Baterai iPhone 12 Tahan Berapa Lama? Ini Hasil Tesnya

baterai iPhone 12
Ketahanan baterai iPhone 12 menjadi faktor yang harus dipertimbangkan (Sumber gambar: Apple dan Pixabay)

Ketahanan baterai iPhone 12 menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli smartphone atau HP terbaru keluaran Apple tersebut.

Perlu diketahui, di atas kertas, kapasitas baterai iPhone terbaru itu memang berada di bawah beberapa HP flagship Android. Untuk iPhone 12 Mini, baterainya 2,227 mAh; iPhone 12 reguler dan Pro, baterainya 2,815 mAh; lalu untuk iPhone 12 Pro Max, baterainya 3,687 mAh.

Bandingkan dengan beberapa HP Android, seperti Galaxy S20, kapasitas baterainya 4,000 mAh; Galaxy S20 Plus, kapasitas baterainya 4,500 mAh; Galaxy S20 Plus Ultra, baterainya 5,000 mAh; dan Google Pixel 5, baterainya berkapasitas 4,080 mAh.

Baca juga: 4 Hal Penting Apple iPhone 12 yang Calon Pembeli Wajib Tahu

Melihat spesifikasi baterai tersebut, tak heran banyak calon pembeli yang bertanya-tanya, kira-kira baterai HP Apple itu bisa tahan berapa lama?

Situs tomsguide.com telah melakukan tes ketahanan baterai dari iPhone 12 series. Tes dilakukan dengan cara menjelajahi web dengan koneksi 5G secara terus menerus pada tingkat kecerahan layar 150 nits. Kemudian, selama tes, situs baru dibuka lewat browser setiap 30 detik hingga baterai habis.

Seperti apa hasilnya? Simak rangkumannya:

Hasil tes ketahanan baterai iPhone 12 series

iPhone 12 Mini

iPhone 12 Mini ternyata hanya mampu bertahan selama 7 jam 28 menit. Hal itu bukan sebuah kejutan, mengingat kapasitas baterainya hanya 2,227 mAh.

Baca juga: Harga iPhone 12 di Indonesia, Lengkap dengan Harga Charger

iPhone 12

iPhone 12 versi reguler bisa bertahan sedikit lebih lama, yaitu 8 jam 25 menit. Tes dilakukan ketika HP terhubung ke jaringan 5G dari provider AT&T.

iPhone 12 Pro

Meski kapasitas baterainya sama dengan versi reguler, ternyata iPhone 12 Pro mampu bertahan sedikit lebih lama. HP ini bisa bertahan sampai 9 jam 6 menit. Selama tes, perangkatnya terkoneksi ke jaringan 5G dari T-Mobile.

Baca juga: Ini Harga Charger iPhone dan MagSafe Charger iPhone 12

iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 Pro Max menjadi varian iPhone 12 yang kapasitas baterainya paling besar, yaitu 3,687 mAh. Hasilnya, berdasarkan tes versi tomsguide.com, HP ini bisa bertahan selama 10 jam 53 menit dalam jaringan 5G.

Demikianlah hasil tes ketahanan baterai iPhone 12. Perlu ditekankan sekali lagi, tes dilakukan dengan cara menjelajahi web (situs baru dibuka setiap 30 detik hingga baterai habis) secara terus menerus pada tingkat kecerahan layar 150 nits.

Baca Juga  Spesifikasi Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, Mi 11 Lite 5G, Ada Layar Kecil di Versi Ultra

Jika dalam keadaan aslinya, tentu saja tak ada pengguna yang terus-terusan membuka situs web sampai berjam-jam. Jadi, pada pemakaian normal, ketahanan baterainya bisa lebih lama. Hasil tes tersebut dapat dianggap sebagai daya tahan baterai ketika HP dipakai bekerja ekstra keras.

Link pembelian: Shopee | Lazada | Blibli

Baterai iPhone 12 Tahan Berapa Lama? Ini Hasil Tesnya