Cara Menggunakan Greenify di Android Tanpa Root

Ada yang mengatakan bahwa semakin canggih ponsel yang Anda gunakan, maka semakin boros baterainya. Untuk mengatasi permasalahan baterai yang boros pada smartphone, Greenify hadir untuk membuat baterai ponsel pintar Anda jadi lebih hemat. Bagaimana cara menggunakan Greenify? Apakah aplikasi ini cukup efektif?

Jika Anda mengira bahwa baterai smartphone bisa awet dengan sendirinya meskipun tidak sedang membuka aplikasi, maka Anda harus mengubah pemikiran tersebut. Pasalnya, aplikasi yang tidak sedang dibuka sekali pun dapat berjalan di dalam background.

Tak hanya menghabiskan kuota internet Anda, aplikasi tersebut juga menghabiskan daya baterai ponsel. Jika baterai ponsel pinter Anda boros, maka Anda memerlukan Greenifiy. Apa itu Greenify? Yuk, simak ulasan selengkapnya dari Resumecheap.com berikut ini.

Apa Itu Greenify?

greenify

Beberapa orang mungkin masih asing kala mendengar nama Greeninfy. Ini adalah aplikasi yang dapat menghemat daya tahan baterai ponsel dengan cara menempatkan aplikasi yang kerap kali menguras baterai ke dalam mode hibernasi. Greenify juga akan menutup aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan agar ponsel dapat berjalan dengan ringan.

Greenify dapat dipakai di Android maupun iOS. Banyak pengguna Android yang memanfaatkan aplikasi ini pada smartphone yang sudah di root. Padahal, Greenify bisa berjalan tanpa root. Dengan adanya aplikasi ini di smartphone Anda, maka dijamin baterai akan lebih awet dan smartphone lebih minim lag.

Fungsi Greenify

Fungsi Greenify Cara Menggunakan Greenify

Masih ragu untuk menginstall Greenify pada ponsel pintar Anda? Beberapa fungsi Greenify ini harus Anda ketahui agar Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera memasang aplikasi bermanfaat yang satu ini pada ponsel Anda.

Random Access Memory atau yang biasa disingkat menjadi RAM adalah media simpan sementara yang berfungsi pada saat Anda menggunakan ponsel. RAM akan bertambah banyak dan menjadi penuh apabila Anda menjalankan berbagai macam aplikasi.

RAM yang terus bertambah akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, Greenify hadir untuk membuat RAM ponsel pintar Anda menjadi lebih lega sehingga kinerja menjadi lebih cepat.

Siapapun pasti mendambakan sebuah ponsel pintar dengan baterai yang awet. Namun, hal tersebut sangat sulit ditemukan pada ponsel-ponsel terbaru, sekali pun ponsel tersebut menyediakan fitur penghemat baterai otomatis.

Nah, dengan menggunakan Greenify baterai ponsel Anda akan jauh lebih awet karena Greenify akan menutup aplikasi yang bekerja menyerap data baterai secara “diam-diam” di background.

  • Membuat Performa Ponsel Lebih Stabil

Anda tentu akan menjadi sangat kesal kala sedang menggunakan aplikasi tertentu, tiba-tiba ponsel menjadi berjalan lebih lambat atau lag. Ternyata Greenify juga bisa mengatasi masalah ini.

Anda tidak perlu membersihkan RAM secara manual kala ponsel Anda berjalan dengan lambat. Pasalnya, Greenify akan membuat ponsel tetap stabil dengan menghibernasikan aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.

Baca Juga  Informasi Seputar Aplikasi RAB dengan Microsoft Excel

Banyak pengguna Android yang khawatir untuk menggunakan aplikasi sejenis karena takut tidak akan memperoleh notifikasi saat aplikasi sedang dihibernasikan. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan Anda alami ketika menggunakan Greenify karena dengan memilih menu “Keep Notification” Anda akan tetap memperoleh notifikasi dari aplikasi yang dihibernasikan.

Cara Download Greenify Melalui Play Store

Cara Download Greenify Melalui Play Store Cara Menggunakan Greenify

Tidak semua pengguna ponsel Android berkenan untuk melakukan root pada ponselnya. Hal ini disebabkan karena root bisa mengakibatkan garansi resmi ponsel tersebut hilang. Cara menggunakan Greenify di ponsel Android yang tidak di root sangat mudah karena pada dasarnya aplikasi ini tersedia di Google Play Store.

Belum punya aplikasi Greenify di ponsel Android kesayangan Anda? Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh Greenify dari smartphone Anda.

  1. Masuk ke Google Play Store yang tersedia di smartphone Android Anda
  2. Tekan “Search Button” (tombol pencarian), lalu ketik “Greenify
  3. Pilih aplikasi Greenify yang resmi
  4. Klik tombol “Install” untuk memasang aplikasi Greenify di ponsel Anda
  5. Klik tombol “Accept” untuk mulai mengunduh dan memasang Greenify secara otomatis
  6. Tunggu beberapa saat karena kecepatan mengunduh aplikasi tergantung pada konektivitas internet yang Anda gunakan

Perlu Anda ketahui bahwa Greenify tersedia dalam versi gratis dan versi donasi. Seperti aplikasi-aplikasi lainnya versi donasi menyediakan beberapa fitur tambahan yang semakin mendukung kinerja aplikasi ini. Donasi yang Anda berikan akan digunakan oleh pengembang aplikasi agar tetap dapat melakukan update terbaik untuk aplikasi Greenify.

