Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check

Resumecheap.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error Dota 2 Packet Loss, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check. Pesan error cyclic redundancy check (CRC) bisa muncul ketika terjadi kerusakan atau adanya perubahan yang mencurigakan dalam data perangkat penyimpanan dan jaringan.

Selain itu, error cyclic redundancy check juga bisa muncul saat rusaknya registri program, serta kesalahan konfigurasi untuk aplikasi dan instalasi program.

Yang paling sering terjadi, error ini muncul ketika komputer tidak bisa membaca data dari hard disk, CD, DVD, disk Blu-Ray.

Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check

Karena penyebab error cyclic redundancy check biasanya terkait dengan file yang sedang diakses, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi error ini.

Cara 1 : Restart komputer. Ya, memang cara ini sangat sederhana. Tapi siapa tahu dapat memperbaiki berbagai masalah komputer, termasuk yang berkaitan dengan kesalahan data.

Cara 2 : Colokkan kembali drive eksternal. Jika error muncul saat mencoba mengakses hard drive eksternal atau drive disk, coba cabut dulu, restart komputer, lalu sambungkan kembali.

Cara 3 : Download ulang file. Jika kamu mengalami error ketika mencoba membuka atau menjalankan file hasil download, ada kemungkinan file tersebut rusak ketika proses download karena masalah server atau koneksi internet.

Cara 4 : Instal pembaruan sistem operasi terbaru. Pembaruan macOS dan Windows baru sering kali menyertakan perbaikan untuk kesalahan drive dan file.

Cara 5 : Scan drive. Kamu dapat melakukan pemindaian drive pada Windows dan menggunakan First Aid Disk Utility pada macOS untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan.

Cara 6 : Scan drive menggunakan Command Prompt. Jika error menyulitkanmu untuk memindai drive melalui metode di atas, kamu juga dapat memulai pemindaian dengan mengetikkan chkdsk /f c: pada command prompt.

Cara 7 : Coba instal dari Safe Mode. Jika kamu berulang kali mendapatkan pesan error saat mencoba menginstal program dari disk, coba restart Windows dalam Safe Mode dan instal dari sana.

Cara 8 : Memformat drive disk. Jika hard drive atau disk drive berulang kali mengalami error, kamu mungkin perlu memformatnya kembali.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check