Bocoran Samsung Galaxy S20 vs iPhone 12, Bagus Mana?

Bocoran iPhone 12 dan Samsung Galaxy S20
Bocoran iPhone 12 dan Samsung Galaxy S20 (Sumber: Smazizg/Ben Geskin dan XDA Developers @MaxWibenach)

Sepertinya sudah merupakan hal yang lumrah, bocoran desain sebuah smartphone keluar terlebih dahulu sebelum benar-benar dirilis. Teranyar, ada bocoran desain Samsung Galaxy S20 yang beredar luas di forum soal teknologi. Sebelumnya, pada Desember 2021, bocoran dari iPhone 12 juga sudah tersebar.

Memang, bocoran yang tersebar ini bukan resmi dari pihak pabrikannya. Karena itu,  bocoran tersebut pun belum 100 persen benar atau belum tentu akurat.

Namun enggak bisa dipungkiri, bocoran dari smartphone yang bakal dirilis, terutama smartphone flagship, bakal memunculkan hype tersendiri. Netizen terutama penggemar smartphone bakal ramai-ramai mengkritik atau mengapresiasi bocoran itu.

Jadi, sebelum tanggal rilisnya diumumkan secara resmi, smartphone dimaksud bakal cukup populer terlebih dulu. Artinya, pabrikan atau brand, enggak harus berusaha dari nol untuk memperkenalkan smartphone keluaran terbarunya itu.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Samsung Galaxy A51, Smartphone dengan 5 Kamera

Di sini, saya akan mencoba membandingkan bocoran, terutama dari segi desain, antara Samsung Galaxy S20 dan iPhone 12. Bisa dibilang, meski saat ini banyak saingan, dua brand tersebut masih mendapatkan tempat di hati konsumen tanah air.

Langsung saja, mari ke Galaxy S20 dulu.

Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20
Samsung Galaxy S20 (sumber: XDA Developers @MaxWibena)

Keluarnya bocoran Galaxy S20 ini terbilang unik. Pasalnya, namanya tak sesuai prediksi yang digadang-gadang.

Sebelumnya, di 2021 Samsung sudah mengeluarkan Samsung Galaxy S10. Nah, biasanya sih smartphone flagship penerusnya bakal memakai nama yang berurutan. Jadi, mungkin namanya bakal jadi Samsung Galaxy S11.

Uniknya, bocoran Samsung yang diyakini bakal jadi smartphone flagship ini namanya adalah Galaxy S20. Bocoran penampakan atau fotonya pertama kali muncul di XDA Developers. 

Mereka meyakini, nama smartphone yang digadang-gadang rilis pada Februari 2021 ini tak bakal terubah. Adapun nama yang tercantum dalam smartphone-nya adalah Samsung Galaxy S20+ 5G.

Sekilas, di bagian depan, desainnya tak ada yang spesial. Bezel-nya tampak tipis. Sementara itu, lubang atau notch-nya tempat menyimpan kamera depannya terlihat lebih kecil.

Samsung Galaxy S20 (sumber: XDA Developers @MaxWibena)
Samsung Galaxy S20 (sumber: XDA Developers @MaxWibena)

Kemudian, di bagian belakangnya, ada desain yang mencuri perhatian. Desain yang dimaksud adalah modul kameranya. Di mana di bagian punggungnya itu seperti ada empat lubang kamera yang tersusun di dalam modul berbentuk kotak, namun ujungnya tak sedikit melengkung.

Adapun warna dari bocoran smartphone itu adalah hitam. Untuk sementara, perincian spesifikasinya masih belum diketahui.

Baca Juga  Lenovo PHAB Plus REVIEW

iPhone 12

Iphone 12
iPhone 12 (sumber: Smazizg/Ben Geskin)

Setelah melihat bocoran Samsung S20, mari kita beralih ke iPhone 12. Bocoran smartphone buatan Apple ini sebenarnya sudah beredar sejak Desember 2021.

Berbeda dari Galaxy S20 yang justru unik di bagian belakangnya, iPhone 12 ini unik di bagian depannya. Ya, di bagian depannya, terlihat tak ada sama sekali lubang alias notch kamera.

Ada dua kemungkinan terkait penempatan kamera depannya nanti. Bisa jadi iPhone 12 menempatkan kamera depannya dalam modul pop up, atau bisa jadi di bawah layar.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro

Sementara itu, tak begitu banyak perubahan di bagian punggungnya. Kamera belakangnya masih ditempatkan tersusun di modul berbentuk kotak dengan pinggiran yang tak tajam. Desain ini mirip trio iPhone 11.

Tak banyak spesifikasi yang terungkap dari smartphone yang diyakini akan rilis pada September 2021 ini. Hanya saya, laman Tom’s Guide meyakini smartphone ini bakal menggunakan teknologi 5G. Kemudian, spesifikasi RAM-nya pun bakal meningkat. 

Jika iPhone 11 diluncurkan dalam tiga varian, iPhone 12 ini digadang-gadang bakal diluncurkan dalam empat varian. Menurut laporan analis Ming Chi Kuo, diperkirakan ada empat model iPhone 12 berbeda pada 2021, yaitu satu pada 5,4 inci, dua pada 6,1 inci dan varian terbesar berukuran 6,7 inci. 

Bocoran Samsung Galaxy S20 vs iPhone 12, Bagus Mana?