Cek Performa Gaming Realme 8, Genshin Impact hingga PUBG

Performa gaming Realme 8
Performa gaming Realme 8 saat memainkan game PUBG Mobile (Sumber gambar: Realme dan PUBG)

Performa gaming Realme 8 menarik untuk diketahui. Pasalnya, smartphone atau ponsel penerus dari Realme 7 ini menggunakan chipset MediaTek Helio G95.

Realme 8 dirilis pada 7 April 2021 di Indonesia. Untuk pasar Tanah Air, ponsel ini dibanderol di harga Rp 3,6 juaan.

Perlu diketahui, chipset Helio G95 merupakan salah satu chipset gaming keluaran dari MediaTek untuk ponsel kelas menengah. Nah, di Realme 8, chipset tersebut dipadankan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Skor Antutu v8 dari Realme 8 ini cukup tinggi. Untuk versi RAM 4 GB saja, skor Antutu v8-nya mencapai 300.840. Jadi, untuk yang ada versi Indonesia ini, yang RAM-nya 8 GB, skornya bisa lebih dari itu.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme 8, Pakai Chipset Gaming

Dihimpun resumecheap.com dari video di channel YouTube Akshay Gaming, Ictfix.net, hingga Infofull, berikut ini adalah performa gaming Realme 8:

Performa gaming Realme 8

Game pertama yang dijajal adalah PUBG Mobile. Game ber-genre battle royale ini bisa dimainkan di pengaturan grafik dan framerate smooth-ultra, balanced-ultra, hingga HD-high.

Saat dimainkan di pengaturan smooth-ultra, gameplay-nya stabil di kisaran 40 FPS. Framerate-nya hanya sesekali turun ke 38 FPS. Artinya, game yang dipublikasikan oleh Tencent Games ini bisa dimainkan secara lancar di Realme 8.

Game selanjutnya yang dijajal adalah Call Of Duty Mobile atau COD Mobile. Game ber-genre first person shooter dan battle royale ini dapat dimainkan dalam pilihan grafik dan frame rate high-max atau very high-very high.

Saat dimainkan di pengaturan grafik dan framerate high-max, game COD Mobile ini bisa lancar dimainkan di kisaran 60 FPS. Jadi, game ini bisa mulus dimainkan di Realme 8, tanpa ada kendala berarti.

Selanjutnya, game yang dicoba tentu saja adalah Genshin Impact. Game RPG besutan Mihoyo ini termasuk sebagai game yang berat untuk perangkat Mobile.

Baca juga: Cara Menggunakan NFC di Realme 8 Series untuk Isi Saldo eMoney

Berbekal MediaTek Helio G95, rupanya pengaturan default atau pengaturan awal Genshin Impact di Realme 8 adalah medium. Selanjutnya, saat dimainkan di pengaturan itu dengan mode 60 FPS diaktifkan dan motion blur dimatikan, game ini bisa berjalan stabil di kisaran 37-44 FPS.

Namun, karena ini game berat, memang beberapa kali terjadi framedrop, terutama ketika pertarungan melawan monster. Framedrop yang terjadi bisa menurunkan FPS di kisaran 27-30.

Baca Juga  Samsung Galaxy A72, Refresh Rate Layar 90Hz, Kamera Ada 5

Nah, jika tiga game berat itu saja bisa dimainkan secara lancar di Realme 8, game lain yang lebih ringan seperti Mobile Legends hingga Free Fire sudah pasti dapat dimainkan di pengaturan grafik tertingginya alias “rata kanan” tanpa ada kendala berarti.

Begitulah pemaparan mengenai performa gaming Realme 8. Bagi Anda yang punya pengalaman lain dalam bermain game menggunakan ponsel ini, bisa menuliskannya di kolom komentar.

Baca juga: Performa Gaming Realme 8 Pro, Main Genshin Impact hingga PUBG

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 7.99 mm
  • Berat: 177 gram
  • Material: Kaca di bagian layar, bodi plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Diagonal 6,4 inci, panel Super AMOLED, tingkat kecerahan maksimal sampai 1000 nits, rasio layar ke bodi mencapao 83,3 persen, resolusi 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem operasi: Android 11, Realme UI 2.0
    -Chipset: MediaTek Helio G95
  • RAM dan memori internal: 8/128 GB
  • Kamera belakang: 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • 3,5 mm jack: Ada
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari di layar, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh, pengisian daya cepat 30 Watt
  • Warna: Cyber Silver, Cyber Black

Cek Performa Gaming Realme 8, Genshin Impact hingga PUBG