Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh

Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh – Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua aktivitas yang dilakukan pada Smartphone membutuhkan adanya koneksi internet seperti chatting, bermain game, mencari informasi, streaming atau menonton video dan sebagainya. Dengan adanya pernyataan tersebut juga tak heran jika untuk saat ini kebutuhan akan kuota atau paket internet pun menjadi lebih meningkat, bahkan banyak yang rela untuk menghabiskan uangnya hingga ratusan ribu hanya untuk membeli paket internet disetiap bulanya. Fakta tersebut memang tidak pernah kita pungkiri, namun disisi lain kita pun menyadari bahwa kebutuhan tersebut membuat kita sangat boros.

Nah guna meminimalisir pengeluaran atau penggunaan kuota data internet kita bisa memanfaatkan beberapa layanan aplikasi, dan kabar baiknya saat ini banyak sekali aplikasi penghemat kuota internet yang bisa kita gunakan secara gratis. Akan tetapi, bukan berarti ketika menggunakan aplikasi yang dimaksud kuota yang kita miliki tidak akan terpotong meskipun selalu mengakses internet secara terus-menerus. Karena pada dasarnya aplikasi tersebut hanya berguna untuk membantu menghemat pengeluaran data internet saja.

Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh

Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh

Nah bagi Anda yang cukup penasaran dengan apa saja aplikasi tersebut, berikut kami berikan ulasanya dan Anda bisa mencoba beberapa aplikasi dibawah ini dari sekarang.

1. Data Usage Monitor

Kegunaan utama dari aplikasi Data Usage Monitor yakni mampu untuk memonitorisasi penggunaan data internet pada setiap aplikasi yang berjalan, sehingga data internet yang dikeluarkan hanya menghitung dari aplikasi yang sedang digunakan. Selain itu aplikasi ini juga mampu untuk mengontrol dan mengatur penggunaan data yang sangat berlebih, misalnya aplikasi apa saja yang membutuhkan banyak data internet dan aplikasi mana yang sedikit membutuhkan data internet.

Baca Juga : Daftar Macam Macam Aplikasi Isi Pulsa Gratis Terbaru

2. My Data manager

Aplikasi penghemat kuota internet di Android yang kedua yakni My Data Manager, adapun cara kerja dari aplikasi yang satu ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Dimana apikasi penghemat data internet ini akan memberikan kita informasi mengenai apa saja aplikasi yang sering menghabiskan kuota data dan melacak seberapa banyak data yang telah digunakan.

Baca Juga  Aplikasi Edit Lagu PC

3. Internet Speed Meter Lite

Sama halnya dengan Data Usage Monitor, dimana aplikasi Internet Speed Meter Lite ini akan memberikan laporan setiap bulanya mengenai data penggunaan internet. Selain itu aplikasi penghemat kuota internet di Android ini juga tidak memakan batrai secara berlebih, jadi kita tidak perlu khawatir akan cepatnya batrai habis ketika menggunakan aplikasi ini.

4. CM Data Manager

Tak kalah dengan ketiga aplikasi diatas, CM Data Manager juga bisa kita andalkan untuk mengurangi pengeluaran kuota data. Karena ketika Anda menggunakanya, maka semua aplikasi yang berjalan akan terminimalisir pengeluaran datanya. Sementara untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda hanya cukup mendownloadnya pada Google Play Store.

5. Opera Max

Pilihan yang sangat tepat jika Anda mengandalkan aplikasi ini untuk keperluan menghemat kuota, karena ketika Anda menginstalnya maka Opera Max akan melakukan routing pada setiap aplikasi yang berjalan dan mampu memberikan info aplikasi mana yang sering menghabiskan data internet Anda.

6. Google Chrome

Sebenarnya ini bukan merupakan sebuah Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android, namun lebih tepatnya yakni browser yang ketika digunakan tidak akan menguras data secara berlebihan. Google Chrome memiliki fitur penghemat data yang bisa diaktifkan setiap saat dengan cara masuk ke pengaturan > Selanjutnya > Advanced > dan klik “Reduce Data Usage”.

7. Opera Mini

Tidak jauh berbeda dengan Google Chrome, dimana Opera Mini juga dikenal sebagai browser yang memiliki ukuran sangat ringan. Nah dengan keringananya, aplikasi ini bisa kita jadikan andalan untuk berselancar di internet tanpa khawatir data internet cepat habis. Adapun cara kerjanya yakni mengkompres semua file pada browser seperti gambar, video, text wrap, dan juga protoxol.

8. Dolpin Browser

Jika Anda sering berselancar di Internet baik itu sosial media maupun browsing lainya, maka Dolpin Browser bisa menjadi pilihan yang cukup tepat. Karena dengan adanya beberapa fitur seperti mode browsing dan Add-on, maka penggunaan data internet bisa menjadi lebih irit.

9. Yandex Browser

Fitur turbo mode pada browser ini bukan hanya untuk mempercepat akses ketika browsing, dimana fitur tersebut mampu untuk mengkompresi setiap laman web yang kita akses. Dengan demikian penggunaan kuota data setiap kali Anda browsing akan menjadi lebih ringan. Selain itu aplikasi browser ini juga tersedia di Google Play Store dan bisa kita download secara gratis.

Baca Juga  Aplikasi Hotspot Terbaik

10. KK Browser

Aplikasi penghemat kuota internet di Android yang terakhir yakni KK Browser, ya meskipun bukan sebuah aplikasi khusus penghemat kuota. Namun KK browser memang telah dinyatakan dapat meminimalisir pengeluaran data mencapai 60%, maka tah heran jika banyak pengguna internet yang mengandalkan aplikasi browser ini.

Baca Juga Cara Membeli Aplikasi Android di Playstore dengan Pulsa

Semua aplikasi diatas bisa kita dapatkan secara gratis dengan cara mengunduhnya di Google Play Store, jadi Anda bisa mulai mencoba menggunakan salah satunya. Demikianlah informasi lengkap mengenai ulasan Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh ini, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Daftar 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Ampuh