone dan sambungkan ke laptop.

Pada kolom menu USSD, ketikkan *123*30# kemudian pilih kirim. Menu ini sebenarnya mirip penggunaannya dengan sistem dial up. Hanya layar yang digunakan adalah layar komputer atau laptop. Dengan kata lain, menu ini juga bisa digunakan untuk menelepon menggunakan pulsa telepon dari kartu yang dipasang pada modem.

Setelah dikirim, jika jaringan internet cukup bagus maka akan muncul informasi lengkap mengenai kartu tersebut. Baik nomor, sisa pulsa, hingga masa aktif. Sayangnya, saat ini modem sudah semakin jarang digunakan. Orang memilih membuka internet menggunakan gawai yang bisa dibawa kemanapun sesuai kebutuhan. Atau menggunakan fasilitas WiFi.

3. Melalui Aplikasi MyIM3

3. Melalui Aplikasi MyIM3

Selain cara manual si atas, cek nomor Indosat juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi MyIM3. Karena semua nomor indosat yang baru saat ini hanya ada IM3, sepertinya sudah tidak ada produk nomor Mentari. Jika menggunakan cara ini, Anda harus menggunakan smartphone yang sudah diinstal aplikasi MyIM3.

Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, silakan cari di Play Store atau iOs dan pasang gratis di gawai. Aplikasi MyIM3 juga bisa diunduh melalui situs resmi Indosat di indosatooredo. Untuk gawai sistem android atau iPhone, mungkin lebih praktis mengunduhnya langsung dari penyedia aplikasi. Jika sudah terpasang sempurna, silakan buka dan cek nomor Indosat bisa dimulai.

Pertama dengan membuka menu utama di MyIM3, lakukan pendaftaran menggunakan identitas yang dibutuhkan dan login setelah pendaftan selesai. Di dalamnya ada menu cek nomor, pulsa, paket internet, dan berbagai promo yangs edang berlangsung. Anda bisa memilih untuk cek nomor jika membutuhkan.

Baca Juga  20 Situs Download Torrent Terbaik (UPDATE 2019)

Sayangnya, cara ini bisa jadi gagal jika ketika login atau registrasi harus memasukkan nomor Indosat yang ingin dicek. Karena bagaimana mungkin bis amengecek nomor yang sedang lupa dan tidak memiliki datanya sama sekali? Namun jika tidak membutuhkan nomor yang dimaksud, login bisa berjalan lancar sebagaimana biasa.

4. Tanya ke Customer Care di Gerai Indosat

4. Tanya ke Customer Care di Gerai Indosat

Cara cek nomor Indosat di gerai Indosat adalah cara paling mudah untuk mendeteksi nomor. Terutama untuk nomor yang belum habis masa aktif dan tenggangnya. Karena jika terlanjur, maka percuma setelah dicek pun tidak lagi bisa digunakan. Oleh customer service yang sedang bertugas, selain nomor identitas lain yang digunakan dalam kartu juga bisa dicek.

Anda hanya perlu membawa kartunya ke gerai Indosat. Kemudian petugas akan meminta kartu identitas yang digunakan saat mendaftarkan kartu tersebut sebelum digunakan. Jika datanya cocok, maka informasi bisa diperoleh dengan lengkap. Namun jika tidak, petugas tidak akan memberikan informasi kartu tersebut.

5. Situs Resmi Indosat

Anda tidak bisa melakukan cek nomor Indosat di situs resmi Indosat. Karena setiap layanan yang berhubungan dengan identitas nomor atau kartu harus menyertakan nomor handphone yang digunakan. Untuk itu Anda bisa memesan nomor antrian sebelum pergi ke gerai dari situs ini. Dengan begitu Anda tidak perlu antre ketika sampai di gerai.

Di situs resmi Indosat tidak ada menu cek nomor sendiri. Menu ini dirancang sesuai prinsip kerahasiaan data pengguna. Untuk itu para pengguna harus bisa menyimpan nomor yang digunakannya dengan hati-hati. Jika butuh bantuan CS untuk mengecek nomor, Anda bisa mendatangi gerai terdekat dengan membawa identitas yang masih berlaku sesuai pendaftaran.

6. Dengan SMS

Cara cek nomor Indosat paling praktis adalah dengan mengirim SMS kepada orang lain menggunakan kartu yang ingin dicek nomornya. Namun Anda hrus pastikan bahwa kartu yang ingin dicek tersebut dalam keadaan aktif dan masih memiliki pulsa. Karena jika tidak, cara ini akan gagal dilakukan. Tidak mungkin kartu yang dalam masa tenggang bisa mengirim pesan, kan?

Alternatif cara jika ingin menggunakan SMS sementara tidak ada pulsa yang tersisa, adalah dengan mengisinya melalui kode voucher. Anda bisa pergi ke counter yang menjual voucher pulsa dan mengisinya sesuai petunjuk yang tertera. Kemudian dari pulsa dan nomor yang sudah aktif tersebut bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat ke nomor lain.

Baca Juga:

7. Telpon Orang Terdekat

Anggaplah cara ini jauh lebih praktis dari semua cara di atas  untuk mengecek nomor. Tinggal menelpon salah satu kontak yang terdekat dengan Anda, nomor kartu tersebut akan muncul di layar kontak tujuan. Caranya kurang lebih sama seperti mengecek nomor Indosat menggunakan SMS. Masalahnya adalah jika nomor yang ingin dicek sudah tidak aktif.

Jika tanpa pulsa, masih bisa diisi menggunakan voucher. Namun jika sudah tidak aktif, ya memang harus diaktifkan dengan mengisinya pulsa kembali. Meskipun misalnya masih ada sisa pulsa jika sudah tidak aktif tidak bisa digunakan. Cobalah untuk menghubungi orang lain dan nomor kartu tersebut akan mudah didapatkan.

Demikian ulasan detil cara cek nomor kartu Indosat ooredoo 2021 baik untuk kartu yang ada di gawai atau dipasang di modem. Annda bisa menggunakan berbagai cara tersebut dan memiihnya yang paling mudah. Yang lebih penting lagi adalah, jangan mudah melupakan nomor dengan menyimpannya pada kontak atau file khusus.

7 Cara Cek Nomor Indosat Terbaru 2021, Gampang!