Infinix Zero 3 REVIEW

Dijuluki sebagai #HERO3NITY, Infinix Zero 3 dirilis secara resmi sekitar Februari di Tanah Air. Salah satu vendor yang tengah berkembang pesat ini mengusung ponsel terbarunya dengan kekuatan kamera yang mumpuni. Tidak banyak smartphone lain di pasaran yang memasang kamera beresolusi 20 MP seperti perangkat yang satu ini.

Infinix Zero 3

Resolusinya yang tinggi dilengkapi pula oleh sensor dari Sony. Salah satu vendor kamera raksasa di dunia. Pun demikian, terlalu cepat rasanya menunjuk Zero 3 sebagai perangkat yang sempurna. Untuk itu, gawai yang hadir ke kantor kami ini akan diulas lebih dalam.

[nextpage title=”Design & Display”]

Hal pertama yang diperhatikan dari sebuah perangkat berteknologi canggih adalah bodi fisiknya. Infinix Zero 3 menyajikan desain bodi yang ramping dengan nuansa futuristik. Keempat ujungnya tidak runcing, sedangkan tekstur ultra fine crystal membuatnya semakin elegan dan mewah. Tektur tersebut bisa kita lihat di kedua sisi bagian belakangnya. Pada bagian ini pula, Anda akan menemukan kamera utama yang terkurung dalam kotak yang menyembul dari permukaan. Penempatan tombol-tombolnya tidak terlalu berbeda jauh dengan perangkat lain di pasaran.

Infinix Zero 3

Beralih ke sektor layar, Zero 3 mengusung layar 5,5 inci dnegan resolusi 1080 x 1920 piksel. Terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, layarnya ini memiliki kerapatan piksel sebesar 400 ppi. Tidak hanya itu, sudut pandang layar yang luar menyuguhkan view angle sebesar 178 derajat. Ketika kami mengujinya, sudut pandang layar hampir menawarkan pandangan yang jernih dari sudut mana pun Anda melihatnya. Agar lebih tajam untuk dilihat, Infinix Zero 3 pun dibekali oleh high light transmittance yang fungsional.

Saat digunakan di bawah pencahayaan matahari yang gahar, Zero 3 masih bisa digunakan dengan baik. Penampilannya bisa lebih sempurna jika Anda sedikit menaikkan tingkat brightness layar saat berada dalam mode manual. Tetapi Anda cukup menyetelnya dalam mode pencahayaan layar otomatis. Secara keseluruhan, layar milik Zero 3 berfungsi dengan baik. Buncahan warna yang diproduksinya terlihat tajam dan dalam. Anda tidak akan tahu kalau layarnya ini adalah layar dari perangkat yang hanya dibanderol dengan harga Rp 2,5 jutaan.

[nextpage title=”Softwares & Camera”]

Bagi Anda yang menggunakan dua nomor SIM berbeda, Infinix Zero 3 ini telah didukung dengan dua slot SIM yang siaga bersama. Adapun Zero 3 telah dilengkapi jaringan 4G LTE dengan akses Internet kencang berkecepatan LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu, Zero 3 juga dilengkapi dengan jaringan 3G HSDPA dan 2G GSM dalam koneksi internet HSPA+ 42.2/5.76 Mbps juga jaringan 2G GSM dalam koneksi GPRS-EDGE sehingga Anda memiliki keleluasaan menggunakan jaringan yang mana. Untuk menambah keragaman konektivitas yang dimilikinya, Infinix Zero 3 ini sendiri telah didukung oleh Wi-Fi, Hotspot, Browser, GPS navigasi juga untuk berbagi file ke perangkat lain difasilitasi Bluetooth dan microUSB.

