Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia [PENJELASAN LENGKAP]

asal nenek moyang indonesia
Ilustrasi oleh dribbble.com

Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia biasanya akan didasarkan pada dua hal, yaitu dasar atas kesamaan bentuk fisik dan kesamaan dari akar bahasa yang digunakan.

Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman yang sangat banyak dan unik, terdapat lebih dari 300 etnis atau suku bangsa yang mendiami berbagai

Sharing Information: Power Point Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Secara umum, masyarakat di Indonesia memiliki berbagai suku, kebudayaan, dan kepercayaan yang berbeda. Sehingga muncul banyak pendapat mengenai asal-usul nenek moyang Bangsa Indonesia.

Para ahli berpendapat bahwa manusia-manusia di seluruh dunia memiliki asal yang sama. Mengingat bahwa manusia semula berjumlah sedikit kemudian menjadi banyak dan mampu menyebar ke berbagai wilayah.

Sejarah Nenek Moyang Indonesia

Asal-Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia (Lengkap) -  Habibullah Al Faruq

Pada saat pengembaraan manusia prasejarah yang muncul di Afrika yang kemudian tiba di tepi laut Asia Tenggara dengan secara bergelombang.

Selanjutnya, masuklah ras Mongolia, ras kaukasoid dan ras negrito. Dari ketiga ras pendatang itu melebur menjadi Indocina dan Indonesia yang berkulit coklat. Dan dalam jangkau lama kemudian manusia kepulauan yang mencakup kawasan sumatera hingga ke irian.

Dari sebagian besar masyarakat pendatang itu tingggal di pinggir pantai, lama kelamaan terbentuklah masyarakat kepulauan yang berjiwa pelaut (bahari ) dengan peralatan berlayar yang sederhana seperti perahu bercadik.

Sebelum pada zaman es, wilayah Indonesia bagian barat masih bersatu dengan daratan Asia sedangkan wilayah Indonesia bagian timur masih bersatu dengan

Asal-Usul Masyarakat Indonesia Menurut Para Ahli

Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia biasanya akan didasarkan pada dua hal, yaitu dasar atas kesamaan bentuk fisik dan kesamaan dari akar bahasa yang digunakan.

Tetapi dalam catatan dan berbagai penemuan fosil manusia purba di Indonesia, menyebutkan bahwa nenek moyang Indonesia sebenarnya sudah ada sejak 3000 tahun sebelum masehi.

Namun masih ada teori lainnya yang mencoba menjelaskan hal ini, berikut diantaranya:

Teori dari Drs. Moh. Ali (Teori Yunan)

Teori Yunan menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, sebuah wilayah di Tiongkok Selatan. Drs. Moh. Ali meyakini akan hal ini. 

Orang-orang China kuno diyakini datang secara bergelombang. Gelombang pertama (3000-1500 th) dikenal dengan sebutan bangsa Proto Melayu atau Melayu Muda dan gelombang kedua disebut sebagai bangsa Deutro Melayu.

Baca Juga  Fotosintesis

Teori dari Prof. Dr. H. Kern

Prof. Dr. H. Kern yang berasal dari Belanda ini berpendapat bahwa orang Indonesia berasal dari daratan Asia. Dasar dari pendapat beliau adalah pada kesamaan bahasa yang digunakan.

Menurutnya orang yang hidup di wilayah Indonesia, Polinesia, Melanesia dan Mikronesia memiliki kemiripan bahasa, yaitu bersumber dari rumpun Austronesia (berasal dari Austria). Dan bangsa Indonesia berasal dari satu daerah yang menggunakan bahasa Campa (Kamboja).

Teori dari Prof. Dr. Sangkot Marzuki

Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari dataran Austronesia (berasal dari Austria). Prof. Dr. Sangkot Marzuki mendasarkan pendapatnya berdasarkan pada penemuan DNA fosil manusia purba.

Menurut beliau, manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus tidak ada kelanjutannya pada manusia sekarang. Jenis tersebut telah punah dan digantikan oleh jenis baru yang fosilnya ditemukan di Afrika sampai sekarang masih diyakini sebagai nenek moyang manusia.

Teori dari Prof. Mohammad Yamin

Teori dari Prof.ini mencoba untuk menyangkal teori-teori di atas. Beliau berpendapat bahwa orang Indonesia berasal dari dalam Indonesia sendiri bukan berasal dari luar. 

Salah satu hal yang coba dijadikan sebagai bukti utama adalah fosil-fosil manusia purba dan artefak yang ditemukan di Indonesia lebih lengkap dan banyak dibandingkan fosil yang ditemukan di luar negeri.

Nah itulah penjelasan tentang Asal Usul Nenek Moyang Indonesia, dari sejarah sampai menurut para ahli. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • kelaspintar.id
  • dosenpendidikan.co.id

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia [PENJELASAN LENGKAP]