Contoh Cover Makalah (LENGKAP): Individu, Kelompok, Mahasiswa

contoh cover makalah

Contoh cover makalah berikut terdiri dari contoh cover makalah untuk individu, makalah kelompok untuk mahasiswa dan sekolah menengah, beserta contoh cover makalah berbahasa inggris.


Cover atau sampul adalah salah satu bagian penting dari makalah karena penilaian seseorang tentang makalah kita secara tidak langsung dilihat dari bagian depan atau bagian sampul.

Oleh karena itu, bagian ini harus dibuat dengan benar karena
kalau tidak dibuat dengan benar maka akan berdampak pada keseluruhan isi
makalah. Pembuatan cover yang asal-asalan akan membuat pembaca engga membaca
makalah karena dari judulnya pun sudah membinggunkan, apalagi membaca isinya.

Nah, agar tidak salah membuat cover makalah, berikut kami berikan format cover makalah beserta contoh cover yang baik dan benar.

Format cover makalah

Urutan bagian-bagian cover makalah pada umumnya sama dengan cover skripsi, penelitian, makalah kuliah dan lain-lain. Ada 6 hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan cover

Judul Makalah

Judul makalah adalah bagian cover yang mengambarkan isi makalah. Judul akan memberikan informasi singkat dari sebuah makalah, oleh sebab itu dalam membuat judul usahakan yang baik, singkat dan menarik agar mudah dipahami.

Font yang digunakan untuk judul biasanya berupa font arial, times new roman atau Calibri dengan huruf capital dan di cetak tebal atau bold. Tata letak judul di taruh di bagian tengah atas makalah.

Tujuan Makalah

Tujuan makalah diletakan pada bagian setelah judul dengan menggunakan font yang lebih kecil dari font judul. Contoh penulisan tujuan makalah “Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Skripsi Universitas Brawijaya”.

Logo atau Gambar Makalah

Logo atau gambar makalah terletak dibagian tengah sampul, dengan ukuran panjang dan lebar sama. Pastikan logo makalah tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar, karena bagian ini paling mencolok tentunya pemilihan ukuran dan warna harus disesuaikan dengan logo makalah yang ada.

Data Penulisan Penyusun Makalah

Data penulisan berisi informasi penulis makalah baik individu maupun kelompok, bila proses pembuatannya dilakukan secara kelompok maka tulis anggota-anggota yang terlibat dalam penulisan makalah.

Nama Sekolah, Fakultas dan Jurusan

Tulis keterangan mulai dari nama fakultas dan jurusan yang
sedang dijalani pada saat ini, kalian bisa menulis bagian ini dibagian bawah
cover makalah dan gunakan huruf capital ya.

Bila penulis sedang kuliah di sebuah Universitas atau perguruan tinggi, maka pada bagian ini, bisa anda tuliskan berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Seandainya penulis masih bersekolah dibangku SMP atau SMA juga sama untuk mencantumkan nama sekolah.

Baca Juga  Terumbu Karang Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat

Tahun Pembuatan

Bagian cover makalah yang terakhir adalah tahun pembuatan karena dengan adanya bagian ini kita menjadi tahu kapan pembuatan sebuah makalah terselesaikan.

Contoh Cover Makalah

Setelah memahami urutan penyusuan cover makalah, berikut kami berikan gambaran contoh cover makalah yang bisa dijadikan referensi penulisan cover yang baik dan benar.

Cover Makalah Mahasiswa

Contoh cover makalah

Cover Makalah Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Contoh cover makalah

Cover Makalah Sekolah Menengah Atas (SMA)

Cover Makalah Kelompok

Contoh cover makalah

Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh cover makalah

Contoh Cover Makalah (LENGKAP): Individu, Kelompok, Mahasiswa