Cara Live di Fitur Voice Chat Telegram, Jadi Mirip Clubhouse

Fitur voice chat di Telegram
Fitur voice chat di Telegram (Sumber gambar: Pixabay)

Pembaruan fitur voice chat di Telegram resmi dirilis. Pembaruan itu membuat Telegram memiliki fitur aplikasi mirip Clubhouse.

Seperti diketahui, aplikasi media sosial berbasis live audio chat, Clubhouse sedang populer belakangan ini. Banyak acara live dengan topik yang menarik dengan pembicara yang berkualitas digelar di media sosial tersebut. Secara sederhananya, Clubchat bisa diibaratkan sebagai sebuah podcast, namun si pembicaranya berbicara secara langsung atau live.

Saat tulisan ini dibuat, Clubhouse baru tersedia untuk perangkat ponsel iOS dan tengah dikembangkan untuk Android. Nah, sebelum Clubhouse versi Android benar-benar rilis, Telegram justru lebih dulu merilis pembaruan fitur voice chat.

Menurut laman AndroidPolice.com, fitur voice chat yang sudah ada sebelumnya memang membuat pengguna di grup chat bisa berpartisipasi secara mudah di live audio chat atau conference call di grup tersebut. Pengguna bisa masuk, dan juga keluar selama sesi live audio chat itu berlangsung.

Baca juga: Apa Itu Clubhouse? Ini Fitur, Kelebihan, dan Cara Gabung

Kini, setelah fitur voice chat diperbarui, ada beberapa fitur tambahan. Fitur tambahan itu di antaranya adalah live audio chat yang bisa direkam, adanya virtual hand raising, bisa membuat invite link, hingga jumlah pendengar yang tak terbatas. Fitur voice chat juga bisa digunakan di channel dan di grup.

Cara menggunakan fitur voice chat di Telegram

Untuk mulai menggunakan fitur voice chat di Telegram caranya mudah. Pertama, silakan perbarui dulu aplikasi Telegram di ponsel Anda. Jika pembaruannya sudah tersedia, di keterangan Telegram di PlayStore dan di App Store akan ada tulisan “Voice Chat 2.0”.

Setelah aplikasinya diperbarui, admin channel dan grup kini bisa menjadi host live audio chat. Dihimpun dari indianexpress.com, untuk menjadi host caranya adalah tinggal masuk saja ke grup atau channel yang dikelola, kemudian pilih tanda (⋮) atau (⋯) di pojok kanan atas untuk membuka menu. Lalu, di menu tinggal pilih saja “Start Voice Chat”.

Apabila live-nya mulai, akan ada tombol bulat besar berikon mikrofon di bagian bawah akan berwarna hijau. Di bawah tombol bulat itu akan ada tulisan “You are Live”.

Baca juga: Telegram atau Signal? Ini Aplikasi Chat Terbaik Alternatif WA

Admin channel atau grup juga bisa merekam live audio chat tersebut. Untuk mulai merekam selama live audio chat, admin tinggal memilih tanda (⋮) di pojok kanan atas, dan pilih “Start Recording”.

Baca Juga  Cara Menggunakan Fitur App Tracking Transparency iOS 14.5

Untuk membagikan link dari live audio chat yang sedang berlangsung pun caranya kurang lebih sama, tinggal masuk ke menu dan pilih “Share invite link”.

Kemudian, selama live audio chat berlangsung, admin juga bisa mengatur siapa saja yang dapat berbicara dan siapa saja yang mute. Caranya, tinggal tap ikon mikrofon di samping kanan nama pengguna.

Baca juga: Daftar Aplikasi Chat Selain WhatsApp, Lebih Aman dan Privat!

Ikon di samping kanan nama pengguna itu akan berubah jadi ikon orang mengangkat tangan jika pengguna lain memang menggunakan fitur “raise hand”. Untuk mempersilakan pengguna tersebut berbicara, tinggal tap saja ikonnya dan pilih “Allow to speak”.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai fitur voice chat di Telegram. Selamat mencoba!

Cara Live di Fitur Voice Chat Telegram, Jadi Mirip Clubhouse