Duel Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC

Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC
Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC (Sumber gambar: Xiaomi dan Realme)

Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC adalah dua smartphone atau HP yang kini tengah dibanding-bandingkan. Dua gadget ini sama-sama merupakan HP kelas menengah.

Harga dari dua smartphone ini pun tak terpaut jauh. Narzo 20 Pro dibanderol Rp 3,4 jutaan untuk varian 8/128 GB. Sedangkan, Xiaomi Poco X3 NFC dibanderol Rp 3,2 jutaan untuk varian 6/64 GB dan Rp 3,5 jutaan untuk varian 6/128 GB. Perlu digaris bawahi, itu merupakan harga yang diumumkan saat perilisannya.

Untuk urusan spesifikasi, kedua HP ini pun menarik perhatian. Katanya, dua ponsel ini sudah sama-sama dilengkapi oleh chipset kelas menengah yang performanya mumpuni untuk gaming.

Karena itu, menarik untuk membandingkan beberapa aspek dari dua smartphone ini, terutama dari segi desain dan spesifikasinya. Dihimpun resumecheap.com dari situs resmi Realme dan situs resmi Xiaomi, berikut ini adalah perbandingan beberapa aspek penting dari dua HP tersebut:

Dari segi desain, Poco X3 NFC tampil lebih beda

Desain Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC
Poco X3 NFC (Sumber gambar: Xiaomi)

Dari segi desain, Poco X3 NFC sepertinya tampil lebih berani. Desainnya tak mengikuti beberapa HP pendahulunya yang sudah rilis, seperti Poco F2 Pro atau Pocophone F1.

Di bagian belakang, kameranya berada dalam bingkai yang sisi kiri dan kanannya melengkung. Sementara itu, di bagian atas dan bawahnya terdapat juga aksen melengkung. Alhasil, jika dilihat sekilas bingkai kamera belakangnya seperti membulat.

Di bagian bawah, terdapat tulisan “Poco” yang cukup besar. Panjangnya kira-kira memakan 1/3 bagian panjang bodi belakang. Tulisan itu terbaca jika HP-nya berada dalam posisi landscape.

Masih di bodi belakangnya, terdapat pula gradasi warna yang batasnya terlihat jelas. Warna di bagian tengahnya sedikit lebih gelap dibanding warna di sisi kiri dan kanannya.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro

Poco X3 NFC ini tersedia dalam dua warna, yakni Cobalt Blue dan Shadow Gray.

Jika Poco X3 NFC berani menampilkan desain yang berbeda, Realme Narzo 20 Pro justru menampilkan desain yang mirip dengan HP Realme lainnya. Desain Narzo 20 Pro disebut mirip dengan Realme 7.

Di bagian belakang, kameranya berada dalam bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Kamera itu ditempatkan di pojok kiri-atas.

Kemudian, di pojok kiri-bawah, terdapat tulisan “narzo designed by realme” yang kecil. Tulisan itu terbaca jika HP-nya diposisikan dalam orientasi landscape.

Baca Juga  Spesifikasi Poco M3, Chipset Snapdragon 662, Desain Beda

Tampilan yang sedikit membedakan Realme Narzo 20 Pro dibandingkan HP Realme lainnya adalah adanya efek yang membentuk motif “v” secara berulang-ulang. Efek itu muncul jika terkena pantulan cahaya.

Realme Narzo 20 Pro hadir dalam dua varian warna, yakni White Knight dan Black Ninja.

Refresh rate layar di Poco X3 NFC mencapai 120 Hz, sementara di Realme Narzo 20 Pro 90 Hz

Spesifikasi layar Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC
Realme Narzo 20 Pro (Sumber gambar: Realme)

Beralih ke bagian layar. Dua HP ini sudah sama-sama memiliki layar yang luas. Hal itu didukung karena diagonalnya yang memang sudah lapang, dan penempatan kamera belakangnya yang sudah berada di lubang kecil atau punch-hole saja.

Punch-hole di Poco X3 NFC ditempatkan di atas-tengah. Sementara punch-hole di Realme Narzo 20 Pro ditempatkan di pojok kiri atas.

Aapaun refresh rate layar di Poco X3 NFC bisa lebih tinggi. Refresh rate-nya mencapai 120 Hz. Sementara itu, layarnya berdiagonal 6.67-inch, berpanel IPS LCD, dan beresolusi resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel).

Lalu, refresh rate layar di Realme Narzo 20 Pro mencapai 90 Hz. Layarnya berdiagonal 6,5 inci, berpanel IPS LCD, dan juga beresolusi Full HD Plus.

Baca juga: Inilah Performa Gaming Poco X3 NFC, Genshin Impact Lancar?

Untuk urusan performa, Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC sudah sama-sama mumpuni

Inilah spesifikasi yang paling banyak jadi sorotan dari kedua HP ini. Dua HP ini menggunakan chipset yang berbeda. Namun, dua-duanya disebut sudah mumpuni untuk urusan gaming.

Realme Narzo 20 Pro menggunakan chipset Mediatek Helio G95. RAM-nya adalah 8 GB, memori internalnya 128 GB. Sistem operasinya adalah Android 10 yang dibalut antarmuka Realme UI.

Adapun menurut laman Kimovil, skor Antutu v8 dari Realme Narzo 20 Pro versi 6/64 GB mencapai 301.582.

Berdasarkan tes gaming di channel YouTube Main Lagi Narzo 20 Pro dapat memainkan game PUBG Mobile dalam frame rate kisaran 40 FPS saat settingan grafis dan frame rate-nya smooth-ultra. Adapun settingan maksimum dari PUBG Mobile di HP itu adalah HD-high.

Sementara itu, Poco X3 NFC menggunakan chipset Snapdragon 732G. RAM-nya adalah 6 atau 8 GB. Memori internalnya adalah 64 atau 128 GB. Lalu, sistem operasinya adalah Android 10 yang dibalut antarmuka MIUI 12.

Berbekal spesifikasi seperti itu, menurut laman Kimovil skor Antutu v8 dari Poco X3 NFC mencapai 301.581.

Kemudian, berdasarkan tes gaming di channel YouTube DI GEAR, Poco X3 NFC dapat memainkan PUBG Mobile dalam kisaran 40 FPS dengan settingan grafis dan frame rate smooth-ultra. Settingan maksimumnya adalah HD-high.

Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC sama-sama dibekali empat kamera belakang, tapi resolusinya berbeda

Untuk urusan memotret, dua HP ini sudah sama-sama dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Baca Juga  iOS 14.4.1: Kelebihan, Perbaikan Keamanan, dan Cara Update

Konfigurasi kamera belakang dari Realme Narzo 20 Pro adalah kamera lensa utama 48 megapiksel, ultra-wide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel. Lalu, di bagian depan ada kamera selfie 16 megapiksel.

Sementara itu, konfigurasi kamera belakang dari Poco X3 NFC adalah kamera utama 64 megapiksel, kamera ultra-wide angle 13 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel. Kemudian, kamera depannya beresolusi 20 megapiksel.

Jadi, berdasarkan spesifikasi di atas kertas, resolusi kamera di Poco X3 NFC lebih unggul.

Baca juga: Pilih Poco X3 NFC atau Realme 7? Ini Perbandingannya

Realme Narzo 20 Pro punya fitur fast charging lebih unggul

Beralih ke bagian baterai. Dua HP ini dibekali baterai yang kapasitasnya berbeda. Kapasitas baterai di Poco X3 NFC lebih unggul, yaitu 5.160 mAh. Sementara di Realme Narzo 20 Pro kapasitas baterainya adalah 4.500 mAh saja.

Namun, fitur pengisian daya cepat di Realme Narzo 20 Pro lebih unggul. Narzo 20 Pro punya fitur pengisian daya cepat 65 Watt. Lalu, Poco X3 NFC punya fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Pihak Realme mengklaim, baterai di Narzo 20 Pro bisa diisi dayanya sampai 14 persen hanya dalam waktu 3 menit saja. Sementara itu, pihak Xiaomi mengklaim, baterai Poco X3 NFC dapat terisi penuh hanya dalam waktu 65 menit saja.

Poco X3 NFC (Sumber gambar: Xiaomi)

Kesimpulan

Itulah perbandingan spesifikasi dari Realme Narzo 20 Pro dengan Poco X3 NFC. Dua HP ini punya keunggulan di masing-masing aspek.

Poco X3 NFC, punya keunggulan dari segi refresh rate layar hingga resolusi kamera lebih tinggi. Dan tentu sesuai namanya, memiliki fitur NFC. Sementara itu, Realme Narzo 20 Pro lebih unggul dalam hal fitur pengisian daya cepat.

Untuk urusan performa, kedua HP ini sepertinya punya kemampuan yang mirip-mirip.

Baca juga: Spesifikasi Poco X3 NFC dan Harganya di Indonesia

Rincian spesifikasi Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC

Realme Narzo 20 Pro:

  • Chipset: Helio G95 Gaming Processor (Octa-core, Up to 2.05GHz GPU: ARM Mali-G76 MC4)
  • RAM + ROM: 8GB + 128GB
  • Baterai: 4.500mAh
  • Charging: 65W SuperDartCharge
  • Layar: 90Hz Ultra Smooth Display, 6,5 inci FHD+
  • Kamera belakang: 48MP, 8MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera depan: 16MP
  • Antarmuka: Realme UI berbasis Android 10

Poco X3 NFC:

  • Chipset: Snapdragon 732G (Octa-core Kyro™ 470 CPU, 2.4GHz, GPU Adreno 618)
  • RAM + ROM: 6GB + 64GB atau 8GB + 128GB
  • Baterai: 5.160 mAh
  • Charging: 33 Watt fast charging
  • Layar: 6,67 inci IPS Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz
  • Kamera belakang: 64MP, 13MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera depan: 16MP
  • Antarmuka: MIUI 12 berbasis Android 10

Duel Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro dan Poco X3 NFC