ASUS ZenPad 7 (Z370CG)‏ REVIEW

ASUS kembali memanjakan konsumen tablet di Tanah Air dengan merilis tahun lalu. Tablet yang dibanderol dengan harga Rp 2,4 juta ini menawarkan spesifikasi yang cukup mampu memanjakan penggunanya. ASUS ZenPad 7.0 membawa konsep desain yang terinspirasi dengan filosofi ASUS Zen yang mengharmonisasikan keindahan dan fungsi. Dengan desain sederhana, unik, dan tambahan pola kulit elegan, ASUS ZenPad 7.0 menghadirkan gaya mewah yang pas dipakai di berbagai suasana. Bingkai metaliknya menambah kuat kesan visual di perangkat ini.

ASUS ZenPad 7

ASUS ZenPad 7 hadir dengan audio casing yang menyajikan suara stereo membahana yang membuat kami kagum. Tetapi bagaimanakah kinerjanya?

[nextpage title=”Design & Display”]

Meskipun terbuat dari plastik, desain ZenPad 7 terlihat cantik. Bahkan sebagai tablet dengan harga yang tergolong murah, perangkat ini terlihat premium. Bahan material kaca hampir melapisi sisinya dari ujung ke ujung dengan efek chrome yang membuatnya bergaya. Hanya dengan lebar 108 mm dan berat 265 gram, ZenPad 7 menyajikan kenyamanan saat kami gunakan dengan satu tangan dalam mode potret. Kemudahannya untuk digenggam dengan satu tangan juga berkat bagian punggungnya yang memiliki tekstur timbul serta dilengkapi oleh logo ASUS metalik. Pada bagian samping, Anda akan menemukan slot microSD dan kamera utama yang beresolusi 5 MP.

ASUS ZenPad 7

Pada bagian depan, Anda hanya akan menemukan speaker dan kamera sekunder 2 MP. Beralih ke bagian bawahnya terpatri logo ASUS dengan tombol kapasitif Back, Home dan Recent yang duduk di atas bezel. Sementara tombol Volume dan Power terletak di ssisi kanan perangkat dengan headphone jack di bagian atas dan port Micro USB di bagian bawahnya. Hal utama yang menarik dari desainnya adalah bagian back panel yang bisa dilepas dan diganti dengan audio cover 5.1 Surround Sound. Audio cover-nya ini membuat perangkat tambah stylish. Pun begitu, audio cover-nya memiliki bobot yang cukup berat sehingga akan merepotkan kantung saat Anda bawa bepergian.

Berganti ke persoalan layar yang diusungnya, ZenPad 7 membebat layar 7 incinya dengan IPC LCD beresolusi 1280 x 800 piksel. Meskipun tidak terlalu mengagumkan untuk kelas tablet, ASUS melengkapi layarnya ini dengan teknologi Tru2Life yang diklaim serupa dengan teknologi TV HDR kelas premium. Teknologi ini meningkatkan ketajaman layar, kontras, dan visibilitas outdoor yang lebih baik. Sayangnya, layarnya ini masih belum cukup membuat kami terkagum-kagum. ZenPad 7 hanya memiliki kerapatan piksel sedalam 170ppi sehingga layarnya terbilang standar. Bahkan jika Anda meningkatkan level pencahayaannya pada titik yang maksimal.

Baca Juga  ASUS Zenbook UX303UB REVIEW

Untungnya, layar ZenPad 7 adalah panel IPS sehingga warna yang dihasilkan terlihat realistik dengan sudut pandang yang kuat. Selain True2Life, ASUS pun membenamkan teknologi TruVivid sehingga menyajikan ASUS VisualMaster. Teknologi tersebut membawa pengalaman visual yang lebih baik dan realistis.

ASUS ZenPad 7

ZenPad 7 sesuai bagi Anda yang menggunakan tablet sebagai perangkat untuk melakukan komputasi yang biasa, seperti berselancar di Internet, membuka media sosial, atau memeriksa email. Dengan prosesor Intel Atim Quad Core, grafis Mali-450 serta RAM sebesar 1GB, Anda tidak akan mendapatkan performa tingkat tinggi yang mumpuni. ZenPad 7 menggunakan Android Lollipop 5.0 sebagai sistem operasinya. Ditambah kostumisasi yang dibenamkan oleh ASUS sendiri untuk urusan antarmukanya melalui ASUS ZenUI.

ASUS ZenUI memiliki lebih dari 1,000 fitur yang disempurnakan dari antarmuka Android standar. Anda dapat menikmati pengalaman yang lebih simpel dan pintar dengan layout baru serta desain lebih apik dan bersih. ZenUI versi baru terlihat lebih terang, pintar, simpel dan lebih cantik.

ASUS ZenPad 7 merupakan tablet 1 inci dengan rasio layar terhadap badan perangkat mencapai 72%, sebuah pencapaian teknis luar biasa yang bisa terjadi dengan mengecilkan lebar bingkai ke ukuran paling minimum. Seperti yang disebutkan tadi, ASUS membenamkan teknologi VisualMaster ke dalam perangkat ini. Seperti yang diklaim oleh ASUS, VisualMaster merupakan sebuah teknologi penyempurna tampilan yang menggabungkan perangkat keras dan lunak untuk mengoptimalkan seluruh aspek tampilan, termasuk kontras, ketajaman, warna, kejernihan dan kecerahan.

