Cara Menghemat Kuota di Telegram, Matikan Fitur Berikut Ini

Cara menghemat kuota di Telegram
Cara menghemat kuota Telegram mudah dilakukan (Sumber: Telegram)

Cara menghemat kuota di Telegram saat ini banyak diperlukan oleh penggunanya. Jika tak dikontrol saat kita asyik menggunakan aplikasi perpesanan instan (chat) tersebut, kuota internet bisa terkuras habis tanpa sadar.

Seperti diketahui, selain WhatsApp saat ini Telegram menjadi salah satu aplikasi chat populer di ponsel Android dan iPhone. Aplikasi ini punya beragam fitur, seperti grup yang bisa menampung banyak anggota hingga channel yang bisa memiliki banyak subscribers atau pelanggan.

Nah, di dalam grup atau channel itu, banyak file-file seperti berkas, gambar, foto, dan video yang dibagikan. Tak jarang juga videonya berukuran besar. Alhasil, saat fitur unduh otomatis, kuota internet di ponsel kita bisa terkuras banyak.

Dalam tulisan ini, Teknonia.com memaparkan cara agar kuota tetap hemat meski menggunakan Telegram dalam waktu lama. Simak langkah-langkahnya:

Cara menghemat kuota di Telegram

Matikan fitur unduh otomatis

Sama seperti aplikasi chat lainnya, Telegram juga memiliki fitur unduh (download) otomatis. Jadi, apabila fitur ini dihidupkan, semua file seperti berkas, foto, gambar, bahkan video yang dibagikan di chat personal, grup, hingga channel bisa otomatis terunduh dan tersimpan secara otomatis.

Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan boros kuota. Pasalnya, fitur itu bisa mengunduh video secara otomatis sampai maksimal 2 GB jika kita tak mengaturnya. Jadi, untuk menghemat kuota di Telegram, sebaiknya matikan fitur unduh otomatis tersebut. Begini caranya:

Langkah 1: Masuk ke aplikasi Telegran.

Langkah 2: Saat di menu utama atau menu chat, silakan pilih ikon tiga garis di pojok kiri atas.

Langkah 3: Masuk ke opsi “Pengaturan”.

Langkah 4: Selanjutnya, pilih opsi “Data dan Penyimpanan”.

Langkah 5: Di bagian opsi “Unduh media otomatis” silakan matikan opsi “Saat menggunakan data seluler”. Caranya, tinggal sentuh saja tombol virtualnya sampai bulatannya pindah ke kiri.

Langkah 6: Selanjutnya, Anda juga bisa mematikan opsi “Putar Otomatis Media”. Opsi itu persis berada di bawah opsi “Unduh media otomatis”. Matikan pilihan GIF dan video.

Dengan mengatur opsi seperti itu, Telegram di ponsel Anda tak akan secara otomatis lagi berkas, hingga video yang dibagikan. Anda akan bisa memilih sendiri file mana yang hendak diunduh.

Jangan masuk banyak grup

Jika sudah mematikan fitur unduh otomatis, tips berikut ini mungkin bisa juga berguna untuk menghemat kuota Telegram. Tipsnya adalah, jangan terlalu banyak ikut grup atau channel di Telegram.

Baca Juga  Fleets atau Twitter Story: Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Sebaiknya, gabung saja di grup yang memang benar-benar sangat penting (misal: grup kantor). Pasalnya, jika Anda bergabung di banyak grup, terutama grup yang aktif, makin banyak chat yang masuk akan semakin membuat kuota internet Anda terkuras.

Jangan menonton film di Telegram

Saat ini, banyak channel-channel Telegram yang membagikan file film. Saran kami, sebaiknya Anda jangan berlangganan channel seperti itu dan jangan menonton filmnya di Telegram.

Menonton film secara online tentu bisa menguras kuota internet Anda, apalagi menontonnya di Telegram. Selain itu merupakan tindakan yang salah, Telegram sejatinya juga bukan merupakan platform menonton film, jadi tak tersedia opsi untuk menonton dalam kualitas rendah atau standar.

Jika Anda ingin menonton film secara online, sebaiknya menonton saja di platform streaming film yang legal, seperti Netflix, Iflix, Viu, Disney+ Hotstar, dan lain sebagainya. Di platform streaming tersebut, pasti ada opsi untuk menonton filmnya dalam kualitas standar untuk menghemat kuota.

Itulah pemaparan kami mengenai tips dan cara menghemat kuota di Telegram. Mudah-mudahan konten tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah kuota cepat habis karena Telegram.

Cara Menghemat Kuota di Telegram, Matikan Fitur Berikut Ini