Cara Report Akun, Postingan, Story, dan Comment di Instagram

Siapa yang tak tahu Instagram, salah satu jejaring sosial media yang selalu digunakan setiap hari untuk keperluan pribadi atau pun pekerjaan. Penggunanya beragam dan mencangkup segala umur, tak heran jika Instagram hingga kini memiliki pengguna aktif lebih dari 1 milliar setiap bulannya.

Terlebih, semenjak aplikasi Instagram resmi berada di bawah naungan Facebook yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg, tak sedikit  pengguna lama Facebook yang beralih dan menggunakan aplikasi tersebut. Itulah mengapa Instagram disebut-sebut termasuk dalam tiga besar aplikasi sosial media terpopuler di dunia.

Instagram (IG) yang telah dirilis sejak tahun 2010 lalu awalnya digunakan untuk memuat foto dan video untuk menarik pengguna, namun kini IG semakin mengembangkan berbagai layanannya.

Mulai dari Instagram story, Instagram live, Instagram DM, hingga fitur-fitur terbaru seperti Instagram filter yang memberikan beragam efek saat dipakai agar lebih praktis dalam mengambil foto maupun video karena tidak perlu diedit kembali. Instagram juga dikabarkan akan menyediakan fitur yang tak kalah menarik dari jejaring sosial media nomor satu di dunia saat ini, yaitu TikTok.

Instagram juga mengedepankan berbagai layanan demi meningkatkan kenyamanan pengguna, salah satunya adalah fitur report untuk akun, postingan, direct message, dan story yang dianggap mengganggu, menyudutkan, atau kurang layak dikonsumsi publik. Karena, masih banyak ditemukan pengguna yang membagikan foto atau pun video yang tak pantas, memposting berlebihan atau dikenal dengan istilah spam, maupun konten provokatif dan hoax.

Instagram yang dapat dimanfaatkan pula untuk berbisnis dan berjualan tak lepas dari orang-orang tak bertanggung jawab yang menggunakan IG untuk menipu atau melakukan tindak kriminal lainnya. Jadi, berikut adalah beberapa cara me-report akun, direct message, story, dan posting-an di Instagram yang sudah Resumecheap.com rangkum buatmu.

Report Akun

Cara ini adalah cara paling ringkas yang dapat kamu gunakan untuk melaporkan akun Instagram yang mengunggah foto dan video tak pantas, spam hingga penipuan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi akun yang ingin dilaporkan

2. Lalu, buka profil akun Instagram yang dituju, apabila sudah, silahkan klik ikon 3 titik yang berada di pojok kanan atas

3. Pilih menu Laporkan. Setelah itu, kamu akan menemukan dua pilihan yang muncul, ‘Ini Spam’ dan ‘Ini Tidak Pantas’.

4. Jika akun tersebut membagikan konten secara berlebihan, kamu dapat memilih ‘Ini Spam’. Namun jika akun itu digunakan untuk menipu, meniru seseorang, atau hal meresahkan lainnya, silahkan pilih opsi ‘Ini Tidak Pantas’.

Baca Juga  EXCLUSIVE – ASUS Zenfone Max REVIEW

5. Ketika memilih ospi ‘Ini Tidak Pantas’, kamu akan menemukan beberapa pilihan yang dapat digunakan sesuai permasalahan. Mulai dari konten dewasa, sara, pelanggaran hak cipta, dan laporan lain bagi akun yang menyalahi peraturan Instagram. Umumnya, setelah memilih opsi ini, kamu akan mendapat email dari pihak Instagram beberapa hari kemudian sebelum menindaklanjuti laporan tersebut.

6. Jika sudah, klik menu ‘Laporkan’ untuk mengakhiri. Biasanya laporan akan memakan waktu hitungan hari untuk peninjauan akun. Apabila akun yang di-report terbukti telah melakukan pelanggaran, maka akun tersebut akan dihapus oleh pihak Instagram.

Kamu juga akan mendapat notifikasi di IG mengenai laporan yang diajukan apakah disetujui atau tidak. Jika menurut Instagram, akun tersebut tidak menyalahi aturan, maka akunnya tidak akan hilang.

Report Postingan

Tak jauh berbeda dari cara di atas, cara ini dapat digunakan untuk melaporkan postingan yang tidak kamu sukai atau pun postingan yang memang mengganggu dan tidak selayaknya berada di timeline Instagram. Yuk, disimak caranya!

