7 Ciri-Ciri Negara Demokrasi [PENJELASAN LENGKAP]

ciri ciri negara demokrasi
ilustrasi oleh dribbble.com

Ciri-ciri negara demokrasi adalah (1) Adanya kebebasan dan kemerdekaan individu, (2) Adanya jaminan terhadap hak asasi manusia, (3) Kebebasan pers dan media dan selengkapnya dalam artikel ini.

Sistem pemerintahan demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang berkedaulatan rakyat. Banyak negara yang menganut sistem demokrasi salah satunya yaitu Indonesia. Demokrasi ini mempunyai unsur-unsur dan ciri ciri yang utama. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Demokrasi ini melibatkan rakyat dalam setiap aspek bernegara dan pemerintahan. Rakyat berperan penting dalam pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden. Selain itu, setiap warga negara telah dijamin haknya dalam kesamaan tanpa membeda-bedakan.

Tujuan demokrasi yaitu untuk memberi kebebasan dalam berpendapat, menciptakan keamanan bersama serta mendorong masyarakat supaya lebih aktif dalam dunia politik dan pemerintahan. Kekuasaan pemerintah juga akan terbatas sehingga tidak menimbulkan pemerintahan yang otoriter atau sewenang-wenangnya sendiri.

Ciri-ciri negara demokrasi

Ada 7 ciri yang terdapat pada suatu negara dengan sistem demokrasi. Berikut penjelasan ciri-ciri negara demokrasi lebih jelasnya.

1. Adanya Kebebasan dan Kemerdekaan Individu

Setiap warga negara memiliki kemerdekaan dan kebebasan individu. Artinya tiap warga negara bebas dan tidak terikat serta berhak melakukan apa saja selama sesuai dengan norma dan aturan hukum yang berlaku.

Tiap warga juga memiliki hak dan kewajiban termasuk hak mengemukakan pendapat.

2. Adanya Jaminan Terhadap Hak Asasi Manusia

Salah satu ciri dari negara yang menganut sistem demokrasi yaitu mempunyai jaminan terhadap

Setiap warga negara yang menganut sistem demokrasi akan mendapat hak maupun kewajiban yang setara sebagai warga negara. Dengan begitu, tidak akan terjadi diskriminasi antara warga negara.

Berikut beberapa jaminan yang diberikan oleh negara terkait urusan Hak Asasi Manusia (HAM) di antaranya yaitu:

  • Hak hidup.
  • Hak mengembangkan diri.
  • Hak hukum, memperoleh pekerjaan, ha katas pemerintahan dan hak untuk mendapatkan status kewarganegaraan.
  • Hak untuk melakukan komunikasi serta memperoleh informasi.
  • Hak untuk beragama menyesuaikan dengan kepercayaan dan keyakinan tiap individu.
  • Hak untuk memperoleh perlindungan pribadi maupun keluarganya.
  • Hak atas adanya kesejahteraan lahir dan batin.
  • Hak adanya identitas budaya.
  • Hak untuk dapat bebas dari tindakan dikriminatif.
  • Hak atas masyarakat yang bersifat
  • Hak guna pemenuhan atau tidak bisa dikurangi hak asasi manusia dalam suatu keadaan apapun.
Baca Juga  Mollusca: Ciri, Struktur, Sistem, Reproduksi, Klasifikasi

3. Kebebasan Pers dan Media

Ciri-ciri negara demokrasi selanjutnya yaitu adanya kebebasan pers dan media. Dalam hal ini pers media mempunyai hak untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dengan aturan yang sudah diterapkan.

Meski demikian, pers tidak boleh menyebarluaskan informasi yang bersifat sara, tidak bertuan bahkansekalipun. Pers harus menyebarluaskan informasi yang objektif dan berdasarkan fakta.

Ciri demokrasi ini merupakan faktor penting untuk membedakan negara demokrasi dengan negara yang menganut sistem pemerintahan lainnya. Pers dan media memiliki kebebasan untuk menyampaikan berita selama masih berada dalam norma dan aturan hukum yang berlaku.

4. Adanya Kebebasan Untuk Mengenyam Bangku Pendidikan

Ciri demokrasi ini artinya setiap warga negara bebas untuk merasakan pendidikan setinggi mungkin tanpa adanya batasan.

Setiap individu pun diberikan kebebasan untuk menuntut ilmu bahkan sampai ke luar negeri.

5. Terdapat Pemerintahan Yang Nyata di Tangan Rakyat

Ciri-ciri negara demokrasi berikutnya yaitu pemerintahan yang nyata sesungguhnya berada di tangan rakyat.

Demokrasi sering diartikan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Suatu negara demokrasi memiliki kekuasaan tertinggi di tangan rakyat.

Artinya pemerintahan juga harus memperetimbangkan aspirasi rakyat dalam membuat suatu kebijakan. Ada juga (dewan perwakilan rakyat) sebagai lembaga perwakilan rakyat di parlemen.

6. Adanya Mayoritas Suara Terbanyak Yang Akan Menjadi Keputusan

Pada negara yang menganut sistem demokrasi, mayoritas suara terbanyak tentu saja akan menjadi keputusan. Seperti halnya pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia tahun ini.

Jokowi berhasil terpilih kembali dengan suara terbanyak sebagai presiden Indonesia bersama KH. Ma’ruf Amin sebagai wakilnya.

7. Adanya Kebebasan Untuk Berorganisasi dan Berkoloni

Ciri-ciri berikutnya yaitu adanya kebebasan untuk berorganisasi dan berkoloni. Seperti halnya dalam turut serta untuk terjun ke dunia politik.

Setiap warga negara punya hak menjadi kader dari partai politik. Informasi terkait negara demokrasi tersebut, sekiranya dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk kalian yang khususnya sedang mempelajari terkait demokrasi.

Nah itulah informasi pemerintahan mengenai ciri negara demokrasi lengkap beserta penjelasannya. Sebagai warga negara mari senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan cara menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban kamu sebagai warga negara yang baik.

7 Ciri-Ciri Negara Demokrasi [PENJELASAN LENGKAP]