Ini Kelebihan Layar AMOLED Redmi Note 10 Series, Irit Daya?

kelebihan layar AMOLED Redmi Note 10
Redmi Note 10 Pro (Sumber gambar: GSMARena)

Apa kelebihan layar AMOLED Redmi Note 10 series? Smartphone atau ponsel Xiaomi penerus dari seri Redmi Note itu sudah resmi dirilis di Indonesia pada 30 Maret 2021. Satu spesifikasi yang ditonjolkan adalah pada bagian layarnya.

Melalui postingan lewat akun Instagram resminya @xiaomi.indonesia, pihak Xiaomi menyebut Redmi Note 10 series menjadi seri Redmi Note pertama yang menggunakan panel layar AMOLED. Bahkan, jargon “Jawaranya AMOLED” juga turut disertakan di setiap publikasi seri Redmi Note tersebut.

Menurut laman Dignited dan Android Authority, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) di sebuah ponsel. Apa saja? Simak rinciannya berikut ini:

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 10 Pro, Ada NFC, Kameranya 108MP

Kelebihan

  • Layar AMOLED disebut lebih hemat dalam mengonsumsi daya dibandingkan dengan layar berpanel LCD. Jadi, baterai yang ada di ponsel bisa memanfaatkan dayanya untuk menunjang aspek lain.
  • Ketika digunakan di luar ruangan, layar berpanel AMOLED lebih nyaman dilihat tanpa harus memaksimalkan kecerahannya. Hal ini lantaran pantulan sinar matahari di layar ini lebih rendah.
  • Layar AMOLED punya sudut pandang yang baik. Artinya, orang yang melihat ponsel berpanel ini dari samping dengan kemiringan tertentu pun masih bisa melihat layarnya secara jelas.
  • Layar AMOLED sangat cocok untuk HDR (high-dynamic-range imaging). Itu karena hitamnya lebih pekat dan rasio kontras yang sangat baik. Perlu diketahui, rasio kontras adalah jarak perbedaan antara tampilan yang paling terang dan gelap.
  • Warna di layar AMOLED lebih mencolok karena memiliki saturasi yang tinggi. Saturasi merupakan nilai yang diberikan pada setiap warna yang muncul pada gambar. Semakin tinggi saturasi, warna yang akan dihasilkan akan menjadi lebih “menyala”.
  • Layar AMOLED punya penyerapan guncangan yang lebih baik dan risiko kerusakan yang lebih kecil.

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 10, Layar AMOLED, Chipset Snapdragon 678

Kekurangan

  • Layar AMOLED memiliki teknik produksi yang lebih sulit dan mahal. Jadi, jika layar jenis ini mengalami kerusakan, maka Anda harus merogoh kocek yang lebih saat memperbaikinya daripada memperbaiki kerusakan layar panel LCD.
  • Jika Anda menggunakan layar AMOLED pada tingkat kecerahan maksimal dalam waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan akan terjadi burn-ini. Ini menyebabkan layar meninggalkan jejak gambar statis.
  • Masa pakai layar AMOLED lebih pendek dan tergedrasi lebih cepat lantaran bahan organik yang ada di dalamnya.
  • Bahan organik di panel AMOLED membuatnya rentan terhadap kerusakan air dibandingkan dengan kristal anorganik LCD
Baca Juga  Redmi Note 9 Disokong MediaTek Helio G85

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan layar AMOLED Redmi Note 10 dan juga beberapa kekurangannya. Jadi tertarik membeli Redmi Note 10 series karena panel layarnya sudah AMOLED?

Link pembelian Redmi Note 10: Tokopedia | Shopee

Link pembelian Redmi Note 10 Pro: Tokopedia

Ini Kelebihan Layar AMOLED Redmi Note 10 Series, Irit Daya?