1. Kunjungi postingan yang ingin kamu laporkan.

2. Lalu, pilih ikon 3 titik yang ada di samping kanan atas postingan tersebut.

3. Jika sudah, silahkan klik menu ‘Laporkan’.

4. Setelah itu, kamu akan menemukan dua pilihan yang sama dari cara me-report akun, yaitu ‘Ini Spam’ dan ”Ini Tidak Pantas’. Pilih alasan yang sesuai dengan permasalahan kamu.

5. Apabila opsi ‘Ini Spam’ yang dipilih, kamu akan tetap bisa melihat postingan yang di-report. Namun, jika kamu memilih opsi ‘Ini Tidak Pantas’, maka postingan itu tidak akan dapat ditemukan lagi setelah di-report.

6. Kamu tidak perlu khawatir apabila postingan tersebut adalah postingan dari following kamu, meskipun dilaporkan, akun terkait tidak akan ter-unfollow dan kamu tetap bisa melihat postingan lain dari akun tersebut.

Report Direct Message

Kerap kali pengguna Instagram menerima kiriman tidak pantas melalui Direct Message atau DM dibandingkan story atau komentar di postingan, terlebih kiriman itu berbau konten dewasa atau cacian. Nah, cara report ini dapat kamu aplikasikan untuk menghindari hal-hal tersebut.

1. Kunjungi beranda Instagram, lalu pilih menu DM di pojok kanan atas beranda. Atau, bisa juga dengan menggeser beranda ke samping kiri.

2. Setelah itu, pilih DM atau pesan yang ingin kamu laporkan.

3. Kemudian, klik ikon melingkar dengan huruf ‘i’ di dalamnya. Geser ke bawah, lalu pilih menu ‘Laporkan’.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 2, HP Android Kitkat Sejutaan Berkamera 8 MP

4. Jika sudah, kamu dapat memilih opsi ‘Ini Spam’ atau ‘Ini Tidak Pantas’, sesuai permasalahan yang ingin dilaporkan.

5. Klik ‘Laporkan’. Umumnya, setelah mereport DM, akun yang mengirimkan pesan tersebut pesannya otomatis terblokir sehingga tidak dapat mengirimkan pesan kembali.

Report Story

Instagram story adalah fitur yang sering kali digunakan untuk mengunggah keseharian penggunanya dibandingkan Instagram feeds. Bagusnya, fitur ini juga tidak luput dari layanan report untuk unggahan yang mengganggu dan meresahkan.

1. Kunjungi akun yang dituju dan buka story yang akan dilaporkan

2. Setelah itu, pilih ikon 3 titik yang ada di pojok kanan atas Instagram stories, lalu pilih menu ‘Laporkan’.

3. Terdapat dua opsi yang dapat kamu pilih antara ‘Ini Spam’ dan ‘Ini Tidak Pantas’. Klik opsi yang sesuai dengan permasalahan. Kamu tidak perlu khawatir, karena meskipun telah melaporkan salah satu story-nya, kamu akan tetap bisa melihat story lainnya dari akun yang sama.

Besarnya jumlah pengguna Instagram tentu memicu banyaknya tindak kejahatan yang dilakukan melalui aplikasi tersebut. Modus penggunanya pun beragam. Contohnya, orang yang tak ragu mengunggah foto dan video mereka yang sebenarnya tidak pantas diperlihatkan hanya demi menarik perhatian dan menjadi viral dengan mudah.

Beberapa cara di atas mulai dari me-report akun, postingan, direct message, hingga story tetap memiliki proses peninjauan yang sama oleh pihak Instagram pada akhirnya. Ketika menggunakan fitur report dengan opsi ‘Ini Spam’, akun yang dilaporkan baru merasakan dampaknya apabila ada banyak pelapor yang juga me-report akun tersebut, sehingga cara ini lebih lama dan rumit.

Namun, bila yang dipilih fitur report dengan opsi ‘Ini Tidak Pantas’, selama kamu sebagai pelapor dapat menjawab pertanyaan, memberikan alasan, dan bukti yang valid, maka akun yang di-report akan segera dihapus oleh pihak Instagram (meskipun hanya satu pelapor yang mengajukan akun tersebut, yaitu kamu).

Indonesia adalah negara urutan keempat yang paling sering mengakses Instagram setiap harinya. Alangkah baiknya, selain menggunakan aplikasi tersebut untuk update keseharian maupun pekerjaan, sebagai pengguna kamu pun paham bagaimana cara penggunaan layanan report dari Instagram.

Selain demi keamanan dan kenyamanan bersosial media, apabila akun atau postingan meresahkan di-report, maka akun yang dilaporkan itu akan segera ditindaklanjuti  bahkan bisa dihapus oleh pihak Instagram.

Cara Report Akun, Postingan, Story, dan Comment di Instagram