Baca Juga  Cara Mengatur Posisi Text Pada HTML

Infinix Zero 3

Beralih ke sistem operasi yang digunakannya, Zero 3 menggunakan sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop terbaru yang dibalut dalam antarmuka XUI yang cukup lembut dan nyaman dalam tampilan setiap ikon pada layarnya. Dari sektor audio, Infinix Zero 3 menggunakan teknologi HiFi (Hi-Fidelity) yang diklaim sekelas iPhone 6. Teknologi ini mengunggulkan kualitas bass tanpa mengurangi kualitas asli dari audio yang tengah diputar.

Infinix Zero 3 membenamkan chipset Mediatek Helio X10 yang menggunaskan prosesor Octa Core dengan kecepatan clock 2.2 Ghz. Prosesor tersebut didukung dengan RAM 3 GB sehingga menghasilkan kinerja tangguh dan multitasking cepat tanpa lag atau macet. Sementara itu, ruang penyimpanan Zero 3 ini hadir dengan dua varian, yakni 16 GB dan 32 GB. Pengguna juga masih dapat memperluas memori penyimpanan dengan kartu microSD hingga kapasitas 32 GB yang lebih luas.

Seperti disebutkan sebelumnya, Zero 3 hadir sebagai perangkat canggih yang mengunggulkan teknologi kamera yang dibenamkannya. Sensor kamera utama dari Sony IMX230 CMOS dan resolusi 20.7 megapixel dipadukan dengan lensa 6P Lagan yang mampu memproduksi gambar yang tangguh. Kamera utamanya ini pun menawarkan dukungan 192 PDAF yang membuat pengguna hanya butuh waktu 0.1 detik untuk mengambil gambar secara auto dalam kondisi pencahayaan apapun. Di lain pihak, kamera depan Infinix Zero 3 menggunakan sensor BSI dengan 1.4um large-pixel yang mampu menangkap cahaya 30% lebih banyak.

Infinix Zero 3

[nextpage title=”Performance”]

Dengan prosesor yang cukup tangguh, performa multitasking yang dimiliki oleh Zero 3 bisa dikatakan cukup baik. Ketika membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan, perangkat ini masih bisa bekerja dengan lancar. Untuk menguji kemampuan gaming miliknya, kami melakukan instalasi Mortal Kombat X dan Asphalt 8. Kedua game mampu berjalan dengan baik tanpa lag atau glitch sedikit pun.

Infinix Zero 3

Saat menguji performa kameranya, kami mengambil bebarapa contoh gambar. Produksi foto yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Foto-foto yang diambil oleh Zero 3 memiliki ketajaman dan detail warna yang baik. Meskipun noise tampak saat kami melakukan zooming, pada kondisi yang biasa Anda tidak akan menemukan sedikit noise pun. Pun begitu, ketika mengambil gambar di ruangan dengan pencahayaan yang redup, foto yang diproduksi tidak sebaik dengan gambar di luar ruangan. Untungnya keberadaan LED Flash sangat membantu kondisi ini.

Beralih ke kamera depan yang diusungnya, Infinix Zero 3 mampu menangkap foto selfie yang baik. Pun begitu, kami tidak menyarankan Anda untuk mengambil selfie di tempat yang remang-remang. Sensor kamera utamanya yang berukuran 20 MP memungkinkan penggunanya untuk mengambil video 4K. Saat melakukan perekaman video 4K, kami tidak menemukan masalah sedikit pun. Bahkan ketika diputar, videonya tidak patah-patah.

Baca Juga  Infinix Hot 2 REVIEW

Infinix Zero 3 membenamkan baterai non-removable Li-Polymer dengan kapasitas 3030 mAh yang dibuat menggunakan tegangan 4.4V. Daya tahan yang dimilikinya bergantung pada SoC yang digunakan. Pada penggunaan yang standar, Zero 3 bisa bertahan hingga kurang lebih 9 jam. Berbeda halnya ketika kami menggunakan perangkat dengan cukup berat, termasuk menonton film dan mengambil video 4K. Anda mungkin hanya akan menghabiskan satu baterai penuh selama 6 jam.

Infinix Zero 3 REVIEW

Tags: