Cara Menggunakan NFC Redmi Note 10 Pro, Bisa Cek eMoney

Cara menggunakan NFC Redmi Note 10 Pro
Redmi Note 10 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Cara menggunakan NFC Redmi Note 10 Pro perlu Anda ketahui. Pasalnya, dengan memanfaatkan fitur NFC, sebuah ponsel bisa digunakan untuk cek saldo hingga top up saldo eMoney (kartu elektronik).

Redmi Note 10 sudah dirilis di Indonesia pada 30 Maret 2021. Satu fitur yang menarik dari ponsel itu adalah NFC.

Di pasar tanah air, ponsel penerus Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini dibanderol mulai dari Rp 3,5 jutaan untuk varian 6/64 GB, dan Rp 3,9 jutaan untuk varian 8/128 GB. Dengan harga segitu, tentu sudah menjadi hal yang lumrah apabila sebuah ponsel memiliki fitur NFC.

Nah, untuk menggunakan NFC di Redmi Note 10 Pro buat keperluan eMoney, langkah pertama tentu adalah dengan cara mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga: Kelebihan Redmi Note 10 Pro Dibanding Redmi Note 9 Pro, Perlu Upgrade?

Mengaktifkan NFC di Redmi Note 10 Pro

Langkah 1: Tarik layar dari bagian atas ke bawah (swipe down) hingga muncul control panel atau opsi pengaturan.

Langkah 2: Geser control panel itu ke kiri sampai Anda menemukan ikon dan tulisan NFC.

Langkah 3: Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan saja ikon NFC tersebut.

Adapun cara lain untuk mengaktifkan NFC, menurut laman infos-geek.com, adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan” > “Koneksi” > “NFC”.

Cek saldo eMoney via ponsel

Untuk cek saldo eMoney secara langsung di perangkat, Anda bisa mengunduh aplikasi cek saldo. Ada beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna, di antaranya adalah Saldoku dan eSaldo Info. Dua aplikasi itu tersedia di PlayStore.

Atau, Anda juga bisa mengunduh aplikasi penyedia layanan eMoney-nya. Misal, apabila Anda menggunakan BRI Brizzi, bisa mengunduh aplikasi BRI Mobile.

Jika sudah terpasang, silakan buka aplikasinya. Pilih saja opsi “cek saldo”, setelah itu tempelkan kartu eMoney milik Anda di bodi belakang ponsel. Secara otomatis, di aplikasi tersebut akan tampil saldonya.

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 10 Pro, Ada NFC, Kameranya 108MP

Top up saldo eMoney

Pengguna juga bisa top up atau isi saldo eMoney di ponsel ber-NFC. Namun, hal tersebut tergantung dari penyedia eMoney-nya. Ada aplikasi penyedia eMoney yang bisa digunakan untuk top up saldo, ada juga yang tidak.

Baca Juga  Cara Membuat Best Nine Instagram 2021, Tanpa Aplikasi!

Menurut laman Kompas Tekno, beberapa aplikasi yang memiliki fitur untuk isi saldo langsung di ponsel adalah BRI Mobile (BRI Brizzi) dan Livin’ by Mandiri. Di Livin’ by Mandiri, caranya adalah dengan masuk ke opsi “E-Money” > “Isi Ulang E-Money” lalu tempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponsel.

Baca juga: Redmi Note 10 Pro Ada NFC, Ini Cara Menggunakannya, Cek eMoney

Sementara itu, di BRI Mobile, caranya adalah masuk ke opsi “Internet Banking” > “Pembelian” > “Top up Online Brizzi”. Berikutnya, pengguna diminta untuk memasukkan nomor kartu dan nominal saldo, lalu diminta juga untuk menempelkan kartu Brizzi ke punggung ponsel.

Nah, bagi Anda pemilik kartu eMoney lain, bisa mencoba untuk top up saldo di eCommerce ternama, seperti Tokopedia hingga BukaLapak.

Demikianlah pemaparan mengenai cara menggunakan NFC Redmi Note 10 Pro. Semoga konten tulisan ini dapat membantu Anda.

Cara Menggunakan NFC Redmi Note 10 Pro, Bisa Cek eMoney