Cara Ganti Wallpaper WA Individual, Tiap Chat Jadi Beda-beda

Cara ganti wallpaper WA individual
Cara ganti wallpaper WA individual (Sumber gambar: WhatsApp)

Cara ganti wallpaper WA individual mudah dilakukan. Kini, pengguna WhatsApp atau WA di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur custom wallpaper.

Berkat fitur tersebut, background atau wallpaper di chat individu bisa diganti dan berbeda-beda. Jadi, Anda tak akan bosan lagi melihat wallpaper yang itu-itu saja ketika chat dengan teman.

Berkat fitur ini, Anda juga bisa mengganti wallapaper chat individu sesuai dengan si individunya. Misalnya chat dari pasangan, tentu wallpaper bisa diganti dengan gambar yang lebih istimewa daripada wallpaper di chat teman biasa.

Baca juga: Apa Itu WA GB atau GB WhatsApp? Ini Risiko Penggunaannya

Untuk diketahui fitur custom wallpaper tersedia dalam WhatsApp versi 2.21.2.18. Sebelumnya, fitur tersebut hanya tersedia di WhatsApp versi beta, karena itu awalnya tak semua pengguna bisa mencobanya.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara mengganti wallpaper chat individual di WhastApp secara mudah, dihimpun Teknonia.com dari Zeebiz.com:

Baca juga: Cara Mencari Status WhatsApp Teman, Tak Perlu Repot Scroll

Cara ganti wallpaper WA individual

Sebelum bisa mengganti wallaper chat individu, tentu saja langkah yang harus dilakukan adalah memperbarui atau meng-update terlebih dahulu aplikasinya.

Setelah diperbarui, silakan buka aplikasinya. Kemudian, pilih salah satu kontak atau individu yang wallpaper chat-nya akan diganti.

Jika sudah menentukan kontak atau individu mana, tinggal masuk saja ke kolom chat seperti biasa ketika Anda hendak mengirimkan chat. Di kolom chat, pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “wallpaper”.

Cara ganti wallpaper WA individual
Tampilan opsi custom wallpaper (Sumber gambar: Teknonia.com)

Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada dua opsi. Di bagian atas, ada contoh tampilan wallpaper chat-nya. Kemudian, di bagian bawah ada pilihan “Wallapaper Dimming”.

“Wallpaper Diming” adalah opsi untuk mengatur tingkat redup wallper yang sudah dipilih. Jadi, saat ini Anda pilih atau sentuh saja contoh tampilan wallpaper chat-nya di bagian atas atau pilih opsi “change” (ganti).

Pilihan wallpaper (Sumber gambar: Teknonia.com)

Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada empat opsi, ada “Bright” (terang), “Dark” (gelap), “Solid Colors” (warna solid), dan “My Photos” (Foto saya). Berikut penjelasannya:

  • Bright: Pilih opsi ini jika Anda ingin memilih wallpaper bernuansa terang yang disediakan WhatsApp.
  • Dark: Sementara itu, Anda dapat memilih opsi ini jika menginginkan wallpaper bernuansa gelap yang disediakan WhatsApp.
  • Solid Colors: Jika Anda ingin mengganti wallpaper dengan warna-warna solid seperti biru, merah, hitam, bisa memilih opsi ini.
  • My Photos: Berkat opsi ini, Anda bisa mengganti wallaper chat individu di WhatsApp dengan foto di galeri perangkatmu.
Baca Juga  Fitur WhatsApp Tolak atau Terima Masuk Grup Berguna Banget

Selanjutnya, jika sudah menentukan wallpaper, Anda kembali akan dihadapkan pada dua opsi.

Jika Anda hanya ingin menggunakan wallpaper itu untuk chat dengan orang atau grup tersebut, bisa pilih “For This Chat”. Sementara jika Anda ingin wallpaper itu digunakan untuk semua ruang chat tinggal pilih saja “For all Chat in Light/Dark Theme”.

Baca juga: Cara Mengatur Penyimpanan Data WhatsApp Via Storage Management

Apabila sudah memasang wallpaper-nya, silakan lihat dulu tampilannya. Apabila kurang suka, Anda bisa kembali ke opsi wallpaper dan pilih “Remove Custom Wallpaper” kemudian pasang lagi wallpaper baru.

Demikianlah tutorial cara ganti wallpaper WA individual. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Cara Ganti Wallpaper WA Individual, Tiap Chat Jadi Beda-beda