9+ Contoh Artikel Populer Yang Bagus Di Sukai Banyak Orang

Contoh Artikel Populer – Membaca artikel dapat memberikan wawasan yang luas bagi pembacanya, sama halnya dengan membaca buku, namun dalam versi singkatnya. Contoh artikel populer bisa menjadi referensi bagi Anda saat bingung harus menentukan sebuah bacaan. Di dalamnya ada banyak topik terkini yang pastinya tidak akan membuat Anda ketinggalan informasi.

Artikel sendiri bukanlah sebuah tulisan tanpa aturan, ada beberapa kaidah yang perlu diterapkan agar menghasilkan sebuah “karya tulisan” yang layak baca. Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami aturan dasar penulisan artikel. Selain sumbernya harus valid, gaya bahasa yang digunakan pun harus enak dibaca. Berikut beberapa contoh artikel populer dengan berbagai topik:

Contoh Artikel Populer tentang Motivasi

Contoh Artikel Populer tentang Motivasi

Artikel motivasi berisi tentang kalimat-kalimat yang mendorong pembacanya untuk bergerak lebih maju lagi. Entah itu bergerak dari rasa putus asa, sedih, terpuruk, sakit, tidak percaya diri, dan lain-lain. Berikut adalah contoh artikel dengan topik “motivasi”:

Belenggu Mental

Belenggu merupakan suatu ikatan yang menghambat seseorang atau sesuatu untuk maju, bentuknya bisa terlihat maupun tidak. Contohnya saat kamu melihat seekor anjing yang diikat lehernya, maka anjing itu tidak bisa berlari jauh karena tali itu menghambatnya, itulah yang dinamakan belenggu. Lalu bagaimana dengan belenggu yang tidak terlihat?

Ada banyak sekali makna di balik belenggu yang tidak terlihat, ketika seseorang tidak bisa pergi atau berkembang lebih maju karena ada sesuatu yang menghambatnya, itulah belenggu tidak terlihat yang biasanya mengikat manusia. Jangan sampai kamu terikat oleh belenggu ini, karena akan ada banyak hal yang terlewatkan saat kamu hanya diam terbelenggu.

Salah satu belenggu yang bisa dikendalikan oleh diri sendiri adalah rasa takut, perasaan ini paling sering membuat seseorang tidak bisa berkembang, dan jangan-jangan kamu salah satunya? Coba lakukan evaluasi diri, apakah sampai saat ini banyak hal yang ingin dilakukan, namun masih belum dilakukan karena banyak hal? Hati-hati, bisa jadi kamu sedang ada dalam belenggu mental.

Meskipun tidak terlihat, tapi belenggu ini bisa membahayakan kehidupanmu. Bayangkan saja, ketika kamu ingin melakukan sesuatu tapi kamu belum juga memulai atau mencari cara untuk bisa mencapainya, karena rasa takut dan tidak percaya diri yang berlebihan. Perasaan seperti itu memang wajar dan pasti dirasakan oleh semua orang, namun jangan sampai hal itu membuatmu gagal.

Hanya diri sendiri yang dapat memutus belenggu mental, melalui evaluasi diri dan menjernihkan pikiran. Buatlah dirimu percaya pada diri sendiri, percaya bahwa kamu punya kemampuan untuk mencapai semua yang diinginkan. Lepaskan belenggu yang mengikatmu, berlarilah lebih jauh dan hilangkan segala ketakutan yang membuatmu hanya duduk terdiam di tempat.

Jika kamu merasa perlu orang lain, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang di sekitarmu untuk melepaskan “belenggu” itu. Entah dengan cara mengobrol soal masa depan, berbagi motivasi, saling mendorong semangat, dan yang lainnya. Mau tidak mau, belenggu mental harus segera dimusnahkan demi masa depan yang gemilang.

Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah menjadi salah satu contoh artikel populer, karena memiliki banyak pembaca dan isinya selalu update. Selain itu, artikel jenis ini juga sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan banyak pengaruhnya untuk kehidupan sehari-hari, inilah salah satu contohnya:

Mengapa Bulan Ramadhan Identik dengan Kurma? Ini Jawabannya

Ramadhan menjadi bulan suci dan mulia bagi umat muslim, ada banyak hal istimewa di dalamnya yang tidak bisa dirasakan di bulan lainnya. Berpuasa menjadi salah satu keistimewaan di bulan ini, umat islam diwajibkan untuk menahan hawa nafsunya selama seharian penuh. Namun, ada satu hal lagi yang menarik, yaitu buah kurma yang menjadi buah identik Ramadhan. Mengapa begitu,ya?