Cara Menggunakan Greenify Tanpa Root

Sebelum memasuki tahap cara menggunakan Greenify, perlu diketahui bahwa aplikasi Greenify akan selalu memberi opsi untuk HP yang sudah diroot atau tanpa root. Nah, untuk kali ini Anda bisa klik pada “My device is NOT rooted.” Lalu Anda klik “Next.”

Cara Menggunakan Greenify Tanpa Root 1

Tahukah Anda bahwa Greenify yang diinstall pada perangkat yang tidak di root akan banyak memberikan manfaat untuk smartphone Anda. Berikut ini adalah cara menggunakan Greenify tanpa akses root.

1. Masuklah ke aplikasi Greenify yang sudah Anda Install. Kemudian, Anda bisa langsung klik dan pilih simbol “+” untuk mengatur aplikasi apa saja yang akan dihibernasi.

Cara Menggunakan Greenify Tanpa Root 2

2. Setelah itu, kini Anda sudah memasuki menu “App Analyzer.” Di sini Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang akan dihibernasi. Anda hanya perlu klik pada setiap aplikasi yang dipilih kemudian klik simbol “Checklist” yang berada di bagian pojok kanan bawah.

Cara Menggunakan Greenify Tanpa Root 3

Perhatikan tulisan yang berwarna biru karena Greenify akan menginformasikan tentang aplikasi yang sebaiknya dihibernasikan. Greenify akan memasukakan aplikasi yang berjalan di background, scheduled running, dan yang mengakibatkan ponsel menjadi berjalan lebih lambat

Baca Juga  Aplikasi Antivirus Android Terbaik

3. Nah, kini memasuki tahap melakukan hibernasi pada setiap aplikasi yang sudah dipilih. Aplikasi yang sudah Anda pilih sebelumnya akan langsung dimasukan pada menu “Greenify.” Kini Anda hanya perlu melakukan hibernasi saja dengan klik simbol lingkaran bertuliskan “Zzz” di bagian pojok kanan bawah. Secara otomatis Greenify akan melakukan hibernasi pada aplikasi yang ada pada menu “Greenify.”

Cara Menggunakan Greenify Tanpa Root 4

Hibernasi Aplikasi dengan Automated Hibernation

Ada aplikasi yang tidak bisa dimasukkan ke dalam mode hibernasi melalui Greenify? Tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan Automated Hibernation. Nah, bagaimana cara menggunakan Greenify untuk menghibernasikan aplikasi secara otomatis?

1. Untuk mengaktifkan Automated Hibernation, klik pada simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas dan pilihlah menu “Troubleshooting.”

Hibernasi Aplikasi dengan Automated Hibernation 1

2. Kemudian, Anda bisa klik “Auto-hibernation.”

Hibernasi Aplikasi dengan Automated Hibernation 2

3. Lalu aktifkan “Service Guardian” dengan cara mengklik pada bagian kanannya menjadi hijau

Hibernasi Aplikasi dengan Automated Hibernation 3

Nah, kini aplikasi Greenify bekerja secara otomatis menghemat baterai Anda dengan melakukan hibernasi pada aplikasi-aplikasi yang jarang Anda gunakan. Cara ini sangat mudah dan tidak ribet bukan?

Cara Membuat Hibernation Shortcut

Jika Anda merasa repot untuk masuk ke dalam aplikasi Greenify untuk melakukan hibernasi di setiap aplikasi, maka cara mudahnya adalah dengan membuat hibernation shortcut. Fitur yang satu ini akan memudahkan pengguna Grennify untuk langsung melakukan hibernasi pada setiap aplikais yang sudah tidak digunakan.

Namun, sebelum Anda membuat sebuah hibernation shortcut maka Anda harus menentukan setiap aplikasi yang akan dihibernasi terlebih dahulu (caranya ada di paragraf sebelumnya). Jika Anda sudah menentukan setiap aplikasinya, maka kini saatnya membuat hibernation shortcut:

1. Masuk ke dalam aplikasi Greenify, pilihlah simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas dan klik “Create hibernation shortcut.”

Cara Membuat Hibernation Shortcut 1

2. Setelah itu, Greenify akan memberikan dua pilihan shortcut yakni hibernate now yang artinya Anda akan langsung melakukan hibernasi pada setiap aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya. Atau memilih sleep and hibernate yang artinya Greenify akan melakukan sleep baru dilakukan hibernasi. Klik salah satunya saja sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Hibernation Shortcut 2

3. Jika sudah memilih, maka secara otomatis hibernation shortcut akan langsung ditampilkan di menu utama pada launcher HP Anda. Jika Anda ingin melakukan hibernasi, tinggal klik shortcut tersebut. Mudah bukan?

Cara Membuat Hibernation Shortcut 3

 

Nah, itulah cara menggunakan Greenify berserta dengan fungsinya. Anda tak perlu me-root ponsel untuk dapat menggunakan aplikasi penghemat baterai dan RAM seperti ini.

Greenify adalah aplikasi resmi yang bisa Anda peroleh di Google Play Store. Yuk, buat ponsel Android Anda menjadi lebih hemat baterai dan memiliki performa yang lebih baik dengan menginstall Greenify!

Cara Menggunakan Greenify di Android Tanpa Root