HP Spectre Folio: Laptop Super Tipis dengan Chasing Kulit yang Elegant

HP mencoba sesuatu yang berbeda dengan laptop konvertibel terbarunya. Sementara banyak kita temui laptop yang dikemas dalam sasis aluminium atau plastik, Spectre Folio HP dibungkus dengan kulit yang berubah menjadi mode yang berbeda.

HP telah menciptakan kerangka rangka magnesium yang melekat pada kulit eksterior dan menggabungkannya dengan motherboard kecil untuk memaksimalkan jumlah baterai pada perangkat ini. HP mengklaim laptopnya ini mampu bertahan hingga 18 jam masa pakai baterai, jumlah yang mengesankan jika klaim tersebut bertahan. Di dalamnya, ada prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 256GB. HP menggunakan layar FHD 13,3 inci dengan panel 1W terbaru dari Intel untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Juga akan ada opsi tampilan 4K di akhir tahun ini.

Frame dari Specter Folio inilah yang membuatnya benar-benar berbeda. HP telah menggunakan kulit untuk membuat perangkat yang fleksibel layaknya majalah, bahkan termasuk tulang belakang dan jahitannya tampak terlihat seperti buku ketika ditutup. Pergantian mode juga sangat mulus. Anda dapat menggunakannya dalam mode laptop tradisional atau menarik layar ke depan untuk memasukkannya ke mode media di mana keyboard ditutupi oleh layar. Trackpad tetap berada di depan sehingga Anda dapat menavigasi ke mana pun jika perlu tanpa harus menyentuh layar. Setelah dalam mode media, Anda dapat mendorong layar datar ke mode tablet.

Mode tablet bisa dibilang memenuhi ekspektasi, bahkan terdapat stylus dengan dukungan untuk memiringkan dan lebih dari 4.000 tingkat kepekaan. Anda dapat sedikit memojokkan layar ketika berada dalam mode tablet, tetapi jauh lebih kuat ketika datar. Semua mode yang berbeda didukung oleh magnet. HP juga menyimpan keyboard aluminium penuh dengan travel kunci 1.5mm dan trackpad kaca.

kulit jelas merupakan komponen kunci dari desain ini. Fungsinya, untuk membuat Specter Folio tampak lebih premium dan menyerupai buku ketika dilipat. HP tidak merilis jenis perawatan apa pun untuk versi kulit ini, “Ini dirancang untuk dirakit ulang,” kata Wolff selaku vice president design di HP, mengisyaratkan bahwa eksterior kulit dapat diganti di masa depan.

Selain dari kulit, jelas HP sedang bereksperimen dengan Folio. Dalam pembuatannya mempekerjakan animator dan perancang busana dengan tujuan untuk menangkap beberapa pasar laptop premium yang didominasi Apple. Microsoft juga telah mencoba pendekatan serupa dengan garis Permukaannya, dan HP jelas menginginkan laptop yang menonjol.

Baca Juga  5 Produk Baru Google Yang Rilis 4 Oktober 2021

HP berencana untuk merilis Specter Folio ini sebagai eksklusif Best Buy dan di HP.com. Model Intel Core i5 akan dijual dengan harga $ 1,299 atau sekitar Rp. 19,536,895.05 dan model Core i7 akan dibanderol $ 1,399 atau Rp. 21,040,890.05. Bahkan ada varian LTE dengan prosesor Core i7 seharga $ 1,499 atau Rp. 22,544,885.05, dan opsi tampilan 4K dan warna burgundy akan tersedia pada bulan Desember.

 

HP Spectre Folio: Laptop Super Tipis dengan Chasing Kulit yang Elegant