Cara Menambah Kapasitas RAM di Smartphone Android

Semakin hari ukuran aplikasi di Android semakin besar dan semakin memberatkan. Hal tersebut tentu sangat merugikan bagi pemilik smartphone dan tablet Android lama karena performanya akan menurun. Maka dari itu, kali ini Resumecheap.com akan mengulas cara menambah kapasitas RAM di smartphone dan juga tablet Android.

Jika sebelumnya kita pernah membahas cara menambah memori internal, maka tips kali ini hanya akan berfokus pada RAM. Tips yang akan dibahas di sini bisa diaplikasikan untuk perangkat yang sudah di-root ataupun belum di-root. Namun sebelum mengulas lebih, mari kita ketahui terlebih dahulu definisi dari RAM.

Apa Itu RAM?

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. Fungsinya adalah untuk menyimpan data sementara. Secara teori, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka akan semakin banyak pula aplikasi yang bisa dibuka secara bersamaan tanpa menimbulkan lag.

Sistem operasi juga dapat memakan kapasitas RAM. Semakin banyak aplikasi yang dipasang, maka akan semakin banyak pula kapasitas RAM yang digunakan. Jika sudah melebihi batas kemampuannya, maka perangkat Android akan mulai lambat, nge-lag, dan tidak stabil.

Cara Menambah RAM Tanpa Root

Untuk meningkatkan performa RAM secara maksimal sebenarnya lebih baik untuk melakukan rooting terlebih dahulu. Namun jika Anda khawatir akan terjadi masalah atau khawatir akan kehilangan garansi, maka terdapat juga cara-cara sederhana untuk meningkatkannya tanpa perlu melakukan root.

  • Kurangi Widget dan Live Wallpaper

cara menambah kapasitas RAM widget

Widget dan live wallpaper merupakan fitur yang paling boros menggunakan RAM. Banyak widget yang selalu melakukan refresh sementara live wallpaper malah selalu aktif ketika layar menyala. Selain memakan RAM, kedua fitur tersebut juga akan menghabiskan baterai dengan cepat. Oleh karena itu, kurangilah penggunaan widget atau jika bisa hapus saja widget dan live wallpapernya jika tidak dibutuhkan.

Terdapat beberapa aplikasi yang terus menggunakan kapasitas RAM meskipun kita sedang tidak menggunakannya. Aplikasi semacam itu tentu harus dinonaktifkan agar tidak terus-terusan menyebabkan lag di Android. Kita bisa melakukan fitur “disable application” untuk menonaktifkannya.

Caranya, buka “settings” kemudian pilih menu “apps” atau “application manager.” Di sana, berpindahlan ke tab “all” untuk melihat semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Anda. Buka salah satu aplikasi yang tidak digunakan kemudian klik tombol “disable”.

Baca Juga  Smartfren Andromax C3S dan C3Si, HP Android Murah Dengan Kamera 5 MP

Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan pernah men-disable aplikasi yang berkaitan dengan sistem Android. Jika Anda melakukannya, maka biasanya akan terjadi beberapa masalah pada perangkat Anda seperti fitur yang tidak berfungsi, force close, dan lainnya.

cara menambah RAM animasi

Animasi pada Android juga sering memakan kapasitas RAM sehingga lebih baik Anda mematikannya saja. Caranya, buka “Settings”, kemudian pilih menu “About Phone” lalu pada bagian build number ketuk sebanyak 7 kali hingga keluar notifikasi bahwa Anda kini telah menjadi developer.

Setelah itu kembalilah ke “Settings” lalu buka menu “Developer Options”. Di sana pilihlah opsi “Drawing” kemudian matikan Window animation scale,  Transition Animation scale, dan Animator duration scale agar tidak ada lagi animasi yang menggunakan RAM secara berlebihan.

Cara Menambah Kapasitas RAM dengan Root

Jika perangkat Android Anda sudah di-root, maka trik ini akan sangat cocok untuk Anda. Trik ini akan membuat partisi baru di SD card yang berfungsi sebagai RAM kedua di perangkat Android Anda. Untuk menjalankan trik ini dengan sempurna Anda harus memiliki SD card dengan minimal claas 4. Untuk hasil yang lebih baik disarankan untuk menggunakan SD card class 10.

cara menambah RAM swap

Pertama-tama, unduhlah aplikasi MemoryInfo & Swapfile Check di sini. Jalankan aplikasi tersebut dan berikan izin akses SuperUser. Setelah itu klik “start ramexpander test here” di bagian bawah layar. Pilih SD-card atau Ext SD-card kemudian klik “Click for result”. Jika pesan “Congratulations” muncul maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi ROEHSOFT RAM-EXPANDER (SWAP) melalui Google Play Store di sini. Jalankan aplikasi tersebut lalu beri izin akses root. Setelah itu, gunakan slider untuk memilih berapa kapasitas SD card yang ingin dialokasikan sebagai RAM tambahan.

Jika Anda bingung, pilihlah opsi “optimal value” untuk mengaturnya secara otomatis ke pengaturan terbaik. Anda juga dapat mengaktifkan opsi “autorun” agar fitur ini selalu berjalan otomatis ketika perangkat Android dinyalakan. Setelah itu, klik “Swap Activ” untuk mulai menambah RAM.

Setelah mengikuti cara menambah kapasitas RAM di atas, kini smartphone dan tablet Anda dapat berjalan lebih lancar karena sudah memiliki RAM tambahan. Jika Anda memiliki masalah lain yang menyebabkan perangkat Android menjadi lemot, silahkan simak tips mengatasinya di sini. Selamat mencoba!

Cara Menambah Kapasitas RAM di Smartphone Android

Baca Juga  Spesifikasi Harga Hisense Pureshot Plus 2, Dilengkapi Kamera 16MP SONY