Cara Menggunakan NFC di Realme 8 Series untuk Isi Saldo eMoney

Cara menggunakan NFC di Realme 8
Realme 8 (Sumber gambar: situs Realme Indonesia)

Cara menggunakan NFC di Realme 8 dan Realme 8 Pro untuk keperluan eMoney terhitung mudah. Dua ponsel penerus Realme 7 series itu telah diluncurkan di Indonesia pada 7 April 2021. Satu fitur menarik yang disematkan di dua ponsel tersebut adalah NFC.

NFC merupakan fitur yang banyak dibutuhkan pengguna smartphone atau ponsel di kota besar, terutama di Jakarta. Pasalnya, berkat fitur tersebut pengguna bisa mengecek saldo dan top up saldo uang elektronik (eMoney) langsung di perangkat ponselnya.

Seperti diketahui, eMoney diperlukan untuk beberapa transaksi. Misalnya, eMoney digunakan untuk pembayaran tol, tiket transportasi umum, hingga berbelanja di toko. Bertransaksi dengan eMoney tentu saja lebih praktis.

Baca juga: Performa Gaming Realme 8 Pro, Main Genshin Impact hingga PUBG

Nah, bagi Anda pengguna Realme 8 dan Realme 8 Pro, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan NFC di dua ponsel tersebut untuk keperluan eMoney:

Cara menggunakan NFC di Realme 8 dan Realme 8 Pro

Untuk menggunakan Realme 8 dan Realme 8 Pro buat cek saldo dan top up saldo eMoney, tentu Anda harus mengaktifkan NFC-nya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkannya:

Langkah 1: Tarik layar di bagian atas ke bawah sampai muncul menu pengaturan.

Langkah 2: Geser menu tersebut ke kiri dan cari opsi NFC.

Langkah 3: Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan saja ikon NFC-nya.

Baca juga: Ini Hasil Kamera Realme 8 Pro, Resolusinya 108MP

Atau, Anda juga bisa mengaktifkan NFC melalui menu pengaturan. Saat di pengaturan, tinggal cek kolom pencarian dengan ikon kaca pembesar di bagian atas. Di kolom itu, tinggal ketikkan NFC. Nantinya, opsi NFC bakal muncul.

Cek saldo eMoney

Apabila NFC di ponsel Realme 8 dan Realme 8 Pro Anda sudah aktif, langkah berikutnya untuk menggunakan perangkat buat cek saldo adalah mengunduh aplikasinya.

Ada banyak aplikasi untuk mengecek saldo eMoney di PlayStore dan App Store. Namun, yang paling terpercaya tentu saja aplikasi dari penyedia eMoney-nya langsung. Misal, Anda yang menggunakan eMoney Mandiri bisa menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri (dulunya bernama Mandiri Online).

Atau, Anda juga bisa menggunakan dua aplikasi yang sudah banyak digunakan pengguna, yakni eSaldo Info dan Saldoku. Dua aplikasi tersebut tersedia di toko apikasi, tinggal cari dan unduh saja.

Baca Juga  Redmi Note 10 Pro Ada NFC, Ini Cara Menggunakannya, Cek eMoney

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro, Kameranya Bagus?

Isi saldo eMoney

Untuk isi saldo eMoney via ponsel, caranya berbeda-beda. Di beberapa layanan eMoney, isi saldo biasanya bisa langsung melalui aplikasi resminya. Agar lebih rinci, dihimpun dari teknonia.com dari Kompas Tekno, berikut ini adalah cara isi saldo untuk beberapa eMoney:

eMoney Mandiri

Bagi Anda pengguna eMoney Mandiri, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Livin’ by Mandiri. Pasalnya, di aplikasi itu Anda bisa isi ulang saldo eMoney.

Jika aplikasinya sudah terpasang, silakan buka dan masuk ke “E-Money” > “Isi Ulang E-Money”. Selanjutnya, silakan tempelkan kartu eMoney di belakang ponsel dan tunggu sampai saldo muncul di layar.

Selain cara tersebut, pengguna eMoney Mandiri juga dapat isi ulang saldo melalui eCommerce Tokopedia dan Bukalapak. Di Tokopedia pengguna bisa pilih “Top Up & Tagihan” > “Uang Elektronik” > “Mandiri E-Money”. Sedangkan, di BukaLapak bisa pilih memilih menu “Lainnya”, gulir ke bawah sampai menemukan menu “Top up E-Money Mandiri”.

BRI Brizzi

Selanjutnya, pengguna BRI Brizzi juga dapat isi saldo di aplikasi BRI Mobile. Caranya, di dalam aplikasinya pengguna bisa pilih “Internet Banking” > “Pembelian” > “Top up Online Brizzi”. Berikutnya, pengguna diminta untuk memasukkan nomor kartu dan nominal saldo, lalu diminta juga untuk menempelkan kartu Brizzi ke punggung ponsel.

Tak hanya lewat BRI Mobile, pengguna BRI Brizzi juga bisa isi saldo via Tokopedia. Caranya sama dengan isi saldo eMoney Mandiri via Tokopedia.

BNI Tap Cash

Bagi Anda pengguna BNI Tap Cash, dapat mengunduh aplikasi Tap Cash Go. Sedangkan, untuk top up, pengguna BNI Tap Cash bisa isi ulang saldo di aplikasi Bukalapak hingga Tokopedia.

Demikianlah cara menggunakan NFC di Realme 8 dan Realme 8 Pro untuk keperluan eMoney. Semoga konten ini dapat membantu Anda.

Cara Menggunakan NFC di Realme 8 Series untuk Isi Saldo eMoney