7 Manfaat Penting Software HR Untuk Departemen HR

7 Manfaat Penting Software HR Untuk Departemen HR

Tugas dan tanggung jawab departemen HR untuk perusahaan sangatlah banyak, mulai dari melaksanakan rekrutmen, penilaian kinerja karyawan, melakukan survey kepada karyawan, dan sebagainya. Hal ini membuat HRD harus benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline

Oleh karenanya, sudah banyak perusahaan yang menyadari bahwa tugas HRD begitu banyak dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan. Penggunaan Software HR bukanlah untuk menggantikan peranan staf HRD, melainkan untuk melengkapi dan membantu kinerja HRD agar lebih cepat dan tepat. 

Selain itu, apa lagi manfaat dari Software HR untuk HRD? 

1. Otomatisasi Penggajian

Setiap bulannya perusahaan akan menangani penggajian untuk banyak karyawan. Komponen dalam gaji karyawan sendiri begitu banyak, mulai dari iuran BPJS Kesehatan, pajak penghasilan, tunjangan, dan sebagainya. Komponen ini sering kali tertukar satu sama lain dan membuat perhitungan gaji tidak akurat. Tidak hanya itu, jumlah karyawan yang cukup banyak membuat HR sering kewalahan setiap masa penggajian tiba. 

Software HR dapat mengotomatisasi penggajian menjadi lebih cepat. Sehingga HRD tidak butuh waktu lama untuk memproses gaji semua karyawan. Begitu gaji selesai dihitung, saat itu juga gaji karyawan akan dikirimkan ke rekening karyawan. 

2. Menilai Kinerja Karyawan Secara Serentak

Penilaian kinerja karyawan adalah hal lain yang tidak kalah penting dalam pengelolaan sumber daya manusia. Melalui penilaian kinerja, baik pihak manajemen, HR, dan karyawan dapat saling memahami kinerja yang telah mereka lakukan kemudian melakukan perbaikan untuk kinerja tersebut. Perbaikan yang berkelanjutan akan membawa kualitas kinerja yang lebih unggul, dan pada akhirnya akan membantu perusahaan dalam mencapai visi misi. 

3. Menyimpan Informasi dengan Aman

Informasi karyawan bersifat konfidensial. Dalam hal ini, HR dan perusahaan harus memahami bahwa segala penyalahgunaan dan manipulasi informasi karyawan akan merugikan baik itu untuk pihak karyawan maupun perusahaan. Untuk mengatasinya, Software HR memiliki sistem keamanan yang kuat dan mampu menyimpan informasi karyawan dengan aman dan rahasia. Semua dilakukan dalam satu sistem terpusat. 

Contoh Software HR yang terbukti mampu menyimpan informasi karyawan dengan aman dan rahasia adalah LinovHR. Hal ini merupakan pembuktian komitmen dari LinovHR untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data serta informasi milik client

4. Menyederhanakan Administrasi 

Berbagai proses administrasi seperti approval cuti, pengajuan lembur, pencairan reimbursement biasanya memakan waktu cukup lama dikarenakan tidak tersedianya sistem yang memadai untuk menjalankan proses tersebut. Namun, berkat adanya software dalam pengelolaan SDM, HRD dapat menyederhanakan berbagai proses administrasi dengan mudah dan cepat. Karyawan pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menerima pencairan dana dan approval dari HR. 

Baca Juga: Tips Melakukan Background Check Karyawan

5. Membantu Pengadaan Survey Karyawan

Engagement atau keterlibatan karyawan dalam perusahaan akan berpengaruh kepada kinerja karyawan. Maka dari itulah perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan engagement karyawan. Salah satunya melalui survey karyawan. Akan tetapi, mengadakan survey karyawan untuk seluruh karyawan dalam perusahaan memakan waktu yang agak lama. Apalagi jika jumlah karyawan dalam suatu perusahaan sangat banyak. 

Software HR akan membantu divisi HR untuk menyelenggarakan survey karyawan secara serentak. Begitu survey diisi oleh karyawan, data, dan informasi akan masuk ke dalam sistem. HR cukup tinggal mengolah dan menganalisis data yang sudah direkam oleh sistem. Jadi, lebih hemat waktu dan efisien. 

6. Memantau Absensi Lebih Detail

Absensi karyawan biasanya akan mencerminkan apakah karyawan dalam suatu perusahaan cukup disiplin atau tidak. Semakin sering karyawan datang terlambat, berarti karyawan itu bisa dikatakan tidak disiplin. Sayangnya, HR tidak bisa selalu bersiap untuk mengawasi absensi karyawan jika masih mengandalkan absensi manual. 

Namun, dengan menggunakan absensi yang berbasis software, HR dapat memantau segala data kehadiran karyawan secara real time. Maka dari itu pula tingkat ketidakdisiplinan karyawan bisa terminimalisir. 

7. Paperless

Manfaat terakhir yang bisa perusahaan Anda rasakan dari menggunakan Software HR adalah paperless. Karena paperless, Anda tidak perlu lagi menangani dokumen kertas yang menggunung dan merepotkan. Tidak ada lagi tumpukan arsip di lemari dokumen! Tentu saja hal ini akan memudahkan kinerja divisi HR. 

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat soal manfaat Software HR untuk divisi HR. Implementasi software diharapkan mampu melengkapi peranan HR, sehingga akan terbentuk kualitas karyawan yang unggul dan baik berkat maksimalnya kinerja HR. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

7 Manfaat Penting Software HR Untuk Departemen HR

Baca Juga  Cara Menyusun Shift Kerja yang Ideal Berdasarkan Aturan