Budaya adalah – Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contoh (LENGKAP)

budaya adalah

Budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat dan diwariskan secara turun menurun dariberikutnya.

Budaya mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Budaya mempengaruhi agama, politik, adat istiadat, bahasa, bagunan, pakaian, bahkan dalam suatu karya seni tak lekang oleh pengaruh budaya.

Oleh sebab itu, seiring berjalannya waktu budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas dalam peradaban manusia. Pada artikel ini akan dikupas secara tuntas pengertian budaya, ciri-ciri suatu budaya, beserta contoh dari budaya yang ada di Indonesia.

Pengertian budaya

Berdasarkan, pengertian dari budaya adalah sesuatu yang berasal dari pikiran, adat istiadat, kebudayaan yang berkembang atau pun kebiasaan yang sulit untuk diubah.

Beberapa ahli juga memiliki pemahaman yang cukup berbeda dari pengertian budaya. Ahli yang memberikan sumbangsih pemikirannya antara lain:

  • E. B Taylor dalam Soekanto
    Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan kepercyaan, kesenian, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Somardi
    Kbudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
  • Koentjaraningrat  
    Budaya diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.
  • Linton
    Budaya adalah keseluruhan sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.
  • Parsudi Suparian
    Budaya adalah seluruh pengetahuan manusia yang di manfaatkan untuk mengetahui serta memahami pengalaman dan lingkungan yang mereka alami. 
  • Ki Hajar Dewantara
    Budaya ialah hasil dari usaha perjuangan masyarakat pada alam serta zaman yang memberikan bukti kemakmuran dan kejayaan hidup. Usaha perjuangan inilah yang mampu menghadapi serta menyikapi berbagai kesulitan dalam mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup masyarakat tersebut.

Ciri budaya

Dalam melakukan indentifikasi suatu budaya atau kebudayaan, kamu bisa melihatnya dari berikut ini.

  • Kebudayaan bersifat universal, namun perwujudan kebudayaan mempunyai ciri-ciri khusus yang sesuai dengan situasi maupun lokasinya. 
  • Dinamis, suatu sistem yang berubah sepanjang waktu
  • Selektif, mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas
  • Memiliki unsur budaya yang saling berkaitan
  • Etnosentrik artinya menggangap budaya sendiri sebagai budaya yang terbaik atau menganggap budaya yang lain sebagai budaya standar.
  • Kebudayaan mengisi dan menentukan jalan kehidupan manusia.

Contoh budaya

1. Batik

Batik  adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah  menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Batik juga merupakan warisan  nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.

Baca Juga  Penyidik Adalah
budaya adalah

Sejarah perkembangan batik di  Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit  dan kerajaan  sesudahnya. Dalam beberapa catatan batik banyak dilakukan  pada masa kerajaan Mataram, kemudian berkembang di kerajaan  Solo dan Yogyakarta.

2. Karapan Sapi

budaya adalah

Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.

3. Ngaben

budaya adalah

Ngaben adalah sebuah upacara pembakaran jasad yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Upacara ini dimaksudkan untuk menyucikan roh anggota keluarga yang sudah meninggal yang akan menuju ke tempat peristirahatan terakhir.

Budaya adalah – Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contoh (LENGKAP)