Cara Merubah Font Android Dengan dan Tanpa Root

Font merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam tampilan perangkat Android. Selain untuk membuatnya terlihat lebih cantik, mengganti font Android juga akan memudahkan para penggunanya untuk membaca konten yang ditampilkan. Terdapat banyak cara merubah font Android yang bisa Anda coba.

Kali ini Resumecheap.com akan mengulas 4 cara mudah untuk mengganti font pada perangkat smartphone atau tablet Android tersebut. Beberapa cara ini ada yang memerlukan root terlebih dahulu dan aja juga yang tidak. Berikut langkah-langkahnya seperti dikutip dari MakeUseOf:

1. System Settings

Perangkat Android yang berjalan pada Stock ROM alias ROM bawaan biasanya tidak memiliki opsi untuk mengganti font. Namun kini beberapa produsen sudah mulai menambahkan fitur tersebut. Salah satu yang memilikinya adalah smartphone Android buatan Samsung.

Untuk perangkat Samsung yang lama, Anda bisa mengganti font dengan mengakses Settings > Device > Fonts > Font Style. Sedangkan untuk perangkat Samsung yang sudah berjalan pada sistem operasi Android 4.3, Anda bisa menggantinya dengan mengakses Settings > My Devices > Display > Font Style.

cara merubah font android

Selain itu, Samsung juga memiliki online store di mana Anda dapat membeli jenis font baru. Untuk mengaksesnya klik opsi Get Fonts Online di halaman penggantian font tersebut. Setiap font dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai dari $0.99 hingga $3.99.

Selain perangkat Samsung, masih jarang perangkat buatan produsen lainnya yang memiliki fitur ini. Jika perangkat Android Anda tidak memiliki fitur bawaan tersebut, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini.

2. HiFont

font Android hifont

HiFont merupakan aplikasi gratis di Play Store yang dapat digunakan untuk mengganti font di Android. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menyediakan ratusan jenis font yang akan menggantikan font default di berbagai versi Android bawaan smartphone Anda.

Walaupun sudah menyediakan ratusan jenis font, namun Anda tetap bisa menginstal jenis font lainnya melalui aplikasi ini. Menariknya, Anda dapat menghapus aplikasi ini setelah menginstal jenis font yang diinginkan agar tidak memakan jatah memori internal perangkat Anda.

Aplikasi HiFont ini mendukung semua perangkat Samsung Galaxy dengan baik tanpa perlu melakukan root terlebih dahulu. Sedangkan untuk perangkat lainnya Anda biasanya harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows untuk Pemula

3. Font Installer

Aplikasi selanjutnya adalah Font Installer yang juga disediakan secara gratis di Play Store. Aplikasi ini menyediakan ratusan macam font dan Anda juga bisa menginstal custom font langsung dari SD card melalui aplikasi ini. Font Installer juga merupakan salah satu aplikasi yang tersedia dalam ROM Toolbox Pro.

Sayangnya apapun jenis perangkat Android yang Anda gunakan, Anda harus melakukan rooting terlebih dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu jika Anda menggunakan perangkat Samsung, maka HiFont masih menjadi pilihan terbaik.

4. PerAppFonts

Cara merubah font Android selanjutnya adalah menggunakan PerAppFonts. PerAppFonts merupakan aplikasi yang terdapat pada Xposed Framework dan menyediakan fitur yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Ya, selain dapat mengganti keseluruhan font di peranggkat Anda, aplikasi ini juga dapat mengganti font pada aplikasi-aplikasi tertentu saja.

Salah satu kekurangan aplikasi ini adalah jumlah font yang disediakannya hanya 8 jenis saja, yakni Monospace, Serif, Sans, Roboto Condensed, Storopia, Rosemary, Roboto Slab, dan font yang Anda gunakan sekarang. Namun Anda dapat menambahnya dengan memasukkan font yang terdapat di SD card.

Xposed Framework sendiri bisa digunakan jika smartphone Anda sudah di-root sehingga otomatis berlaku juga untuk aplikasi PerAppFont. Usahakan Anda sudah mengerti sistem kerja dari Xposed Framework untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika proses intalasinya.

Pilihan Font Terbaik untuk Android

Beberapa aplikasi di atas memungkinkan kita untuk menginstal jenis font sendiri dari SD card. Dengan begitu kita harus men-download font Android terlebih dahulu untuk dapat menginstalnya. Salah satu tempat favorit untuk mengunduh font gratis andalah Google Fonts.

Google Fonts menyediakan berbagai macam jenis font gratis yang dapat digunakan di mana saja termasuk perangkat Android. Nobile dan Roboto meruapakn dua jenis font yang cukup populer di Google Fonts. Selain itu, seri Serif dan Sans-Serif juga cukup digemari berkat berbagai variasinya.

Serif Fonts

font Android serif

Serif fonts merupakan jenis font yang cukup banyak digunakan di buku cetak, koran, skripsi, dan berbagai tulisan formal lainnya. Font ini lebih formal dari Sans-Serif Fonts dan dianggap paling mudah untuk dibaca. Terdapat 6 jenis Serif Fonts yang cukup banyak digunakan, yakni:

  • Droid Serif: Pada awalnya jenis font ini dibuat khusus untuk layar kecil seperti smartphone Android, namun kini sudah banyak digunakan di berbagai tempat.
  • PT Serif
  • Lora
  • Judson: Judson memiliki desain yang cukup baik, namun jarang digunakan karena tidak memiliki gaya bold dan italics.
  • Merriweather
  • Vollkorn: Jenis font yang tampak cukup baik untuk ukuran kecil, namun kurang begitu bagus untuk ukuran besar.
Baca Juga  Cara Membersihkan Sampah di Laptop Agar Performanya Kencang

Sans-Serif Fonts

font Android sans serif

Banyak orang yang menyebut Sans-Serif sebagai versi yang lebih segar dan lebih modern dibanding Serif. Versi ini juga lebih banyak digunakan untuk tulisan non-formal. Kata “Sans” sendiri di ambil dari bahasa Perancis yang artinya “tanpa” atau “bukan” sehingga semua font yang berawalan Sans merupakan versi yang lebih fresh dari versi aslinya.

  • Droid Sans: Font ini jauh lebih populer dibandingkan Droid Serif karena kebanyakan aplikasi mobile menggunakan font ini. Anda akan dengan mudah menemukan font ini pada aplikasi mobile ataupun halaman web.
  • PT Sans
  • Open Sans
  • Lato: Lato dianggap sebagai font dari keluarga Sans yang paling cantik jika dipadukan di tempat yang tepat.
  • Roboto: Roboto merupakan font yang cukup banyak digunakan saat ini dan mulai dikenal semenjak menjadi default font di sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
  • Cabin: Sama seperti Lato, font ini juga harus ditempatkan di posisi yang tepat agar tampak cantik. Font ini banyak disebut sebagai versi modern dari Century Gothic.

Selain di Google Fonts Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam font gratis di situs FontSquirrel dan DaFont. Beberapa font terbaik yang bisa Anda dapatkan melalui situs tersebut di antaranya adalah Alte Haas Grotesk, Anivers, dan DezenPro.

Jika Anda menemukan sebuah font yang bagus ketika sedang browsing di internet namun Anda tidak mengetahui namanya, maka Anda dapat menggunakan layanan dari Identifont dan WhatFont untuk mengetahuinya. Intinya, gunakanlah font Android yang benar-benar cocok dan dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih ceria. Selamat mencoba cara merubah font Android di atas!

Cara Merubah Font Android Dengan dan Tanpa Root