Kurma menjadi salah satu makanan favorit untuk buka puasa maupun sahur, hingga saat ini sudah banyak sekali aneka makanan yang berbahan dasar kurma. Penjualan buah yang satu ini pun meningkat drastis saat Ramadhan tiba. Selain rasanya manis, ternyata kurma juga punya segudang manfaat untuk orang yang sedang berpuasa.

Menurut penelitian, kurma memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Terdiri dari kalori, karbohidrat, lemak rendah, serta serat tinggi tanpa kolesterol jahat di dalamnya. Tidak hanya itu, kandungan vitaminnya pun terdiri dari delapan macam dan memiliki mineral yang tinggi. Inilah alasan mengapa orang yang sahur dengan kurma dapat tetap bugar selama menjalankan puasanya.

Segudang manfaat kurma telah diungkap oleh para peneliti, sementara Al-Qur’an dan Injil sudah menjelaskannya jauh sebelum itu. Di dalam Al-qur’an, kata kurma diulang hingga 21 kali dan Injil menyebutkannya 51 kali. Hal ini sudah menjadi bukti yang cukup untuk menjelaskan bahwa buah kurma memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Nabi Muhammad SAW, telah menyarankan untuk memakan buah kurma dalam jumlah ganjil, seperti 3, 5, atau 7. Menurut hadits, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sihir pada hari tersebut. Bagaimana, menarik bukan beberapa fakta ilmiah mengenai buah kurma ini? Tidak hanya saat bulan Ramadhan, Anda pun bisa menjadikan konsumsi kurma sebagai kebiasaan sehat sehari-hari.

Contoh Artikel Populer Tentang Kesehatan

Contoh Artikel Populer Tentang Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diprioritaskan setiap orang, berbagai cara mudah mengenai kesehatan mental dan fisik akan selalu menjadi perhatian masyarakat. Maka dari itu, artikel mengenai kesehatan sangat populer, berikut contoh artikel tentang kesehatan mental:

Kelola Emosi Negatif dan Stress dengan Bijak

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing, entah itu masalah kecil ataupun besar misalnya mengenai percintaan, pekerjaan, atau bahkan keuangan. Semuanya memiliki cara penyelesaian berbeda-beda, dan tentunya tidak bisa dihindari. Menyelesaikan sebuah masalah memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun semua itu pasti ada solusinya.

Hal utama yang harus dilakukan ketika Anda sedang dihadapkan pada suatu masalah, yaitu menenangkan diri. Seringkali orang mengabaikan hal ini, padahal jiwa yang tenang dapat menghasilkan pikiran positif. Ketika masalah datang, tidak jarang orang menjadi stress, sehingga mengedepankan emosi negatif yang malah memperburuk situasi.

Pengelolaan emosi dan stress yang tidak tepat, akan menyebabkan masalah baru dalam kehidupan seseorang, seperti trauma atau penyakit yang mengganggu psikis orang tersebut. Maka dari itu, pengelolaan harus dilakukan dengan tepat, mulai dari menenangkan diri, mencari solusi, hingga penyelesaian masalah.

Misalnya ketika seseorang putus cinta, ia lalu menangis dan marah-marah hingga orang disekitarnya merasa terusik. Semakin hari ia semakin terpuruk karena belum bisa menerima kenyataan, kondisi seperti ini akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti insomnia, depresi, penyakit jantung, bahkan kanker karena gaya hidup tidak sehat.

Salah satu langkah untuk menenangkan diri, yaitu dengan mengungkapkan apa yang dia rasakan mulai dari bagaimana kondisinya saat ini, apa saja keinginan dia yang sebenarnya, bahkan setelah itu dia akan mengetahui solusi dari permasalahannya sendiri. Jika Anda ada di posisi seperti itu, pergilah mengobrol dengan orang terdekat atau menuliskannya dalam notes pribadi.

Baca Juga  Himpunan Matematika

Langkah tersebut merupakan tindakan tepat untuk mengelola emosi negatif dan stress, tentunya Anda pun akan terhindari dari penyakit serius. Jangan sampai Anda menghindari sebuah masalah, karena semakin dihindari maka akan semakin besar dan rumit.

Contoh Artikel Tentang Pendidikan

Contoh Artikel Tentang Pendidikan

Informasi mengenai dunia pendidikan menjadi salah satu artikel yang populer, karena banyak orang tertarik mengenai isu yang terjadi. Tidak hanya soal pendidikan formal di dalam kelas, pendidikan non-formal pun banyak diminati oleh pembaca. Berikut ini adalah contoh artikel mengenai pendidikan dalam dunia olahraga:

Persatuan Wujudkan Kemenangan

Satu tim sepak bola terdiri dari 11 orang pemain inti dan beberapa orang tim lain yang berada di luar lapangan, seperti pemain cadangan, pelatih, tim medis, dan suporter. Mereka adalah sebuah kesatuan, yang dapat saling membantu untuk menciptakan gol kemenangan. Meskipun yang nampak hanyalah para pemain inti saja, tetap saja para pemeran pendukung pun sangat diperlukan.

Misalnya saja, ketika para suporter malas untuk menyemangati secara langsung atau bahkan malah mencemooh timnya, tentu saja para pemain sepak bola tersebut semangatnya akan menurun atau bahkan tidak fokus. Keberadaan suporter memang terlihat sepele, namun jangan salah karena dukungan dan teriakan mereka di stadion dapat menambah energi para pemain di lapangan.

Tidak jarang ada pemain bola egois yang ingin mencetak gol sendiri agar namanya semakin terpandang, hal ini biasanya menjadi salah satu faktor kekalahan dalam tim. Koordinasi yang baik dalam sebuah kelompok sangat penting untuk dilakukan, pastikan jangan sampai ada salah satu anggota egois seperti itu.

Masing-masing anggota memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu mengharumkan nama tim mereka dengan menghasilkan kemenangan. Jika tidak ada kerjasama yang baik, maka kemenangan tersebut akan sulit dicapai. Biasanya pelatih atau kapten akan meluruskan hal-hal yang kurang sejalan, contohnya seperti pemain egois tadi.

Kekalahan yang terjadi atas penjajah terjadi karena tidak adanya koordinasi untuk melawan mereka, sehingga masing-masing menjadi terpecah belah. Dari sini dapat diambil kesimpulan, bahwa kesatuan dan persatuan sangatlah penting untuk mewujudkan kemenangan atau hidup yang lebih baik.

Contoh Artikel Populer Tentang Kebudayaan

Contoh Artikel Populer Tentang Kebudayaan

Budaya menjadi salah satu hal yang selalu menarik untuk diperbincangkan, terutama budaya di Indonesia yang sangat beraneka ragam. Mengenal budaya baru berarti mengenal cara dan pandangan hidup baru. Berikut contoh artikel tentang kebudayaan:

Batik Warisan Indonesia

 

Siapa tidak kenal batik? Warisan Indonesia yang kini sudah mulai mendunia karena memiliki nilai seni yang tinggi. Perkembangan batik dimulai pada masa kerajaan Majapahit, kemudian dilanjut oleh kerajaan-kerajaan setelahnya. Beberapa catatan sejarah mengatakan, bahwa pembatikan paling banyak dilakukan oleh kerajaan Mataram, Solo, dan Yogyakarta.

Setiap batik memiliki tema dan polanya masing-masing, zaman dulu hal ini menjadi penanda status sosial seseorang. Bahkan hingga kini beberapa tema batik tradisional masih digunakan oleh keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta. Corak dalam batik memiliki filosofi tertentu, sesuai dengan budaya daerah asalnya.

Keterampilan membatik ini menjadi salah satu mata pencaharian para perempuan Indonesia zaman dulu, karena memang pekerjaan ini khusus untuk perempuan. Setelah masa globalisasi, mulailah muncul batik cetak sebagai teknik membatik modern. Batik tulis tradisional bisa memakan waktu 2-3 bulan, sedangkan batik cetak hanya perlu 2-3 hari saja.

Kemudian batik yang tadinya hanya menjadi pakaian keluarga kerajaan, kini menjadi pakaian semua rakyat, baik perempuan maupun laki-laki. Perkembangan corak batik juga dipengaruhi oleh budaya asing, seperti Tionghoa yang mempengaruhi warna merah cerah serta motif burung phoenix. Padahal awalnya batik memiliki warna terbatas dan beberapa corak hanya boleh digunakan orang tertentu.

Corak bunga tulip dan beberapa benda asing seperti gedung dan kereta kuda dipengaruhi oleh Eropa, sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia. Tetapi batik tradisional masih mempertahankan coraknya, serta masih digunakan dalam upacara adat. Awalnya pakaian batik dapat digunakan sebagai baju resmi pengganti jas.

Setelah masa orde baru, baju batik juga dipakai sebagai pakaian resmi para pelajar di sekolah dan aparatur sipil negara. Kini pakaian batik bisa digunakan kapan saja dengan corak dan warna yang semakin beragam. Bahkan tidak sedikit warga asing ingin belajar cara membatik tradisional karena nilai estetika yang tinggi.

Contoh Artikel Tentang Ekonomi

Contoh Artikel Tentang Ekonomi

Contoh artikel populer selanjutnya yaitu tentang ekonomi, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masyarakat Indonesia masih berada dalam ekonomi rendah. Perkembangan ekonomi tentu menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Berikut ini contoh artikel dengan tema ekonomi:

Alasan di balik Meningkatnya Angka Pengangguran

Umumnya pengangguran diakibatkan karena lapangan kerja yang terbatas, sehingga tidak semua orang bisa mendapat pekerjaan. Pengangguran menjadi masalah penting dalam ekonomi negara, karena produktivitas dan pendapatan yang terbatas akan mengakibatkan masalah sosial lainnya, mulai dari perceraian dalam rumah tangga hingga tindak kriminal.

Persentase pengangguran dapat dihitung dari perbandingan jumlah pengangguran dan jumlah angkatan kerja. Tidak adanya pendapatan, menyebabkan para pengangguran harus membatasi jumlah konsumsi, hal ini menyebabkan menurunnya tingkat kesejahteraan dan kemakmuran. Pengangguran yang berlangsung lama dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Banyak sekali dampak negatif dari tingginya jumlah pengangguran, selain bagi diri sendiri juga bagi negara. Contohnya yaitu dapat menyebabkan kekacauan politik, keamanan sosial, bahkan hingga mengganggu pembangunan ekonomi negara. Efek jangka panjangnya yaitu menurunnya GNP serta pendapatan per kapita negara.

Beberapa negara berkembang seperti Indonesia, ada istilah “pengangguran terselubung” artinya sebuah pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh sedikit tenaga kerja, namun malah dikerjakan oleh banyak orang. Hal ini dilakukan untuk memanipulasi jumlah pengangguran dalam suatu negara, atau bisa juga karena beberapa pekerja tidak memenuhi kapasitas, sehingga hasil kerja tidak optimal.

Pemerintah tentu harus mengambil langkah serius untuk menanggapi masalah ini, salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu dengan mengadakan program pra-kerja bagi masyarakat pengangguran. Pemerintah memberikan sejumlah dana selama tiga bulan atau lebih, yang nantinya digunakan untuk menambah kualitas individu, sehingga dapat diterima bekerja.

Selain itu, beberapa orang pun mulai melakukan bisnis alih-alih kesulitan mencari pekerjaan. Langkah ini tentu menjadi cara paling efektif untuk menghasilkan pendapatan, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mulai membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Setiap individu dituntut untuk kreatif dan kompeten agar dapat memanfaatkan kesempatan yang ada di depan matanya.

Contoh Artikel Tentang Corona Virus

Contoh Artikel Tentang Corona Virus

Artikel mengenai virus corona menjadi salah satu contoh artikel populer, karena orang-orang ingin terus update informasi mengenai situasi pandemi ini. Termasuk jenis artikel berita, karena isinya harus selalu mengikuti situasi terkini untuk memberikan informasi kepada pembacanya. Berikut contoh artikelnya:

Mengenal Virus Covid-19 Lebih Dalam

Pada akhir tahun 2021 lalu, seluruh dunia digemparkan dengan adanya virus corona yang berpotensi mematikan. Diketahui bahwa virus ini berasal dari Wuhan, China, dan masuk ke Indonesia di awal tahun 2021. Kebiasaan masyarakat di sana yang sering memakan berbagai jenis hewan, hingga diperkirakan bahwa virus ini berasal dari kelelawar yang dikonsumsi mereka.

Corona adalah bagian dari keluarga besar virus yang menimbulkan penyakit pada hewan dan manusia. Penyakit ini menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan manusia, mulai dari flu hingga penyakit serius seperti MERS (Middle East Respiratory), dan sistem pernafasan akut. Virus ini kemudian diberi nama SARS-COV2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2).

Baca Juga  Materi Usaha dan Energi: Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Usaha

Pada tahun 2003, ditemukan virus serupa yaitu SARS yang diperkirakan penyebabnya sama dengan virus corona. Gejalanya pun hampir sama, hanya saja potensi kematiannya lebih tinggi yaitu 9,6% sedangkan covid-19 kurang dari 5%. Meski begitu, penyebaran covid lebih cepat dan lebih luas dibandingkan SARS. Hingga saat ini, semakin banyak orang yang terpapar covid di Indonesia.

Gejala umum yang terjadi pada penderita penyakit corona, yaitu dimulai dengan demam ≥380C, sesak nafas, batuk kering, dan tidak bisa mencium bau apapun dengan hidungnya. Seseorang yang mengalami gejala tersebut ditambah dengan riwayat perjalanan ke luar negeri, biasanya harus didiagnosis lebih lanjut dan statusnya akan berubah menjadi ODP (orang dalam pantauan).

Untuk mengetahui apakah orang tersebut terjangkit corona atau tidak, petugas medis akan melakukan swab test agar hasilnya lebih akurat. Swab test kini tidak hanya digunakan untuk orang-orang yang dicurigai tertular virus saja, namun juga menjadi syarat bagi orang yang akan bepergian ke luar negeri dan luar kota tindakan ini dilakukan untuk meminimalisir penularan virus.

Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai cara untuk menangani wabah virus ini. Mulai dari himbauan untuk berdiam diri di rumah, memindahkan pembelajaran di sekolah menjadi online, menghimbau untuk menggunakan masker saat di luar rumah, memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak, dan masih banyak lagi.

Contoh Artikel Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Contoh Artikel Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini menjadi pelajaran penting bagi para orangtua, maka dari itu artikel ini termasuk contoh artikel populer. Banyak pembelajaran yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak, dan hal itu tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Berikut contoh artikelnya:

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Pendidikan untuk anak usia dini adalah upaya yang dilakukan untuk membangun stimulasi anak, membimbing, mengasuh, serta berbagai kegiatan yang dapat menghasilkan keterampilan bagi anak. Titik fokus dari pendidikan ini yaitu perkembangan fisik dan kecerdasan, baik itu kecerdasan daya cipta, emosi, maupun spiritual.

Ada dua hal penting untuk membantu perkembangan optimal, yaitu nutrisi dan stimulasi. Nutrisi yang diberikan harus sesuai dengan tumbuh kembang anak, kolaborasi tepat antara keduanya dapat menciptakan anak-anak berprestasi. Di Indonesia sendiri, pendidikan anak usia dini mendapat perhatian khusus dengan adanya jenjang sekolah yang sesuai.

Ketika anak masih berusia 4 tahun, maka ia bisa dimasukkan ke sekolah TK (Taman Kanak-kanak), baik yang berbasis agama maupun umum. Artinya, sebagai tanggung jawab tumbuh kembang anak diserahkan pada guru TK. Namun tetap saja, kendali utama dalam pendidikan ada pada kedua orang tua, jangan sampai Anda menyerahkan pendidikan anak secara 100%.

Banyak kegagalan pendidikan kepribadian anak terjadi karena kurangnya pendidikan di rumah, yaitu pendidikan dari orangtua. Tidak hanya ibu yang berperan penting dalam hal ini, kerjasama antara ayah dan ibu akan menciptakan anak cerdas. Bagus atau tidaknya masa depan sang anak, tergantung pada kepribadian yang dimilikinya, kepribadian baik tentu harus diterapkan sejak dini.

Adapun sekolah PAUD (pendidikan anak usia dini), bisa dimulai ketika anak masih berusia 0-3 tahun, di sini anak akan lebih banyak diperkenalkan dengan kegiatan yang akan melatih perkembangan dan kecerdasannya. Anak memiliki periode emas, kesempatan seperti ini harus digunakan untuk mengoptimalkan pendidikan dan pembangunan karakternya.

Mulai dari perkembangan kepribadian, kognitif, sosial, dan psikomotor. Penelitian menunjukan, bahwa 50% kapabilitas orang dewasa telah dimiliki sejak mereka berusia 4 tahun. Artinya, perkembangan yang pesat terjadi saat anak usia dini hingga 18 tahun. Setelah lewat dari itu, perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Setiap orangtua memang harus memberikan yang terbaik kepada anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Merawat anak tidak hanya sekedar memberi makan dan mengajak jalan-jalan, namun pembangunan karakter dan kecerdasan juga perlu dilakukan. Hal ini memang tidak mudah, maka dari itu peran sekolah PAUD dan TK dapat membantu sebagian proses perkembangan anak.

Contoh Artikel Populer Tentang Bullying

Contoh Artikel Populer Tentang Bullying

Merisak atau bullying menjadi berita populer setiap tahunnya, karena tidak sedikit korban yang dirugikan secara mental maupun fisik. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi masyarakat, edukasi bagi pelaku bullying perlu ditindak secara khusus. Berikut contoh artikelnya:

Dampak Bullying bagi Pelaku dan Korban

Sekolah menjadi salah satu tempat terbanyak ditemukannya tindakan bullying, karena di sana terdapat berbagai macam karakter orang, mulai dari yang lemah hingga yang merasa paling berkuasa.

Tindakan bullying tentu sangat mempengaruhi kesehatan mental dari korban maupun pelakunya. Contohnya pengucilan, pemalakan, intimidasi, penindasan, bahkan kekerasan secara fisik.

Pelaku bullying akan menyerang korban secara verbal, sosial, dan fisik berulang kali hingga mendapatkan kepuasan tersendiri dari tindakan penyerangan tersebut. Bisa dilakukan secara berkelompok maupun individu, jika sudah menjurus pada kekerasan fisik maka harus mendapat tindakan lebih lanjut dari pihak berwajib.

Berikut adalah contoh tindakan bullying yang paling banyak dilakukan:

  1. Secara fisik : mendorong, meludahi, memukul, menendang, dan lain-lain.
  2. Secara verbal : menghina, membentak dengan kata-kata kasar, mencemooh.
  3. Secara sosial : mengabaikan, mengucilkan, mengintimidasi, dan lain-lain.

Dampak bullying tentu sangat banyak, bahkan dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Sebenarnya bullying tidak hanya terjadi di sekolah, bisa juga di kantor yang dikelilingi oleh orang-orang dewasa. Tindakan menyimpang yang mempengaruhi penurunan kesehatan mental korban, itulah yang dinamakan bullying. Berikut adalah uraian dampak bullying bagi korban dan pelaku:

Dampak bagi korban:

Korban yang mengalami bullying akan menjadi pribadi yang cemas, mudah takut, bahkan sulit konsentrasi ketika belajar, hingga akhirnya menghindari sekolah karena terlalu banyak hal yang dikhawatirkan.

Bila terjadi pada remaja, mereka akan rentan terhadap stress dan depresi di usia muda. Tidak menutup kemungkinan untuk melakukan tindakan bunuh diri karena bullying berkepanjangan.

Dampak bagi pelaku:

Umumnya para pelaku bullying punya tingkat kepercayaan diri tinggi serta merasa punya harga diri yang tinggi pula. Mereka biasanya bersifat agresif dan selalu pro terhadap hal negatif, seperti kekerasan dan kemarahan. Pelaku bullying memiliki mental yang haus akan mendominasi suatu hal, mereka juga kurang berempati terhadap orang lain.

Dampak bagi para pelaku bullying yaitu merasa dirinya kuat dan disukai oleh banyak orang ketika berhasil mendominasi sesuatu. Hal ini tentu akan mempengaruhi masa depannya, entah mereka akan menjadi pelaku kriminal ataupun lebih buruk lagi.

Perlu pendampingan khusus bagi para korban dan pelaku bullying, baik dari psikolog maupun orang tua. Peran orang di sekitar sangat berpengaruh untuk menghentikan perilaku buruk ini, masa depan banyak orang dapat terselamatkan jika penanganan bullying dilakukan dengan cepat dan tepat.

Berbagai contoh artikel populer memang mengandung isi yang update dan menarik perhatian masyarakat, baik itu dalam dunia pendidikan, kesehatan, dan berita-berita terkini lainnya. Artikel menjadi pemberi informasi pertama saat seseorang ingin mengetahui sesuatu. Mereka tinggal menuliskan keyword di mesin pencarian smartphone, maka berbagai artikel terkait akan muncul.

9+ Contoh Artikel Populer Yang Bagus Di Sukai Banyak Orang