ASUS Zenbook UX303UB REVIEW

Reviewi ASUS Zenbook UX303UB Indonesia

Perkembangan teknologi notebook dalam satu dekade belakangan ini sangatlah luar biasa. Dimulai dari laptop dengan fungsi portabilitas saja, kini notebook sudah berkembang sedemikian pesat sampai ke notebook yang “memiliki segalanya”.

Di sisi lain, semakin ke depan, notebook juga semakin dituntut untuk memiliki semua aspek. Mulai dari aspek desain yang bagus, performa yang maksimal, fitur yang bermanfaat hingga pemanfaatan teknologi yang paling muktahir di dalamnya.

Dengan semakin lengkapnya berbagai aspek di atas, maka semakin hari kita bisa melihat semakin banyaknya varian notebook yang tersedia. Dan tentunya, semua vendor laptop semakin berlomba-lomba untuk menghadirkan yang terbaik di dalam jajaran produknya.

ASUS, sebagai salah satu produsen notebook utama di dunia, juga menghadirkan berbagai varian produk notebook untuk memenuhi kebutuhan pasar. Salah satunya adalah ASUS Zenbook UX303UB. Sebuah notebook yang tergolong dalam kategori ultrabook, alias notebook ultra tipis namun menawarkan performa yang di atas rata-rata.

[nextpage title=”Balutan Desain Elegan dan Premium”]

ASUS Zenbook UX303UB ini adalah lini Zenbook yang memiliki kelebihan di aspek desain. Ia dilengkapi dengan desain hairline spun metal finish dan concentric circles yang tergambar dengan sempurna yang menjadikan notebook ini terlihat sangat premium dan elegan.

Ditambah lagi, penggunaan balutan aluminium yang melindungi notebook ini tentu saja memastikan produk ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Dari sisi dimensi, ultrabook yang sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-6 “Skylake” ini memiliki dimensi 32,3 x 22,3 x 1,92 cm. Dengan ketebalan yang sangat tipis tersebut, ASUS Zenbook lebih tipis dari ultrabook pada umumnya, yang memiliki ketebalan 2,1cm.

[nextpage title=”Layar QHD Plus dengan ASUS Splendid”]

Layar yang disematkan oleh ASUS pada ASUS Zenbook UX303U ini sudah beresolusi 3200×1800 dengan kerapatan pixel sebesar 276ppi. Ini menjadikan layar notebook ini sangat tajam dan detail dalam menampilkan gambar.

Reviewi ASUS Zenbook UX303UB Indonesia

Selain itu, notebook ini juga menggunakan layar jenis IPS (In Plane Switching). Dengan demikian, sudut pandang dari layar ASUS Zenbook UX303U sangat luas, mencapai 178 derajat. Artinya, kita masih bisa melihat layar dari sedut samping notebook.

Tentunya kita tidak akan mendapatkan efek biru atau gradasi warna yang biasa kita temukan di notebook pesaing. Layar notebook ini juga sudah dilengkapi dengan antiglare sehingga akan mengurangi pantulan cahaya di layar.

Teknologi ASUS Splendid juga hadir di Zenbook UX303UB. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan akurasi warna yang tajam dan dapat melakukan koreksi warna agar lebih akurat dan bisa disesuaikan dalam 4 buah  mode.

Pada mode Normal, teknologi ini akan memaksimalkan gradasi warna (gamut) untuk mendukung akurasi warna terbaik untuk pekerjaan sehari-hari seperti membuka dokumen atau melihat gambar.

Pada mode Theater, sistem Splendid akan mengubah tone warna menjadi lebih tepat untuk keperluan nonton film namun juga ekaligus mengurangi kelelahan mata untuk jangka waktu lama.

Mode Vivid merupakan mode visual tertajam yang akan memaksimalkan seluruh potensi terbaik dari layar, mode ini sangat cocok untuk digunakan bermain game, melihat foto secara mendetail dan memenuhi kepuasan pengguna dalam mencari hasil gambar terbaik dari sebuah layar.

Terakhir mode Manual  yang mengatur temperatur warna sesuai keinginan pengguna. Berkat ASUS Splendid, para pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan video dengan lebih baik.

[nextpage title=”Dilengkapi dengan Visual HD Camera”]

Dengan semakin baiknya penetrasi internet di Indonesia, baik dari sisi cakupan area ataupun dari besarnya bandwidth yang tersedia, maka kebutuhan akan Video Call semakin besar. Hal ini ditanggapi oleh ASUS dengan serius. Sebagai buktinya, ASUS Zenbook UX303UB menyediakan kamera web beresolusi HD (High Definition).

Dengan kamera HD, kita bisa mendapatkan gambar yang lebih baik dibanding kamera VGA yang biasa digunakan pada notebook pada umumnya. Selain itu kamera web pada Zenbook UX303UB juga mendukung aspek 16:9 sehingga bisa digunakan secara full screen ketika sedang melakukan video call.

Baca Juga  ASUS ROG Phone, RAM 8GB, Storage 512GB, Mobile Gaming Tercepat Di Dunia

Selain itu dengan kamera ini kita bisa mendapatkan kecepatan gerak sebesar 30fps dibanding dengan kompetitor yang hanya bisa memberikan 15fps.

[nextpage title=”Prosesor kuat dengan Intel Core i7″]

Untuk urusan dapur pacu di ASUS Zenbook UX303U sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru dari Intel yakni Intel Core generasi ke-6 yakni Intel Core i7-6500U. Dengan prosesor Intel “Skylake” tersebut, tidak akan ada lagi rasa “Lag” dan “Freeze” karena prosesor yang memiliki kecepatan standar di 2,5GHz tersebut dapat didongkrak hingga 3,1GHz tersebut menawarkan performa yang jauh lebih baik dibanding prosesor generasi sebelumnya, sekaligus di saat yang sama juga menawarkan efisiensi energi yang lebih baik.

20160406_135304

Versi manapun yang Anda pilih nantinya, keduanya sudah dilengkapi dengan Intel HD Graphics 520 sehingga kita mampu mendapatkan grafik yang memumpuni untuk kebutuhan grafik ringan.

Jika butuh grafis yang lebih mumpuni untuk kebutuhan multimedia ataupun gaming, ASUS Zenbook UX303UB juga menyediakan grafis dedicated yang cukup tangguh. Pengguna yang membutuhkan dapat memanfaatkan NVIDIA GeForce 940M dengan Video RAM DDR3 sebesar 2GB. Grafis ini mampu untuk menjalankan game-game terkini ataupun konten multimedia definisi tinggi.

Notebook ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Windows 10 untuk menemani penggunanya dalam berproduktivitas.

[nextpage title=”Incredible SonicMaster Audio”]

Sudah tidak diragukan lagi bahwa ASUS Zenbook UX303U memiliki kualitas audio yang fantastis. Ini semua terjadi berkat adanya teknologi SonicMaster yang disematkan sehingga mampu meningkatkan kualitas audio dan mengurangi noise dari lingkungan sekitar.

20160406_135320

Kami menguji kualitas audio dari ASUS Zenbook UX303UB dengan menonton beberapa film streaming di internet. Dan hasilnya cukup memukau. Audio terdengar lebih jernih dan tidak ada suara “kresek-kresek” yang terdengar saat video diputar.

Suara bass terdengar lebih dalam dan vokal terdengar jernih meski pada volume tinggi. Untuk ukuran ultrabook, ini merupakan salah satu yang terbaik.