Selain itu, ASUS audio cover juga menjadi fitur yang layak diperhatikan. ASUS Audio Cover menjadi aksesoris hiburan yang mampu menghadirkan suara sinematis dengan kanal surround 5.1 di ASUS ZenPad 7.0. DTS-HD Premium Sound dan teknologi SonicMaster membuat penyempurnaan lebih untuk memastikan pengalaman suara terbaik di ASUS ZenPad 7.

[nextpage title=”Camera”]

Fitur kamera memang kerap bukan menjadi fitur unggulan yang ditawarkan oleh sebuah tablet. Sama halnya dengan yang ditawarkan oleh ZenPad 7. Perangkat yang kami terima memiliki kamera utama berukuran 5 MP yang dilengkapi kamera sekunder 2 MP. Kamera utamanya berfungsi dengan baik saat kami gunakan, meskipun produksi gambarnya bukanlah yang terbaik.

ASUS ZenPad 7

Hasil foto yang lebih sempurna bisa Anda dapatkan saat pengambilan gambar dilakukan di ruangan terbuka dengan kualitas cahaya yang baik. Foto yang dihasilkan memiliki warna yang cukup tajam dan jelas. Berbeda saat kami memotret di dalam ruangan dengan cahaya seadanya. Gambar menampilkan hasil yang kurang baik serta memiliki noise yang cukup banyak.

Baca Juga  7 Cara Cek IMEI Samsung, Sony, dan HP Android Lainnya

Untuk mengatasi risalah ini, kamera ASUS ZenPad 7 memiliki mode LowLight PixelMaster yang diklaim oleh ASUS mampu merekam foto atau video dengan jernih saat malam hari. Lewat kombinasi penyesuaian ukuran piksel dan algoritma pemroses gambar canggih, ZenPad mampu meningkatkan sensitifitas cahaya sampai 400%, mengurangi noise gambar dan meningkatkan kontras warna sampai 400%.

Tidak berbeda jauh dengan kamera sekundernya. Bahkan saat pencahayaan sangat terang, Anda mungkin ragu untuk mengunggah foto selfie hasil bidikan ZenPad 7 ke Instagram atau Path. Foto yang dihasilkan memiliki noise yang cukup kentara. Pun demikian, ASUS membenamkan banyak fitur menarik untuk perangkatnya ini. Semisal HDR, Beautification, Selfie, GIF Animation, Panorama, Smart Remove, All Smile, dan lain-lain.

[nextpage title=”Performance”]

Berkaitan dengan performa multitasking, ZenPad 7 bukanlah yang terbaik. Anda bisa dengan lancar menggunakan perangkat ini untuk berselancar di Internet dan mendengarkan musik secara bersamaan. Tetapi saat membuka aplikasi-aplikasi lainnya di belakang, kami menemukan perangkat laggy. Terlebih ketika kami gunakan saat bermain game, Castle of Illusion Staring Mickey Mouse sambil mendengarkan musik. Bahkan ketika kami bermain Candy Crush Saga, sesekali ZenPad 7 terasa laggy.

ASUS ZenPad 7

Keunggulan ASUS ZenPad 7 terletak pada audio cover yang memproduksi suara yang membahana, jernih, dan tanpa noise. Saat menggunakan tablet untuk menonton film, suara yang diproduksi berada pada level yang baik. Terdengar maksimal tanpa suara yang pecah. Saat menggunakan headphone, suara surround-nya mampu terdengar hingga 360 derajat. Audio cover-nya ini pun mampu meningkatkan volume suara sampai 6 kali sekaligus mampu bekerja sampai 6 jam hanya dengan sekali isi ulang. Audio Cover juga berfungsi sebagai penopang tablet saat dipakai menonton film atau bekerja.

Untuk menguji performanya, kami menggunakan benchmark. Tidak terlalu mengejutkan, ZenPad 7 menghasilkan poin yang tidak terlalu tinggi. Melalui pengujian kecepatan Geekbench 3.0, kami mendapatkan hasil 1070 multi-core. Sedangkan pengujian melalui AnTuTu, poin yang dihasilkan mencapai 23490.

ASUS ZenPad 7

ASUS ZenPad 7 menggunakan baterai 3450mAh yang terbilang berkapasitas cukup besar. Fakta kalau spesifikasi layar yang digunakan beresolusi biasa dengan hardware yang bukan ada pada kelas premium, membuat baterainya ini tahan lama. Untuk penggunaan standar, seperti bermain game, memutar musik, dan berselancar di Internet, baterai ZenPad 7 mampu bertahan hampir seharian. Untuk mengoptimalkan daya tahan baterainya, ASUS ZenPad 7 memiliki mode Ultra Saving.

ASUS ZenPad 7 (Z370CG)‏ REVIEW

Tags: