Dell Latitude 10 REVIEW

Pasar untuk tablet yang memiliki kemampuan setinggi PC semakin meningkat. Untuk mengatasinya, Dell telah menghadirkan Latitude 10 yang kini kami ulas lagi.

Kebutuhan akan perangkat tablet yang memiliki kemampuan setinggi Personal Computer (PC) akan semakin meningkat seiring dengan maraknya aplikasi atau program yang memerlukan spesifikasi yang lebih mumpuni. Tidak hanya itu, kebutuhan manusia akan kinerja PC akan berbanding lurus dengan mobilitasnya yang semakin cepat.

Tak ayal, kita akan memerlukan perangkat berteknologi PC yang juga bersifat mobile. Untuk itu, Dell telah lama hadir dengan perangkat tersebut, tablet Dell Latitude Windows 8 Pro yang digadang-gadang memiliki kapabilitas setara Personal Computer (PC). Kini kami ulas kembali untuk Anda.

[nextpage title=”Design & Features”]

Latitude 10 yang mempunyai ruang penyimpanan internal hingga 32/64 GB ini diselubungi oleh kerangka berbahan dasar campuran magnesium yang ditutupi oleh cat yang lembut saat disentuh. Hal ini membuat Latitude 10 tahan lama dan kokoh saat dipegang. Layarnya memiliki resolusi dan ukuran yang serupa dengan Acer Iconia Tab w510, yakni 10.1 inci, 1366 x 768 piksel. Bedanya, Latitude 10 mempunyai bezel yang lebih luas, karenanya tablet ini berukuran lebih besar.

Di bagian tengah atas layar, Anda akan menemukan kamera depan HD berkekuatan 2 megapiksel yang ditemani oleh sensor cahaya ambien. Sementara di bagian punggungnya terdapat kamera utama berukuran 8 megapiksel lengkap dengan flash LED. Tombol Start yang cekung terletak di bagian tengah bawah layar. Sayangnya, tombol ini bukanlah tombol sentuh melainkan tombol tekan biasa.

Di sisi lain, pada bagian sisi kiri Latitude 10, Anda akan menemukan slot security lock bersamaan dengan pengatur volume. Sedangkan di sisi kanannya, tablet yang juga melapisi layarnya ini dengan Gorilla Glass menempatkan konektor audio, portal USB ukuran penuh dan konektor HDMI.

Latitude 10

Dilengkapi dengan fitur Intel® Platform Trust Technology atau Trusted Platform Module (TPM 1.2) dan sebuah slot kunci, serta kombo fingerprint dan smart card reader, Tablet Dell Latitude 10 menawarkan perlindungan yang mumpuni bagi data Anda. Selain itu, fitur Dell KACE™ memungkinkan Anda mengintegrasikan Latitude 10 dengan berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaan Anda.

Sistem konektivitas yang disajikan oleh tablet Latitude 10 bisa dikatakan lengkap, meliputi Bluetooth, WiFi dan tambahan mobile broadband yang membuat Anda dan rekan Anda mudah berbagi data. Tidak cukup sampai di situ, keberadaan portal mini-HDMI pada perangkat ini membuat Anda bisa menampilkan presentasi Anda melalui proyektor atau TV pintar.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kamera Xiaomi Yi Agar Lebih Maksimal

Seperti yang kita ketahui, Dell Latitude 10 dipersenjatai dengan Microsoft Windows 8 yang memang didesain untuk meningkatkan produktivitas dengan memaksimalkan akses cepat menuju berbagai sumber data melalui fitur Instant-On dengan mode Connected Stand-By.

[nextpage title=”Performance”]

Latitude 10 berjalan dengan menggunakan prosesor Intel Atom Z2760 yang memiliki kecepatan 1.8GHz dengan RAM berkapasitas 2GB, serta dilengkapi akselerator Intel Media Graphics. Tidak heran kalau Anda akan mendapatkan akses yang cepat ketika memfungsikan Latitude 10. Melalui ATTO, Latitude 10 memiliki kecepatan read dan write maksimum sebesar 82 MB/s dan 35 MB/s, dan booting memakan waktu sekitar 15 detik.

Dell Latitude 10 Lite tablet computer with Kensington KeyFolio Expert multi-angle folio and keyboard.

Dell Latitude 10 Lite tablet computer with Kensington KeyFolio Expert multi-angle folio and keyboard.

Di lain pihak, Latitude 10 tidak mampu mengoperasikan 3DMark 11 graphics benchmark yang membutuhkan dukungan DirectX 11. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan bagi perangkat yang ditenagai Atom, malahan hal tersebut bisa jadi indikator dari game apa saja yang bisa dimainkan dengan baik. sebut saja Angry Birds, Solitare dan permainan lain yang serupa bisa dioperasikan dengan lancar, tetapi untuk permainan-permainan berukuran “raksasa” mungkin Anda akan sedikit mengalami gangguan.

Untuk urusan daya tahan baterai, Latitude 10 yang notabene menggunakan baterai 30Wh mampu bertahan hingga 9 jam. Mengagumkan bukan? Daya tahannya tersebut bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan ketika Anda memberikan baterai tambahan 60Wh, yang memberikan daya tahan hingga 16 jam.

Dell Latitude 10 REVIEW

Tags: