Apa Itu WA GB atau GB WhatsApp? Ini Risiko Penggunaannya

WA GB atau GB WhatsApp
WA GB atau GB WhatsApp (Sumber gambar: gadgetstouse.com)

WA GB atau GB WhatsApp mendadak trending di media sosial Twitter pada Selasa 2 Februari 2021. Sampai tulisan ini dibuat, pada Selasa malam, sudah ada 13,6 ribu cuitan yang membahas mengenai topik tersebut.

Usut punya usut, GB WhatsApp jadi perbincangan berawal dari warganet yang membanding-bandingkan fungsi antara WhatsApp reguler dengan GB WhatsApp.

Menurut laman gadgetstouse.com, GB WhatsApp adalah aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi atau disebut juga sebagai WhatsApp Mod. GB WhatsApp dibuat berdasarkan WhatsApp Plus, sebuah mod yang saat ini sudah ditutup oleh WhatsApp.

Baca juga: Cara Mencari Status WhatsApp Teman, Tak Perlu Repot Scroll

Ada beberapa fitur dari GB WhatsApp yang tak ada di WhasApp reguler. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah fitur membalas chat secara otomatis, fitur untuk menyembunyikan “last seen”, fitur untuk membuat nama grup sampai 35 karakter, fitur untuk menyimpan status langsung ke perangkat, fitur broadcast ke 600 kontak, dan masih banyak lagi.

Berkat beberapa fitur itu, GB WhatsApp kini diminati oleh banyak pengguna. Namun perlu diketahui, karena mod tersebut bukan resmi dari WhatsApp, maka faktor keamanannya pun belum terjamin. Selain itu, aplikasi tersebut juga hanya bisa diunduh dari sumber pihak ketiga.

Akun WhatsApp Bisa Diblokir Jika Menggunakan GB WhatsApp (WA GB)

Melalui laman FAQ resminya, pihak WhatsApp menyatakan, akun milik pengguna bisa diblokir sementara jika menggunakan aplikasi tidak resmi atau aplikasi yang tidak didukung pihak WA. Aplikasi yang tidak didukung itu di antaranya adalah WhatsApp Plus hingga GB WhatsApp.

“Aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan chat WhatsApp Anda antar telepon, adalah versi WhatsApp yang diubah.”

“Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” tulis pihak WA di laman FAQ.

Baca juga: Daftar HP yang Tak Bisa Menggunakan WhatsApp di 2021

Nah, jika Anda sudah telanjur menggunakan GB WhatsApp, pihak WA menyarankan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Namun, sebelum beralih, Anda disarankan untuk membuat cadangan riwayat chat terlebih dahulu.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk beralih dari WA GB ke WhatsApp resmi:

  1. Tunggu hingga blokir sementara Anda berakhir. Penunjuk waktu akan memperlihatkan jangka waktu pemblokiran.
  2. Di GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat.
  3. Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File.
  4. Temukan folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut.
  5. Di sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”.
  6. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, unduh aplikasi di sini.
  7. Di WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda. Pelajari cara memverifikasi dalam artikel ini.
  8. Pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya.
  9. WhatsApp akan dimuat beserta chat yang telah ada.
Baca Juga  Cara Mengatasi Error H403 di Netflix

Baca juga: Cara Mengatur Penyimpanan Data WhatsApp Via Storage Management

Namun perlu diketahui, pihak WhatsApp tak menjamin angkah-langkah di atas akan mentransfer riwayat chat dengan sukses karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi. Jadi, kesalahan dalam mengikuti langkah-langkah tersebut dapat menyebabkan hilangnya riwayat chat.

Demikianlah penjelasan mengenai GB WhatsApp. Kembali lagi, penggunaan aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi tersebut tetap tergantung dari Anda. Namun, jika Anda tetap keukeuh ingin menggunakan GB WhatsApp atau WA GB, sebaiknya pahami dulu risikonya.

Apa Itu WA GB atau GB WhatsApp? Ini Risiko Penggunaannya