Belanda Akan Mengenakan Sanksi Kepada Pengendara yang Menggunakan Ponsel saat Bersepeda

Belanda merupakan salah satu dari banyak negara di Eropa yang memiliki hukum larangan menggunakan ponsel saat mengemudi. Tahun depan, larangan ini akan diperpanjang dengan menyertakan 23 juta sepeda.

Undang-undang tahun 2002 membuatnya ilegal bagi pengemudi mobil dan truk di Belanda untuk menggunakan handset seluler yang tidak dalam mode hands-free. Mereka yang mengabaikan aturan ini akan dikenai denda sebanyak sekitar $ 266 jika ketahuan.

Menteri Transportasi Belanda Cora van Nieuwenhuizen mengatakan rancangan undang-undang, akan mulai berlaku Juli mendatang dan hukuman akan diterapkan bagi mereka yang mengoperasikan perangkat elektronik saat mengemudi, berlaku bagi segala jenis kendaraan, termasuk sepeda, yang secara khusus disebutkan dalam undang-undang baru.

Nieuwenhuizen mengatakan usia media sosial saat ini, dikombinasikan dengan paket data seluler tanpa batas, telah mengubah cara orang menggunakan ponsel cerdas mereka dan waktu yang mereka habiskan untuk mereka.

Sebelumnya, sepeda dibebaskan dari undang-undang tersebut karena kecepatan mereka yang lebih santai, tetapi dengan merebaknya sepeda listrik, kecepatan sepeda mengalami peningkatan. Pada saat yang sama, jalur sepeda sepanjang 22.000 mil di perkotaan menjadi lebih padat. Nieuwenhuizen berkata, “menggunakan ponsel saat bersepeda sama berbahayanya dengan menggunakan ponsel saat berkendara di mobil.”

“Faktanya adalah bahwa setiap kali Anda berada di jalan, Anda harus benar-benar fokus dan tidak melakukan aktivitas lainnya dengan ponsel.”

Menurut Kementerian Transportasi, satu dari tiga anak berusia 12 hingga 21 tahun menggunakan ponsel mereka saat bersepeda. Ia juga mengatakan bahwa handset berperan dalam sekitar 20 % kecelakaan sepeda yang melibatkan pengguna jalan di bawah usia 25 tahun.

Tahun lalu, Belanda mengikuti jejak langkah Jerman dan Australia dengan memasang lampu lalu lintas ke trotoar untuk mencegah pejalan kaki menggunakan ponsel pintar di tengah lalu lintas.

 

Belanda Akan Mengenakan Sanksi Kepada Pengendara yang Menggunakan Ponsel saat Bersepeda

Tags: