Gelombang Radio: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya

gelombang radio adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Gelombang radio adalah salah satu gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi paling kecil atau memiliki panjang gelombang yang paling besar.

Dimana gelombang radio berada pada rentang frekuensi yang luas meliputi beberapa Hz sampai gigahertz (GHz/orde pangkat 9).

Umumnya gelombang radio dihasilkan dari rangkaian isolator di dalam alat-alat elektronika. Agar lebih jelas terkait gelombang radio, berikut penjelasannya.

gelombang radio

Pengertian Gelombang Radio

Gelombang radio adalah radiasi yang memiliki frekuensi paling rendah diantara radiasi elektromagnetik lainnya, seperti gelombang mikro atau gelombang infrared.

Gelombang radio dalam jaringan nirkabel memiliki frekuensi diantara 30Hz hingga 300ghz. Dengan panjang gelombang mulai dari 1mm hingga 10.000km.

Seperti layaknya gelombang elekromagnetik lainnya, radiowaves bergerak dalam kecepatan cahaya dan dapat bergerak dalam ruangan hampa. Oleh sabab itu gelombang ini dapat digunakan sebagai media transmisi menggunakan satelit.

Jenis-Jenis Gelombang Radio

gelombang radio

Terdapat beberapa jenis gelombang radio, diantaranya sebagai berikut:

1. Gelombang Panjang (Long Wave)

Gelombang jenis ini memiliki signal yang panjang sehingga dapat menjangkau range area yang sangat luas.

Kelemahan dari gelombang ini yaitu memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga mahal dalam operasionalnya, sebab jenis gelombangnya yang panjang dan lebar menyebabkan rentan terhadap gangguan (noise)

2. Gelombang Pendek (Short Wave)

Gelombang pendek memerlukan udara sebagai mediator. Jenisini adalah SW (short wave).

Kelebihan dari gelombang ini yaitu mampu menjangkau wilayah (coverage area) yang luas. Sehingga banyak digunakan oleh pemancar internasional atau antar benua.

Kelemahan dari gelombang ini yaitu banyak noise khususnya dari matahari, cuaca, udara, halilintar dsb. Suara manusia dapat didengar dengan baik, namun pengguanaan sound effect dapat kehilangan mutu kulitasnya (kabur).

3. Gelombang Medium (Medium Wave)

Gelombang medium memerlukan permukaan bumi sebagai mediator. Umumnya gelombang ini dipakai oleh stasiun radio. Jenis yang dipakai oleh gelombang ini yaitu AM (amplitudo modulation) dan FM (frequency modulation).

Kelebihan dari gelombang ini yaitu permukaan bumi kurang dipengaruhi cuaca sehingga tidak terjadi noise. Mutu penyiaran lebih bagus dalam kualitas suara dan sound effect.

Kelemahan dari gelombang ini yaitu tanah menyerap gelombang lebih cepat daripada udara yang menyebabkan jarak jangkauan siaran lebih sempit sehingga memerlukan booster.

Baca Juga  Cara Mengajar yang Baik

Cara Kerja Gelombang Radio

Cara Kerja Pemancar Radio AM - Bundet

Berikut beberapa tahapan cara kerja pada gelombang, yaitu:

  • Gelombang radio merambat di udara bebas dengan kecepatan 300.000 km/detik.
  • Sinyal radio dipancarkan dengan menggunakan gelombang pembawa.
  • Getaran-getaran suara dalam percakapan telepon, atau getaran yang ditimbulkan oleh pengirim tanda-tanda telegraf atau facsimile diubah menjadi getaran-getaran listrik sepanjang penyalurannya.
  • Panjang gelombang paling panjang yang dipantulkan oleh lapisan udara yang juga berada tinggi di dalam atmosfer bumi yang disebut ionosfer.
  • Dengan menggunakan cara yang telah diterangkan pesan lewat radio bisa untuk dipantulkan sehingga bisa mencapai jarak yang sangat jauh.
  • Sesampainya di tempat tujuan, getaran listrik diubah kembali menjadi getaran informasi yang dapat didengar dan dimengerti oleh si penerima berita, melalui pesawat telepon, pesawat teleks, facsimile atau monitor suatu penerima televisi.

Manfaat Gelombang Radio

Adapun manfaat gelombang radio diantaranya sebagai berikut:

  • Membawa informasi penting lebih mudah dan navigasi.
  • Menyalurkan transmisi radio
  • Mempermudah kontak dengan kendaraan udara (pesawat)
  • Transmisi data satelit para astronot di ruang angkasa mampu menjangkau dan berbicara dengan orang-orang di bumi.
  • Memantau dan mengontrol inviroments industri tertentu
  • Mampu Meningkatan akurasi. Dengan menggunakan gelombang radio orang dapat memantau dan mengontrol inviroments industri tertentu.

Itulah pembahasan tentang gelombang radio, jenis-jenisnya beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • dosenpendidikan.co.id
  • seputarpengetahuan.co.id
  • pakdosen.co.id

Gelombang Radio: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya