Acer Aspire E 14 (E5-473) REVIEW

Hadir dengan permukaan luar beraksen kayu dengan balutan warna merah muda yang mencolok, Acer Aspire E 14 tidak berhenti memberikan kejutan kepada kami. Dilengkapi oleh beragam fitur yang menunjang fungsi entertainment seperti Acer True Harmony dan Acer Bluelight Shield, Aspire E 14 berjalan dengan menggunakan prosesor Intel Core i3-4005U.

[nextpage title=”Design and Display”]Pertama kali Anda menyentuh Aspire E 14, Anda akan terpengaruh oleh permukaan luarnya yang dilapisi oleh tekstur yang unik yang terasa seperti kulit kayu. Bagian luarnya dibalut oleh warna hitam dengan logo Acer yang berwarna merah muda. Seiring dengan “kulit” bagian dalam yang mengelilingi layar 14 inci dan keyboard miliknya. Sebetulnya laptop ini dilapisi oleh plastik yang memberikan kesan premium ketimbang plastik biasa yang banyak digunakan oleh affordable laptop lain di pasaran. Tak hanya bagian eksteriornya saja yang terasa premium, bagian permukaan sandaran tangannya pun dikemas dengan pola potongan berlian yang terasa “kasar” di permukaan tangan kami. Meskipun kasar tetapi tidak mengganggu, melainkan terasa gegas dan solid saat digunakan.

Acer Aspire E 14

Pun Anda akan menemukan berbagai slot konektivitas dan tombol fungsi di tempat yang tidak berbeda jauh dnegan kebanyakan laptop lainnya. Seperti lubang untuk mengisi daya yang terletak di samping kanan bersebelahan dengan drive DVD, USB 3.0, dan jack audio. Sementara sisi kirinya dipenuhi oleh dua port USB, lubang HDMI, LAN, Networking, dan slot SD Card di bagian depannya. Satu hal yang menarik adalah keberadaan tombol Power yang menyatu dengan keyboard, bersebelahan dengan tombol Delete. Biasanya produsen laptop menempatkan tombol ini di luar keyboard atau di samping kanan. Dari segi konektivitas wireless, Aspire E 14 memiliki koneksi Ei-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth 4.0, sedangkan guna keperluan konferensi video tersedia webcam HD.

Aspire E 14 menggunakan layar 14 inci HD beresolusi 1366 x 768 piksel dengan teknologi Acer CineCrystal ditanamkan di dalamnya. Apa itu Acer CineCrystal? CineCrystal adalah merek dagang milik Acer yang digunakan untuk mengidentifikasi teknologi layar glossy milik mereka. Laptop yang menggunakan teknologi ini diindikasikan menggunakan layar LCD terbaru yang menggunakan LED backlighting. Teknologi CineCrystal pun memiliki reproduksi warna dan rasio kontras yang membuatnya ideal digunakan untuk beragam fungsi multimedia seperti menonton film. Saat digunakan untuk menonton film berkualitas Bluray, Aspire E 14 menampilkan warna yang tak hanya kaya, tetapi juga jernih dan terperinci. Layar laptop ini tidak menimbulkan masalah saat Anda mengintipnya dari berbagai arah. Bahkan dari sudut pandang mana pun Anda memandang, gambar masih terlihat jelas. Hanya saja, teknologi CineCrystal yang digunakan oleh Aspire E 14 menimbulkan satu masalah yang bisa merepotkan. Refleksi cahaya yang tampak solid bisa menganggu Anda saat berinteraksi dengan laptop ini.

Baca Juga  Spesifikasi Oppo A15, Harga Rp 1,9 Juta, Kamera Belakang 3

[nextpage title=”Keyboard, Touchpad, and Hardware”]Tata letak keyboard dan touchpad milik Aspire E 14 bisa dikatakan cukup nyaman. Tombol-tombolnya berjarak sekitar 1.6mm yang dikombinasikan dengan bobot penekanan yang cukup lembut saat diuji. Sama seperti seri E lainnya, Anda akan menemukan tombol menu Start Windows yang terletak di kiri bawah diapit oleh Fn dan Alt. Sementar untuk touchpad-nya sendiri juga tidak memiliki kendala berarti. Hanya saja tombol tetikus yang menyatu dengan bidang touchpad bukanlah favorit kami. Terkadang kami kehilangan kendali dengan fungi point and click Aspire E 14 karena menyentuh bidang lain touchpad yang di luar area mouse-nya. Secara keseluruhan, keyboard dan touchpad yang disajikan oleh laptop cukup luas, nyaman, dan berakurasi tinggi.

