Cara Aktifkan Dark Mode Facebook di Android dan iPhone

Cara Aktifkan Dark Mode Facebook di Android
Tampilan mode gelap atau dark mode di Facebook (Sumber gambar: Facebook)

Cara aktifkan dark mode Facebook di Android atau iPhone apps (aplikasi Facebook di smartphone atau HP) mudah dilakukan. Ya, saat ini dark mode atau mode gelap di Facebook sudah tersedia untuk hampir seluruh pengguna.

Sejatinya, fitur dark mode sudah dikenalkan Facebook sejak tahun 2021 lalu. Namun sayangnya, ketika itu fitur ini tak bisa dinikmati semua pengguna.

Awalnya, dark mode hadir untuk versi website dari Facebook saja. Lalu, setelah itu dark mode juga tersedia untuk versi aplikasi mobile-nya.

Kini, di awal 2021, dark mode sudah hampir tersedia untuk seluruh pengguna. Jadi, Facebook sudah memperluas penggunaan mode gelap untuk sejumlah pengguna.

Baca juga: Cara Berkirim Pesan (DM) Instagram ke Teman Facebook Anda

Dilihat Teknonia.com dari aplikasi Facebook, ketika diubah jadi dark mode, latar belakang tampilannya didominasi warna abu-abu gelap dan hitam. Sementara itu, warna tulisannya jadi warna putih untuk tulisan biasa, dan tetap warna biru untuk tulisan yang mengandung link.

Ketika berada di beranda, logo atau font Facebook yang berada di pojok kiri-atas juga berubah jadi warna putih. Lalu, sejumlah ikon seperti ikon untuk marketplace, pencarian, notifikasi, dan lain-lain, ikut berubah jadi putih.

Nah, bagi Anda yang ingin mengaktifkan dark mode di Facebook, berikut ini adalah caranya:

Langkah-langkah Cara Aktifkan Dark Mode di Facebook Android dan iPhone Apps

Pertama, silakan update atau perbarui dulu aplikasi Facebook Anda ke versi yang terbaru. Agar lebih mudah, berikut ini adalah tautannya: PlayStore | App Store.

Apabila versi Facebook Anda sudah yang paling baru, silakan buka aplikasinya. Setelah ada di beranda, langsung masuk saja ke menu. Caranya, tinggal pilih ikon tiga garis di pojok kanan atas.

Saat tampilan menu muncul, gulir layar ke bawah sampai menemukan “setting & privacy” atau “pengaturan & privasi”. Pilih opsi tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Avatar Facebook, Bisa Via HP Android atau iOS

Kemudian, Anda akan langsung menemukan opsi “dark mode” atau “mode gelap”, tinggal pilih saja. Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada tiga opsi, yakni “On” (hidupkan), “Off” (matikan), atau “Use system setting” (gunakan pengaturan sistem).

Untuk mengatur agar dark mode itu terus-terusakan aktif, silakan pilih “on”. Sementara itu, jika Anda ingin agar tampilan dark mode itu tergantung dari pengaturan tampilan di sistem-nya, Anda bisa memilih “Use system settings”.

Baca Juga  Membuat HP Jadi Webcam Laptop via Aplikasi DroidCam

Itulah cara aktifkan dark mode di Facebook Android atau iPhone apps. Selamat mencoba!

Cara Aktifkan Dark Mode Facebook di Android dan iPhone