Cara Menonaktifkan Video di Zoom HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan video di Zoom HP
Ilustrasi rapat online menggunakan Zoom (Sumber gambar: Pixabay)

Cara menonaktifkan video di Zoom HP mudah dilakukan. Anda bisa mengaturnya lewat beberapa langkah saja di aplikasi Zoom di ponsel Android atau iPhone.

Saat ini Zoom menjadi platform online meeting terpopuler di dunia. Platform ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan rapat online hingga belajar dari rumah.

Selain tersedia untuk perangkat PC/laptop, Zoom juga bisa digunakan di ponsel Android dan iPhone lewat aplikasi. Tinggal unduh saja di PlayStore atau App Store, aplikasi Zoom sudah terpasang.

Baca juga: Cara Mengganti Latar Belakang Zoom di HP Android dan iOS

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Zoom di ponsel, bisa jadi merasa tak nyaman dengan kamera atau video di perangkatnya yang langsung menyala ketika baru masuk ke sebuah rapat online. Pasalnya, mungkin saat Anda baru masuk ke rapat itu, Anda memang belum sepenuhnya siap.

Atau, bisa jadi saat baru masuk ke rapat online, ada gangguan tiba-tiba yang datang. Alhasil, tampilan video Zoom dari perangkat Anda yang tampil di rapat online yang sedang diikuti menjadi terlihat tak sebagaimana mestinya.

Jika Anda punya masalah seperti itu, solusinya adalah dengan cara mengatur sejak dari awal video Anda selalu nonaktif atau mati. Jadi, ketika Anda masuk ke pertemuan online apa pun, video di perangkat Anda akan dalam keadaan mati. Namun jangan khawatir, ketika pertemuan online-nya berjalan, Anda tetap bisa mengubah agar kamera atau video di perangkat Anda hidup.

Baca juga: Cara Download dan Menggunakan Zoom untuk Rapat Online

Berikut ini adalah cara menonaktifkan video di Zoom HP sejak awal:

Cara menonaktifkan video di Zoom HP

Langkah 1: Silakan buka aplikasi Zoom di ponsel Anda.

Langkah 2: Pilih menu “Setting” di pojok kanan bawah.

Cara menonaktifkan video di Zoom HP

Langkah 3: Masuk ke menu “Meeting”.

Langkah 4: Saat sudah masuk di dalam menu “Meeting Settings” Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi pengaturan. Tak perlu bingung, cari saja pilihan “Always Turn Off My Video”.

Cara menonaktifkan video di Zoom HP

Langkah 5: Silakan aktifkan opsi “Always Turn Off My Video”. Caranya, adalah dengan menekan tombol virtual di samping kanannya jadi berwarna hijau.

Tangkapan layar aplikasi Zoom

Dengan mengaktifkan opsi tersebut, kamera atau video Anda akan selalu mati atau tidak menyala saat Anda baru masuk ke pertemuan online apa pun.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara menonaktifkan video di Zoom HP Android dan iPhone. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Download dan Cara Setting Opera Mini (Opmin) Handler Apk Terbaru 2021

Cara Menonaktifkan Video di Zoom HP Android dan iPhone