Di lain pihak, hardware yang dikemas di dalam Aspire E 14 model E5-473-30GS cukup up to date. Untuk dapur pacunya, perangkat ini menggunakan prosesor Intel Core i3 yang berjalan dengan kecepatan pacu 1.7 GHx dan 3MB L3 cache. Meskipun menggunakan prosesor Intel Core paling bungsu, Aspire E 14 mampu menjalankan sejumlah komputasi yang rendah hingga menengah. Hal ini didukung juga oleh RAM sebesar 2GB dengan ruang penyimpanan data hingga 500 GB. Anda tidak akan mendapatkan memori penyimpanan data hingga setengah TB karena hampir 100 GB termakan oleh sistem. Tetapi hanya dengan 410 GB, Anda masih bisa leluasa menyimpan berbagai data.

Acer Aspire E 14

Kartu grafis yang digunakan untuk mendukung kinerja perangkat saat bermain game adalah Intel HD Graphics 4400 dengan Dynamic Video Memory hingga 984 MB. Integrated GPU (IGP) HD Graphics 4000 ini tidak lain merupakan pengembangan lebih lanjut dari Intel HD Graphics 3000 yang terdapat pada prosesor Intel Sandy Bridge dan komponen ini adalah salah satu komponen dalam prosesor Ivy Bridge yang memberikan performance boost cukup signifikan dibanding dengan Sandy Bridge. HD Graphics 4400 terlihat mumpuni untuk menjalankan game ini di resolusi gambar Full HD dengan setting kualitas grafik Low. Tentu saja hal ini membuka kesempatan pengguna untuk menggunakan setting kualitas grafik di atas Low di resolusi gambar rendah.

Aspire E 14 dibebat dengan sistem operasi Windows 8.1 yang bisa Anda upgrade ke Windows 10 secara gratis seperti yang dijanjikan oleh Acer melalui stiker yang terpasang di atas layar. Sebetulnya Windows 10 memang bisa diunduh secara gratis oleh siapa pun dengan persyaratan kompatibilitas perangkat. Tentunya, Aspire E 14 memenuhi persyaratan minimal agar bisa menggunakan sistem operasi paling baru dari Microsoft ini.

Baca Juga  ASUS ROG GL552JX, Laptop Gaming ASUS Entry-Level Layar 15 Inchi

[nextpage title=”Performance and Battery”]Kinerja yang diberikan oleh Aspire E 14 terutama saat digunakan untuk melakukan komputasi komputer yang rendah tidaklah menemukan masalah. Anda bisa dengan lancar mengetik, membuat presentasi, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Kami juga menguji Aspire E 14 dengan memasang program penyuntingan video Ulead serta melakukan penyuntingan video HD. Proses berjalan dengan cukup lancar meskipun saat memotong video ditemukan sedikit laggy meskipun tidak begitu menganggu. Ketika melakukan render video, rendering pun berjalan dengan sangat baik terlebih kami me-render sambil menonton film. Oleh karenanya, Aspire E 14 memberikan jaminan untuk melakukan multitasking.

Acer Aspire E 14

Lain halnya saat menggunakan perangkat untuk bermain game Ori and the Blind Forest, permainan berjalan sangat alot dan laggy ketika kami menyetel tampilan grafis hingga kualitas maksimal atau 1366 x 768 piksel. Untuk mendapatkan permainan yang berjalan dengan cukup lancar, kami harus menurunkan kualitas grafis Ori and the Blind Forest hingga 1280 x 720 piksel. Pun kami mencoba memasang Dolphin Emulator dan memainkan emulasi Super Mario Galaxy. Game berukuran 5GB ini berjalan dengan cukup lancar meskipun audio yang terdengar sangat tersendat-sendat. Kami menyarankan Anda tidak menggunakan Aspire E 14 E5-473 untuk game yang berat.

Acer Aspire E 14

Untuk menguji kemampuan mesin Aspire E 14, kami menggunakan PCMark 7 dan 3D Mark. Skor akhir yang dihadilkan oleh PCMark 7 mencetak nilai 2311 yang cukup baik. Dari segi produktivitas, PCMark 7 mengungkapkan kalau Aspire E 14 memiliki nilai Web browsing 6.3102 pages/s, sedangkan dari segi hiburan perangkat ini memiliki Video playback 22.7 fps. Sementara itu, pengujian dengan menggunakan 3D Mark pada sesi Cloud Gate atau pengujian untuk notebook dan PC rumahan, Aspire E 14 mencetak angka 3455 dengan skor grafis 4774.

Jika ada satu hal yang mengecewakan dari Aspire E 14, maka itu adalah daya tahan baterai yang dimilikinya. Dengan baterai 4-cell lithium Ion, maka Anda tidak bisa berharap banyak dari kekuatannya ini. Untuk penggunaan browsing video dan menonton film HD, baterainya bisa bertahan selama kurang lebih 4 jam untuk satu kali pengisian daya. Waktu yang terbilang singkat. Untungnya, pengisian daya sendiri berlangsung cepat. Dengan hanya satu jam lebih, Anda bisa mengisi daya perangkat ini.

Acer Aspire E 14 (E5-473) REVIEW

Tags: