Cara Menyembunyikan Kontak BBM di Update Feeds

Jika berbicara masalah komunikasi memang tak pernah ada habisnya. Seperti halnya ketika Anda membicarakan tentang ponsel. Ponsel yang semula hanya bisa digunakan untuk menerima panggilan dan mengirim pesan saja, kini ponsel pintar zaman sekarang sudah bisa dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang membuatnya bisa digunakan untuk beragam kebutuhan.

Salah satu aplikasi ponsel yang dapat dikatakan dapat menggemparkan dunia teknologi adalah aplikasi BBM. Aplikasi tersebut tak hanya bisa Anda pasang di smartphone BlackBerry, tetapi Anda juga bisa memasangnya di ponsel canggih lainnya, seperti Android, iOS, dan Windows Phone.

BBM atau bisa juga disebut BlackBerry Messenger ini awalnya adalah aplikasi andalan pabrikan smartphone Blackberry. Dengan aplikasi tersebut, tak hanya chatting yang bisa Anda lakukan dengan mudah, tetapi Anda bisa mengirimkan gambar, video, atau suara lewat BBM dengan hanya waktu beberapa detik saja.

Kini aplikasi BBM tidak hanya dapat digunakan di smartphone BlackBerry saja. Pasalnya, aplikasi ini sudah tersedia pada semua sistem operasi mobile terpopuler seperti Android, iOS, dan juga Windows Phone. Dengan begitu, tidak ada halangan lagi untuk berkomunikasi melalui BBM meskipun berbeda handset.

Aplikasi BBM sendiri sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan ponsel biasa. Ketika Anda ingin menghubungi atau berkomunikasi dengan teman, pastilah Anda harus memiliki kontak teman yang akan Anda hubungi. Begitupun ketika Anda ingin chatting dengan teman atau kolega melalui BBM, Anda juga harus memiliki kontak BBM teman Anda tersebut.

cara menyembunyikan kontak bbm

Yang membedakan mungkin hanya kontak ponsel yang berisi nomor telepon, sedangkan kontak BBM bentuknya adalah semacam PIN yang hanya terdiri dari beberapa digit angka dan huruf. Pin BBM tersebut akan Anda dapatkan ketika Anda sudah memiliki atau mendaftar BlackBerry ID.

Cara Menyembunyikan Kontak BBM di Feeds

Pada aplikasi BBM terdapat satu fitur yang cukup unik bernama feeds. Di dalam feeds tersebut akan ditampilkan berbagai update dari kontak BBM yang Anda miliki, mulai dari update status, update display picture (DP), update nama kontak, serta update lagu yang sedang didengarkan.

Meskipun beberapa di antaranya cukup penting, namun terkadang pemilik BBM merasa risih atau terganggu jika ada teman BBM-nya yang sering update status, tetapi update-an statusnya dianggap tidak penting. Belum lagi jika Anda sedang pusing dan BBM berulang kali bunyi hanya gara-gara update-an teman Anda yang tak penting, Anda pastilah akan langsung badmood.

Baca Juga  Screen Time Android, Cara Mengetahui Selama Apa Sobat Main Hp

Jika Anda ingin menyembunyikan update-an teman Anda yang dirasa mengganggu, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya seperti dikutip dari situs resmi BlackBerry:

menyembunyikan update status feed

  • Buka aplikasi BBM lalu buka feeds.
  • Cari status teman Anda yang ingin disembunyikan.
  • Tekan agak lama pada status tersebut hingga muncul beberapa pilihan.
  • Pilihlah opsi “Hide” yang bergambar mata di sebelah kanan bawah.
  • Pilih opsi “All Feeds” untuk menyembunyikan semua update atau “Status Feeds” untuk menyembunyikan update status saja.
  • Klik OK.

Nah sekarang berbagai status terbaru dari kontak teman Anda tersebut telah disembunyikan. Jadi, walaupun seratus kali sehari teman tersebut membuat status, Anda tetap tak akan mengetahuinya. Apabila Anda ingin memunculkan kembali status tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka BBM.
  • Buka menu Settings.
  • Pilih opsi Blocked Contacts and Feeds
  • Tekan agak lama pada kontak yang ingin ditampilkan kembali hingga muncul beberapa pilihan.
  • Pilih opsi “Remove” di sebelah kanan bawah.

Menyembunyikan Status Lagu

menyembunyikan lagu

Status lagu atau “Listening to” merupakan salah satu yang paling menyebalkan, terutama apabila selalu muncul di feeds. Cara di atas sebenarnya dapat digunakan juga untuk menyembunyikan status lagu. Akan tetapi pasti sangat merepotkan apabila harus menyembunyikannya satu persatu dari setiap kontak.

Untungnya BBM telah menyediakan fitur khusus untuk menyembunyikan update musik ini. Caranya tinggal buka menu Settings lalu matikan opsi ”Show What Others are Listening to”. Selain itu Anda juga bisa menyembunyikan lagu apa yang sedang Anda dengarkan dengan mematikan opsi “Show What I’m Listening to”.

Menyembunyikan Kontak Sendiri

Anda juga bisa melakukan trik untuk menyembunyikan kontak BBM Anda dari teman-teman agar mereka merasa penasaran. Biasanya, pengguna yang sengaja menyembunyikan kontak BBM-nya adalah mereka yang sedang menyelidiki sesuatu, misalnya pacar selingkuh atau memang ia hanya niat iseng saja.

Cara menyembunyikan kontak BBM dari teman-teman Anda tersebut sangat mudah. Anda tinggal memilih karakter yang tidak bisa dibaca oleh BBM sehingga ketika teman melihat kontak Anda, mereka tak menjumpai tulisan apapun pada nama kontak Anda. Kira-kira beranikah Anda mencoba cara ini untuk membuat pengguna BBM lain penasaran?

Cara Menyembunyikan Kontak BBM di Update Feeds

Tags: