Cara Mengatasi Error 0x80070020

Resumecheap.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error ERR_ADDRESS_UNREACHABLE, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 0x80070020. Error 0x80070020 termasuk salah satu permasalahan yang paling sering muncul ketika pengguna mencoba untuk memperbarui Windows.

Apa itu error 0x80070020?

Error 0x80070020 biasanya muncul ketika pengguna mencoba untuk mengunduh dan menginstal pembaruan Windows. Error ini bisa terjadi pada perangkat yang menggunakan Windows 10, Windows 8 atau Windows 7.

Apa penyebab error 0x80070020?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan error ini, tetapi yang paling umum adalah software mengganggu proses instalasi. Mungkin software antivirus diatur terlalu ketat, atau bisa juga malware yang menghalangi proses pembaruan.

Cara Mengatasi Error 0x80070020 di Windows 10

Mungkin perlu sedikit waktu untuk menyelesaikan masalah ini, tetapi beberapa langkahnya relatif sederhana. Setidaknya ada 5 cara yang akan kita coba. Sebaiknya kamu melakukannya secara berurutan.

1. Jalankan Antivirus

Jika software jahat memblokir instalasi pembaruan Windows, kamu bisa melakukan pemindaian antivirus secara menyeluruh. Jika virus memang menghalangimu untuk memperbarui sistem, scan virus bisa menyelesaikan masalah ini.

Jika scan biasa belum memperbaiki masalah, coba jalankan pemindaian sistem secara penuh dari safe mode.

2. Nonaktifkan Antivirus

Langkah ini hanya tindakan sementara, karena jika terlalu lama menonaktifkan antivirus bisa membuat sistemmu rentan terhadap serangan.

Beberapa antivirus kadang terlalu ketat dalam melindungi sistem sehingga bisa terjadi salah identifikasi proses pembaruan Windows atau pembaruan tertentu yang coba diunduh.

3. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Sistem operasi Windows modern memiliki sejumlah alat pemecahan masalah yang berbeda dan jauh lebih efektif dibandingkan sistem operasi Windows lawas. Coba jalankan Windows Update Troubleshooter. Walaupun belum pasti dapat mengatasi masalah, setidaknya kita berusaha mencobanya.

4. Reset Windows Update Services

Ada kemungkinan bahwa suatu elemen dari Windows Update Services telah berulah dan mencegah pembaruan. Cara terbaik untuk memastikan itu tidak terjadi lagi adalah dengan merestartnya.

5. Restart Background Intelligent Transfer Service (BITS)

BITS Windows memiliki peran besar dalam memberikan pembaruan ke sistem. Jadi jika ia berhenti bekerja, maka kesalahan 0x80070020 dapat muncul.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error 0x80070020. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error 0x80070020