Cara Membuat Telegram Tidak Terlihat Online, Jaga Privasimu

Cara membuat telegram tidak terlihat online
Telegram (Sumber gambar: Pixabay)

Mau tahu cara membuat telegram tidak terlihat online? Tenang, caranya mudah. Menyembunyikan status di Telegram ini bermanfaat bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan ketika menggunakan aplikasi perpesanan instan (chat) tersebut.

Saat ini, Telegram menjadi satu di antara beberapa aplikasi perpesanan instan yang populer, terutama setelah WhatsApp mengeluarkan kebijakan privasi barunya. Disebut-sebut, banyak yang beralih dari WhatsApp ke Telegram dan Signal.

Untuk diketahui, dalam pengaturan default-nya, status online ini akan muncul saat pengguna terhubung ke Telegram. Bagi sebagian orang, bisa jadi ini tidak nyaman.

Apalagi saat ada pengguna lain yang chat saat status Anda online. Bisa jadi pengguna lain itu berharap Anda segera membalas karena statusnya sedang online, padahal Anda sedang sibuk atau sedang tak ingin membalas chat.

Karena itu, menyembunyikan status online adalah pilihan yang paling tepat. Namun perlu diketahui, di saat Anda menyembunyikan status onlie, Anda pun tak akan bisa melihat status milik pengguna lain.

Apakah Anda tak masalah dengan hal itu? Jika tak masalah, mari lihat tutorialnya berikut ini:

Langkah-langkah cara membuat Telegram tidak terlihat online

Langkah 1: Pastikan Anda memperbarui aplikasi Telegram ke versi yang paling baru. Berikut adalah link download-nya: PlayStore | AppStore

Langkah 2: Apabila sudah diperbarui ke versi terbaru, silakan buka aplikasinya.

Langkah 3: Saat di menu utama atau menu tempat ditampilkannya chat, silakan pilih ikon tiga garis di pojok kiri atas.

Cara membuat telegram tidak terlihat online

Langkah 4: Berikutnya, pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan”.

Langkah 5: Gulir layar ke bawah dan cari opsi “Privacy and Security” atau “Privasi dan Keamanan”.

Langkah 6: Selanjutnya, silakan pilih “Last Seen & Online” atau “Terakhir Dilihat & Online”.

Langkah 7: Silakan atur “Last Seen & Online” Anda ke “Nobody” atau “Tidak Seorangpun”. Atau, jika Anda hanya ingin memperlihatkan status online Anda ke kontak di aplikasinya saja, silakan pilih “My Contacts” atau “Kontak Saya”.

Langkah 8: Pilih “Ok” atau “Setuju” jika muncul konfirmasi ulang dari Telegram.

Langkah 9: Anda juga bisa membuat pengecualian, artinya Anda dapat menyembunyikan status online ke pengguna tertentu saja. Caranya, tinggal pilih saja di bagian bawah “Never Share With” atau “Jangan Pernah Bagikan Dengan”, dan pilih “Add Users” atau “Tambahkan Pengguna”.

Itulah cara membuat telegram tidak terlihat online. Bagi Anda yang menggunakan Telegram di perangkat laptop atau PC, caranya pun masih sama. Anda bisa pergi ke Settings > Tab Privacy and Security > Last seen & online, lalu klik “Save” dan pilih “Continue” saat muncul konfirmasi.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Anonytun di Android Terbaru 2021

Cara Membuat Telegram Tidak Terlihat Online, Jaga Privasimu