Ini Harga Charger iPhone dan MagSafe Charger iPhone 12

Harga Charger iPhone
(Sumber gambar: iBox dan Apple)

Harga charger iPhone kini menjadi informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli smartphone keluaran Apple tersebut. Pasalnya, sejak iPhone 12 dirilis, Apple berhenti menyertakan kepala charger atau pengisi daya untuk iPhone 12, iPhone SE 2021, hingga iPhone XR.

Adapun ketika membeli perangkat iPhone tersebut, pembeli hanya akan mendapatkan unit ponselnya dan satu buah kabel USB-C to Lightning. Jadi, selain kepala charger, earbud juga tak akan disertakan dalam paket penjualannya.

Lantas, apa alasan Apple tak menyertakan kepala charger dan earbud dalam paket penjualannya?

Baca juga: Ini Spesifikasi iPhone 12 Mini dan iPhone SE 2021, Pilih Mana?

Dihimpun resumecheap.com dari The Verge, pihak Apple menyebut, tak disertakannya kepala charger dan earbud karena alasan lingkungan. Maksudnya, dengan langkah itu, Apple mengklaim telah meminimalisasi aktivitas penambangan untuk bahan baku yang digunakan sebagai pembuatan aksesoris tersebut.

Selain masalah mengurangi bahan baku atau bahan mentah, langkah menghilangkan kepala charger juga membuat dus dari iPhone lebih kecil. Hal itu berarti dalam satu palet pengiriman akan memuat 70 persen lebih banyak unit ponselnya.

Lebih lanjut Apple memperkirakan, dengan lebih banyaknya unit yang dikirim dalam satu palet pengiriman akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahun. Itu setara dengan menghilangkan 450.000 mobil dari jalan raya setiap tahun.

(Sumber gambar: Apple)

Daftar harga charger iPhone

Bagi Anda yang ingin membeli iPhone, jangan lupa untuk juga membeli kepala charger-nya jika belum punya. Sebagai panduan, berikut adalah daftar harganya dihimpun dari iBox dan Apple.com:

  • USB-C Power Adapter 18W – Rp 499.000 (iBox)
  • USB-A Power Adapter 12W – Rp 399.000 (iBox)
  • USB-A Power Adapter 5W – Rp 399.000 (iBox)
  • USB-C Power Adapter 20W – 19 dolar AS (sekitar Rp 280.000)

Aksesoris di ekosistem MagSafe iPhone 12

Sementara itu, iPhone 12 kini memiliki fitur MagSafe. Berkat fitur tersebut, iPhone 12 itu dapat diisi dayanya menggunakan charger bermagnet yang ditempelkan di bagian punggungnya. Jadi, iPhone itu dapat diisi dayanya secara nirkabel atau wireless.

Bagi Anda yang berminat membeli MagSafe Charger, menurut situs Apple.com, harganya adalah 39 dollar AS atau sekitar Rp 570 ribuan.

Baca juga: Baterai Boros Setelah iPhone Update iOS 14? Ini Cara Atasinya

Baca Juga  ZTE Blade A711 (N939Sc) REVIEW

Selain MagSafe Charger, di punggung iPhone 12 juga dapat ditempelkan aksesoris lain, seperti leather wallet dan silicon case. Berikut adalah daftar harga beberapa aksesoris di eksosistem MagSafe:

  • iPhone Leather Wallet with MagSafe – 59 dolar AS (sekitar Rp 870.000)
  • iPhone 12/12 mini/12 Pro/12 Pro Max Clear Case with MagSafe
  • 49 dolar AS (sekitar Rp 720.000)
  • iPhone 12/12 mini/12 Pro/12 Pro Max Silicon Case with MagSafe – 49 dolar AS (sekitar Rp 720.000)
  • MagSafe Charger – 39 dolar AS (sekitar Rp 570.000)

Itulah daftar harga charger iPhone dan juga harga dari aksesoris lainnya yang berkaitan dengan eksosistem MagSafe 12 di iPhone 12. Perlu dicatat, perubahan harga dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Jangan lupa totalkan harga charger itu dengan perangkat yang akan dibeli. Semoga membantu Anda yang berencana membeli smartphone iPhone!

Ini Harga Charger iPhone dan MagSafe Charger iPhone 12