Cara Sederhana Membersihkan HP untuk Cegah Corona

Ilustrasi menggunakan smartphone atau HP yang terkontaminasi virus corona
Ilustrasi menggunakan smartphone atau HP yang terkontaminasi virus corona (sumber gambar: unsplash.com)

Virus corona disebut-sebut bisa menempel di benda mati. Salah satu benda yang berpotensi menjadi ‘sarang’ menempelnya virus tersebut adalah ponsel atau smartphone. Karena itu, mulai dari sekarang kamu harus rajin membersihkan HP milikmu sendiri.

Sayangnya, tak banyak dari kita yang tahu cara membersihkan smartphone yang benar. Saat salah dalam membersihkan, bukan tak mungkin perangkat kita malah rusak atau tampilannya memudar.

Dr Lena Ciric seorang ahli mikrobiologi dari University College London telah memberikan cara bagaimana membersihkan sebuah HP. Melalui video di laman BBC.com ia telah memberikan langkah-langkahnya. (Klik tautan atau link ini untuk lihat videonya)

Cara Membersihkan Smartphone untuk Mencegah Menempelnya Virus Corona

Sebelum mulai dibersihkan, pastikan ponsel milikmu sudah tidak tercolok ke listrik dan sudah dimatikan. Setelah itu, buka case (softcase atau hardcase) yang melindunginya.

Lena mengatakan, beberapa pabrikan ponsel mewanti-wanti agar berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan kimia, hand gels, atau abrasive wipes. Pasalnya, bahan-bahan itu bisa saja merusak lapisan pelindung layar.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Cara Mengecek HP Ilegal (Black Market) atau Tidak Via IMEI

Bahan yang direkomendasikan untuk membersihkan sebuah ponsel justru adalah kain mikrofiber yang sudah dibasahi dan sedikit sabun cair.

Jadi, bersihkan lah permukaan ponselmu menggunakan kain yang sudah dibasahi tadi. Namun, usahakan agar tak membasahi bagian-bagian ponsel yang terbuka seperti colokan USB, charger, dan audio. Bukan tidak mungkin cairan itu bisa masuk melalui celah tersebut, bahkan untuk ponsel yang diklaim anti air.

Ilustrasi virus corona (sumber gambar: istimewa via minews.id)
Ilustrasi virus corona (sumber gambar: istimewa via minews.id)

Setelah dibersihkan dengan kain mikrofiber yang dibasahi, selanjutnya perangkat itu harus dikeringkan. Cukup lap saja ponsel tersebut menggunakan kain mikrofiber kering yang bersih. 

Meskipun hanya dibersihkan menggunakan kain mikrofiber yang dibasahi dan ditambahkan sedikit sabun cair, Lena mengatakan hal itu efektif untuk menghilangkan bakteri dan virus dari permukaan smartphone.

Untuk Pengguna iPhone

Ilustrasi smartphone atau HP iPhone yang terkontamintasi virus corona (sumber: Pixabay)
Ilustrasi smartphone atau HP iPhone yang terkontamintasi virus corona (sumber: Pixabay)

Ada cara lain untuk membersihkan iPhone. Lena berujar, Apple menyebut ponsel buatannya bisa dibersihkan menggunakan tisu yang mengandung 70 persen isopropyl alcohol.

Tisu itu ternyata mudah didapatkan. Kamu bisa membelinya di toko komputer atau via toko online.

Selain menggunakan tisu tersebut, ponsel juga bisa dibersihkan atau disterilisasi menggunakan sebuah alat bernama ultraviolet UVC radiation. Alat itu memang tak membuat ponsel rusak, namun terkadang warna dari perangkat yang sering dibersihkan warnanya bakal sedikit berubah.

Baca Juga  Cara Buat Kartu Digital Ucapan Idul Adha via Canva

Lena mengingatkan, setelah dibersihkan, permukaan smartphone bisa saja kembali dipenuhi bakteri, kuman, atau virus. Karena itu, kita sebagai pengguna juga harus rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Cara Sederhana Membersihkan HP untuk Cegah Corona