[nextpage title=”Grafik professional dengan Nvidia GT940M”]

Bukan main apa yang disematkan ASUS di notebook ini. Satu lagi yang menopang notebook ini menjadi notebook yang kokoh adalah Nvidia GT940M yang digadang-gadang setara dengan prosesor grafik desktop. Dengan hadirnya Nvidia GT940M dengan memori dedicated 2GB ini maka sudah dipastikan gaming kelas berat bisa dijalankan di notebook ini.

fg00 (3)

Untuk urusan rendering ternyata notebook ini tidak kalah hebat. Berkat Nvidia GT940M ini, rendering yang biasa memakan waktu lama akan semakin cepat. Hasilnya pun akan semakin sempurna berkat perpaduan dengan ASUS Splendid yang mampu menampilkan warna yang tajam dan akurat di layar.

fg01 (1)

[nextpage title=”Baterai Lebih Awet dan Konektivitas Lengkap”]

ASUS Zenbook UX303U ini didesain dengan sangat sempurna. Urusan portabilitas sudah pasti akan memenuhi ekspektasi kita. Berangkat dari fungsi portabilitas ini, ASUS mendesain agar notebook ini bisa digunakan hingga 7 jam.

Berkat adanya teknologi Super Hybird Engine II, kita tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai dan harus kerepotan mencari-cari sumber listrik untuk melanjutkan aktivitas kita.

Dengan fitur Instant On, kita juga bisa dapat langsung menggunakan notebook ini untuk bekerja, hanya dalam 2 detik setelah ia dinyalakan dari kondisi sleep.

Dari sisi konektivitas, ASUS melengkap notebook ini dengan konektivitas yang sangat lengkap. Untuk urusan ke jalur internet, kita bisa menggunakan Ultra Fast 802.11ac yang sudah mendukung teknologi WiFi terbaru dengan kecepatan transfer data hingga 867Mbit/s. Kecepatan ini bahkan lebih cepat tiga kali lipat dibanding kecepatan  802.11n yang biasa digunakan di produk notebook pada umumnya.

Selain itu Bluetooth juga tersedia di Zenbook UX303UB. Dengan Bluetooth 4.0 kita tidak perlu khawatir akan konsumsi daya yang besar akibat banyaknya perangkat yang terhubung dengan notebook.

Kami sendiri menilai bahwa hadirnya fitur Bluetooth juga sangat berguna. Sebagai informasi, kami biasa menggunakan mouse wireless berbasis Bluetooth dan tentu saja membutuhkan konektivitas Bluetooth untuk terhubung.

Ini tentunya sangat bermanfaat sehingga tidak perlu menggunakan mouse wireless yang harus menggunakan USB receiver tambahan yang pada akhirnya akan mengurangi sisa port USB 3.0 yang tersedia sebanyak 3 buah di notebook ini.

Baca Juga  Cara Membuat Teks 3D Dengan After Effects
[nextpage title=”Touchpad besar dengan Smart Gesture”]

Untuk input, ASUS menyediakan touchpad yang nyaman. Touchpad di ASUS Zenbook UX303UB sendiri mengingatkan kita pada touchpad yang ada di seri Macbook. Selain bidang yang lebar, touchpad juga dilengkapi dengan smart gesture yang sangat-sangat membantu dalam melakukan navigasi.

Touchpad ASUS Zenbook UX303UB tersebut juga empuk saat disentuh dan juga tidak kesat sehingga mudah digunakan untuk bergeser dari satu titik ke titik lainnya dengan cepat. Respons dari touchpad sendiri sangatlah baik. Apalagi ia juga hadir dengan fitur Smart Gesture.

20160406_135351

Touchpad

Smart Gesture sendiri memiliki fungsi yang banyak. Salah satuya adalah untuk scrolling ke atas, kebawah, ke kiri dan ke kanan. Selain itu juga tersedia zoom in dan zoom out cukup menggunakan dua jari. Dengan demikian, kebutuhan akan mouse tidak terlalu urgent saat menggunakan ASUS Zenbook UX303UB.

[nextpage title=”Keyboard yang dilengkapi dengan backlit”]

Keyboard yang ada di ASUS Zenbook UX303UB juga bisa dibilang sudah berteknologi muktahir. Dengan desain seperti keyboard yang ada di Macbook, ASUS menghadirkan kondisi yang nyaman pada pengguna saat mereka akan memanfaatkannya untuk mengetik.

20160406_135736

Selain itu keyboard ini juga dilengkapi dengan backlit yang pastinya akan sangat membantu ketika kita sedang berada di ruangan minim cahaya. Dipadukan dengan sensor cahaya ambient light, cahaya backlit bisa disesuaikan secara otomatis sesuai kebutuhan.

Dukungan Cloud Storage ASUS

ASUS sebagai perusahaan teknologi selalu memberikan dukungan terbaik untuk setiap produknya. Maraknya penggunaan cloud storage dilihat ASUS sebagai peluang dari kejahatan cyber. Oleh karena itu, ASUS menyediakan ASUS WebStorage sebesar 5GB gratis seumur hidup kepada pengguna ASUS Zenbook UX303UB.

Dengan hadirnya ASUS Webstorage, keamanan data pengguna di cloud menjadi terjamin karena plaform tersebut dikelola langsung oleh ASUS.

[nextpage title=”Kinerja dan Kesimpulan”]

Dari sisi performa, secara keseluruhan, notebook ini menawarkan kemampuan yang luar biasa. Perpaduan antara desain produk dan teknologi yang disematkan di dalamnya mampu menjadikan ASUS Zenbook UX303U ini menjadi sempurna untuk berbagai aktivitas. Bisa dilihat dari benchmark yang kami lakukan dengan aplikasi 3DMark mampu menghasilkan skor yang cukup tinggi.

Benchmark 2 Benchmark 1

Selain itu USB 3.0 yang hadir di ASUS Zenbook UX303UB mampu menghantarkan data dengan sangat cepat dan tentu saja ini menghemat waktu kita saat akan memindah-mindahkan data dari dan ke USB flashdisk ataupun harddisk eksternal.

Berikut kami informasikan transfer speed real yang ditawarkan saat menggunakan USB flashdisk berbasis USB 3.0 dan USB flashdisk lawas berbasis USB 2.0. Kita mulai dari USB 2.0 dengan percobaan transfer data sebesar 1GB dan 2GB

Sedangkan ini adalah kecepatan transfer data USB 3.0 dengan file sebesar 1GB dan 2GB

Dari Benchmark yang ada terlihat bahwa USB 3.0 benar-benar mampu menghantarkan data dengan sangat cepat. Dengan begitu kita akan lebih menghemat waktu jika ingin memindahkan data berukuran besar baik dari notebook ke luar atau sebaliknya.

Seperti sudah disebut di atas, Zenbook UX303UB meskipun menawarkan dimensi yang kompak, tetapi ia menyimpan performa yang mumpuni, termasuk saat bermain game. Sebagai contoh, pada game CS:GO dan Villagers yang kami coba mainkan, notebook ini mampu melahapnya dengan baik, terbukti dengan tingkat frame-rate yang masih playable yang terlihat pada screenshot di bawah. Untuk settingan kami menggunakan High untuk CS:GO dan Ultra untuk Villagers.

Kehadiran ASUS Zenbook UX303U mampu mengubah cara kita menyelesaikan berbagai aktivitas. Dimensinya yang sangat tipis namun diperkuat oleh hardware dan fitur mumpuni membuat ultrabook ini cocok digunakan untuk menemani apapun aktivitas penggunanya. Khususnya pengguna dengan mobilitas tinggi yang tetap butuh penampilan yang gaya.

Untuk menunjang penampilan, terdapat 3 varian warna yang bisa dipilih untuk menyesuaikan dengan kepribadian pengguna, yakni Smoky Brown, Icicle Gold dan Rose Gold. Berikut ini spesifikasi teknis ASUS Zenbook UX303UB.

Akhir kata, hadirnya ASUS Zenbook UX303UB melengkapi lini Zenbook yang menawarkan performa yang kuat dan juga memiliki desain yang elegan. Ultrabook yang satu ini tentu bisa menjadi pilihan ketika Anda akan beralih ke notebook kelas premium.

ASUS Zenbook UX303UB REVIEW

Tags: